AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Wed, 12 December 2018 - 05:51:20
Random News
Seorang suami menyesal setelah mencerai istrinya, dan sang istripun pulang kerumah ortunya. Beniat u ... Read More »
Published: Mon, 20 Jul 2015 - 22:19:07
Category: Gaya Hidup
By: Dyta
Hits: 1/8042
Comments: 0/0
Waspada 8 Barang Ini Bisa Bikin Isi Dompet Anda Ludes

Waspada 8 Barang Ini Bisa Bikin Isi Dompet Anda Ludes - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tahukah anda pengeluaran biasanya selalu dikaitkan dengan gaya hidup, kebiasaan, dan hobi. Sering, kita selalu membela belanja besar-besaran yang kita lakukan, tapi kita akan mengkritik orang lain saat mereka melakukan hal yang sama dengan kita.

Sebenarnya, Anda tak perlu berhenti membeli apa yang membuat Anda bahagia. Namun yang perlu diingat adalah Anda butuh mengevaluasi keputusan dan pendekatan yang Anda gunakan saat membeli barang.

Singkat kata, bagaimana mendapatkan barang yang diinginkan, tetapi di saat yang sama menjaga keseimbangan keuangan Anda.

Tidak jarang, uang kita habis hanya memilih barang-barang yang tidak masuk dalam perhitungan keuangan kita, padahal terkadang kita justru selalu membeli barang itu. Berikut ini barang-barang remeh yang bisa membuat hidup Anda tekor, seperti dikutip dari lifehack, Selasa, 16 Juni 2015:

1. Air Mineral Botolan
Air segar memang diperlukan, tetapi tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli sebotol air mineral. Lebih bagus adalah minum dari air kran. Meski diklaim mengandung bakteri, setidaknya masih bisa diminum jika kita memasang penyaring air. Ini adalah investasi yang besar yang bisa menghemat banyak uang.

Satu liter air mineral harganya kira-kira Rp 2000. Anggap saja keperluan air tubuh setiap harinya sekitar 2,5 atau 3 liter. Dengan beralih ke air kran, Anda telah menghemat Rp 6000 per hari jika harga setiap liternya 2000 rupiah atau Rp 180 ribu setiap bulan.

2. Tinta Printer
Terlepas apakah Anda sering atau tidak menggunakan printer, membeli cartridge baru setiap kali yang lama habis, adalah pemborosan. Cartridge dirancang untuk diisi ulang, dan Anda dapat menyuruh orang lain mengisinya atau Anda bisa melakukannya sendiri jika mau. Apa pun caranya, keduanya akan mengembalikan fungsi printer dengan biaya setengah dari jika membeli cartridge baru.

3. Langganan TV Kabel dan Majalah
Hampir segala sesuatu yang ingin Anda baca di majalah tersedia online secara gratis. Terkait langganan TV kabel atau TV satelit, Anda bisa streaming banyak sekali acara atau film berdurasi penuh di Hulu.com, gratis (ini jika Anda tinggal di Amerika Serikat). Netflix menawarkan banyak tayangan berkualitas dengan biaya hanya US$ 9 per bulan, yang masih lebih murah daripada langganan TV kabel.

4. Buku
Ini mungkin terdengar keterlaluan, bagaimana bisa membeli buku dianggap sebagai pemborosan. Yah, bisa saja. Membeli buku online, dan membacanya dengan aplikasi e-reader adalah alternatif yang lebih murah. Meminjam buku adalah pilihan lain yang lebih ramah anggaran, dan menjadi anggota di perpustakaan mungkin adalah salah satu yang terbaik.

Masalahnya, kita sering membeli buku-buku mahal hanya untuk dipamerkan di lemari ruang tamu agar dilihat orang sebagai makhluk cerdas yang beradab. Sulit untuk mengatakan dengan tepat berapa banyak yang Anda hemat dengan membeli buku digital. Anda mungkin akan menghemat sekitar 40 sampai 50% untuk setiap buku fisik yang Anda beli.

