AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Wed, 17 October 2018 - 21:17:54
Random News
Pas lagi nonton acara The Comment di TV Net eh band latar pendukung acara itu nyanyiin lagu ini. Lag ... Read More »
Published: Wed, 01 Mar 2017 - 14:44:42
Category: Gaya Hidup
By: AnekaNews.net
Hits: 2/851
Comments: 0/0
Tips Cara Mendidik Anak Agar Lebih Bertanggung Jawab

Tips Cara Mendidik Anak Agar Lebih Bertanggung Jawab - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Mendidik, melatih dan mengajarkan tanggung jawab kepada anak bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebagai orang tua, Anda perlu tegas tapi tak boleh terlalu menggurui apalagi menekan. Tapi, orang tua mana sih yang tidak mau nanti anaknya tumbuh jadi anak yang lebih bertanggung jawab?

Nah, ini ada tips, supaya anak nantinya bisa lebih bertanggung jawab, seperti yang kami kutip dari laman livingwellspendingless.com berikut ini :

1. Pertahankan Konsistensi

Anda bisa mulai memberikan tanggung jawab kepada anak Anda untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Misalnya saja memberikan tugas anak untuk mengepel lantai setiap dua hari sekali. Pastikan tugas-tugas tersebut dilakukan dengan konsisten dan terus berulang. Mungkin awalnya anak akan merasa berat dan terbebani untuk melakukan tugas-tugas yang diberikan. Tapi seiring waktu dengan konsistensi yang dijaga dengan baik, anak-anak akan belajar arti dari tanggung jawab sebenarnya: melakukan tugas dengan baik tanpa banyak mengeluh.

2. Kenali Karakter Anak Saat Mengerjakan Tugas

Anak-anak umumnya akan mengeluh ketika diberi pekerjaan di rumah. Dan Anda tak perlu marah-marah ketika anak terlihat tak suka dengan tugas yang diberikan. Cobalah untuk memberikan tugas yang sepertinya akan sangat disukai oleh anak Anda, misalnya tugas membersihkan kaca jendela. Setiap anak memiliki kecenderungan sendiri saat menyelesaikan pekerjaan. Anda hanya perlu lebih peka melihat karakter anak Anda.

3. Cari Hal yang Paling Memotivasi Anak-Anak

Anak-anak akan langsung bersemangat melakukan sesuatu jika ia memiliki motivasi. Sebagai contoh, ia akan semangat mengerjakan pekerjaan rumah jika Anda berjanji akan memberikan es krim sebagai 'upah' atas kerja kerasnya. Tapi Anda tak harus selalu memberikan upah atau imbalan dalam bentuk materi kepada anak Anda setiap kali ia selesai mengerjakan tugasnya. Berikan pengertian kenapa anak Anda perlu melakukan sesuatu dan jelaskan bahwa hal yang dikerjakan anak Anda itu akan bermanfaat untuk banyak orang.

Mendidik anak untuk bertanggung jawab sejak dini sangat penting. Nantinya, ketika ia tumbuh dewasa, ia bisa menjalani hidupnya dengan lebih terarah. Hal-hal atau tugas-tugas sederhana yang dilakukan anak ketika masih kecil akan memberikan makna dan pengertian dalam ketika ia tumbuh dewasa kelak. Dan yang paling penting adalah teladan dari orang tua agar anaknya bisa meniru dan mencontoh langsung untuk sikap bertanggung jawab.



Semoga bermanfaat.
----------
#cara-menumbuhkan-rasa-tanggungjawab-pada-anak
#cara-mendidik-anak-agar-mandiri-dan-tidak-cengeng
#cara-menumbuhkan-rasa-tanggung-jawab-pada-diri-sendiri
#cara-melatih-tanggung-jawab
#melatih-anak-mandiri-dan-percaya-diri
Title Tags Search:
See Also:
Inilah Alasannya Kenapa Kita Dilarang Pacaran - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kenapa kita di larang pacaran dan kenapa pacaran itu berbahaya? Bagi pasangan lelaki dan perempuan yang sedang pacaran atau bertunangan, inilah alasan dan sebab mengapa anda tak perlu bersentuhan deng ... Read More »
Kata-kata Yang Tidak Boleh Diucapkan Ketika Bertengkar Dengan Pasangan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Pertengkaran dalam sebuah hubungan sudah menjadi hal yang wajar. Terutam dalam kehidupan berumah tangga. Tak heran, banyak pasangan mengatakan hubungan tanpa pertengkaran seperti sayur tanpa garam. Hu ... Read More »
Tahukah Anda, Ternyata Panggilan SAYANG Kepada Wanita Bisa Meningkatkan Hormon Bahagia - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Apakah anda seorang lelaki dan anda sering memanggil "SAYANG" kepada wanita pasangan anda? Jika iya, Selamat... Karena, panggilan “Sayang”, menurut peneliti, memiliki efek positif signifikan di ot ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 34012
Bookmark and Share