AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 20 November 2018 - 19:01:25
Random News
Banyak orang mengeluh, kenapa kalau malam mata susah terpejam atau susah tidur alias Insomnia. Menur ... Read More »
Published: Mon, 02 May 2016 - 01:12:03
Category: Gaya Hidup
By: AnekaNews.net
Hits: 1/51638
Comments: 0/0
Buat Para Orang Tua: Waspadalah, Smartphone Bisa Mengurangi Kemampuan Sosialisasi Pada Anak

Buat Para Orang Tua: Waspadalah, Smartphone Bisa Mengurangi Kemampuan Sosialisasi Pada Anak - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Jaman yang semakin maju dan canggih, buat anda para orang tua, diwajibkan ekstra waspada dalam mendidik anak. Apakah anda sudah membiarkan buah hati memiliki iPod, smartphone atau gadget lain meskipun belum genap berumur 10 tahun? Anda harus segera menghentikan kebiasaan anda yang satu itu. Selain karena alasan kesehatan, mengenalkan anak atau bahkan membelikan gadget pada anak di bawah umur tidak lantas membuat Anda menjadi orang tua up to date dan modern. Sama sekali tidak.

Sekarang ini, banyak sekali orang tua yang sudah membiarkan anaknya memegang gadget yang mereka bawa, mulai dari handphone biasa sampai gadget mewah lainnya. Bahkan tidak sedikit dari orang tua yang sudah membiarkan balitanya bermain dengan gadget yang mereka miliki.

Saat ini sudah menjadi pemandangan yang tidak asing lagi, anak-anak yang masih belum genap berusia 10 tahun sudah cukup banyak yang membawa smartphone mereka sendiri. Bahkan, seorang anak yang belum fasih membaca telah lihai memainkan jarinya pada layar touchscreen smartphone.

Sebenarnya fenomena ini sulit untuk dihindari, tetapi sebaiknya sebagai orangtua Anda mengontrol pemakaian smartphone pada anak. Jangan berikan smartphone pribadi saat seorang anak belum benar-benar membutuhkannya untuk berkomunikasi. Pasalnya, menurut penelitian yang dilakukan di California baru-baru ini, penggunaan smartphone pada anak dapat mengurangi kemampuan mereka dalam bersosialisasi.

"Bahkan, seorang anak yang belum fasih membaca telah lihai memainkan jarinya pada layar touchscreen smartphone."
Seorang anak yang menghabiskan banyak waktunya dengan gadget dan teknologi akan kesulitan untuk membaca emosi orang yang ada di hadapannya. Hal ini tentu menandakan kurangnya kepekaan sosial mereka.

Penelitian yang dilakukan pada anak kelas 6 sekolah dasar di California ini, membagi subjek menjadi dua kelompok, salah satu kelompok diikutkan dalam kegiatan kemah yang menjauhkan mereka dari gadget dan teknologi selama 5 hari, sedangkan kelompok yang lain tidak mengikuti kegiatan tersebut. Kelompok yang menghabiskan waktu untuk kemah di alam tersebut menunjukkan kemampuan lebih baik dalam membaca emosi orang lain.

Nah, meskipun aneka gadget modern dan canggih beredar luas di sekitar Anda tetap ajarkan si kecil untuk bersosialisasi langsung dengan orang lain. Etika, sopan santun, empati dan kemampuan sosial lainnya tidak bisa mereka dapatkan dari gadget yang mereka miliki. Kontrol penggunaan gadget pada si kecil agar tidak berlebihan dan merusak kemampuan bersosial mereka. Ingat, jika mereka sudah dikenalkan untuk sibuk dengan gadgetnya di usia terlalu dini, mereka juga akan jauh dari anda lho.


Semoga bermanfaat.
----------
#dampak-negatif-smartphone
#dampak-negatif-hp-bagi-anak
#dampak-negatif-penggunaan-smartphone-bagi-pelajar
#dampak-negatif-menggunakan-handphone
#dampak-positif-smartphone
Title Tags Search:
See Also:
Tips Cara Mengatasi Ketiak Hitam - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Para wanita, biasanya merasa risih dan terganggu penampilannya saat memakai baju singlet atau youcansee maupun ketika menggunakan baju tanpa lengan. Beberapa faktor seperti penggunaan deodoran bisa me ... Read More »
Mengapa Banyak Wanita Tidak Bisa Menikmati Hubungan Seks? - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah anda, masalah dalam bercinta bukan hanya kesulitan orgasme ataupun kebosanan dalam satu posisi seks. Sebab masalah emosional sering berhubungan dengan kenikmatan bercinta.

Seksolog asal Ame ... Read More »
Dari Sinilah Awal Mula Perselingkuhan Dalam Rumah Tangga - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ini adalah sedikit kisah perselingkuhan dalam rumah tangga. Alkisah, Seorang suami — sebut saja namanya Alex – menceritakan proses jatuhnya ia ke dalam Perselingkuhan.

“Awalnya dari kering da ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 98933
Bookmark and Share