5. Barang Bermerek Mahal
Sejujurnya, begitu Anda tergoda membeli barang-barang bermerek yang mahal, Anda merasa dompet makin lama makin menipis. Tidak ada yang salah dengan gaya hidup untuk meniru tren fashion terbaru. Tetapi membayar mahal hanya karena ingin terlihat memakai merek mahal adalah kegilaan.

Barang bermerek akan menguras keuangan Anda dengan cepat, jika demikian segera beralih ke alternatif yang lebih murah. Jika budget terbatas, cobalah untuk kreatif.

6. Video Game
Sama seperti buku, video game bisa membuat kantong menipis dengan cepat. Terlebih jika kita beli dvd video game terbaru hanya untuk dipamerkan ke teman-teman. Sah-sah saja menganggap diri Anda seorang gamer sejati, namun menghabiskan banyak uang hanya untuk pamer adalah hal yang tidak masuk akal.

Jika Anda bisa bermain selama dua atau tiga bulan, usahakan agar bisa berhenti. Namun, jika Anda sudah tidak bisa mengontrol keinginan untuk bermain game, maka kemungkinan Anda sudah kecanduan dan ini membahayakan finansial Anda.

7. Tiket Lotre
Jumlah orang yang bermain lotere ternyata sangat tinggi. Seperti yang ditulis John Oliver dalam bukunya Last Week Tonight: "Rencana untuk memenangkan loetre sama dengan rencana bagaimana bisa kencan dengan Beyonce. Lotere hanya akan membantu orang kaya menjadi lebih kaya. Terlepas dari kenyataan bahwa harga selembar lotre hanya sekitar US$ 3, jumlah uang yang dihabiskan orang untuk ikut bermain ternyata sangat besar, karena mereka biasanya membeli lebih dari satu tiket."

Lebih baik, uang yang dipakai membeli lotre ditabung atau diinvestasikan.

8. Membeli Barang Baru
Membeli barang baru, entah ponsel, mobil, televisi dan lain sebagainya adalah bentuk pengeluaran yang tidak perlu, terlebih jika yang lama masih bisa berfungsi. Fitur-fitur baru mungkin akan menggoda Anda untuk memiliki barang baru, tapi jika menurutinya terus-menerus akan membuat Anda tekor.

Anda sudah bekerja keras untuk mendapatkan uang tapi malah tertipu oleh iklan. Jika Anda kolektor atau penghobi, tidak perlu membeli barang-barang ini begitu ada di toko. Sayangilah uang anda dan sayangi pula keringat dan jerih payah anda jangan sampai ditukar dengan benda-benda atau kesenangan yang sementara.

Semoga bermanfaat. :)
Title Tags Search:
See Also:
Tahukah Anda, Ternyata Panggilan SAYANG Kepada Wanita Bisa Meningkatkan Hormon Bahagia - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Apakah anda seorang lelaki dan anda sering memanggil "SAYANG" kepada wanita pasangan anda? Jika iya, Selamat... Karena, panggilan “Sayang”, menurut peneliti, memiliki efek positif signifikan di ot ... Read More »
Buat Para Orang Tua: Waspadalah, Smartphone Bisa Mengurangi Kemampuan Sosialisasi Pada Anak - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Jaman yang semakin maju dan canggih, buat anda para orang tua, diwajibkan ekstra waspada dalam mendidik anak. Apakah anda sudah membiarkan buah hati memiliki iPod, smartphone atau gadget lain meskipun ... Read More »
Kenapa Kamu Punya Akun Dobel Di Sosmed - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Benarkah setiap orang mempunyai kecenderungan memiliki lebih dari satu akun di sosmed, kalau benar kira-kira apa sih sebab dan alasannya, kamu pengin tahu khan? :D Kalau begitu kita simak aja artikel ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share