AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Wed, 25 April 2018 - 04:05:08
Random News
Tahukah anda, ternyata ucapan Gong Xi Fa Cai saat Imlek tersebut adalah ungkapan yang salah dalam me ... Read More »
Published: Mon, 10 Aug 2015 - 18:37:51
Category: Islam
By: Dyta
Hits: 1/4265
Comments: 0/0
Amalan Doa Nabi Saat Hatimu Resah Dan Gelisah

Amalan Doa Nabi Saat Hatimu Resah Dan Gelisah - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tidak bisa dipungkiri sebagai manusia dalam kehidupannya, terkadang seorang hamba didera berbagai derita. Tak jarang hatinya dilanda beragam perasaan yang mengusik hati, menyiksa jiwa dan membuat hidupnya menjadi keruh dan sempit. Ada tiga jenis perasaan yang mengganggu jiwa seorang manusia; pertama huzn (kesedihan terhadap apa yang terjadi di masa lalu), kedua hamm (keresahan lantaran kekhawatiran akan masa depan) dan ketiga ghamm (perasaan gundah saat menghadapi kenyataan yang sulit yang tengah dihadapi sekarang).

Tiga perasaan ini tak bisa lenyap dari jiwa seseorang kecuali melalui ketulusan penuh untuk kembali kepada Allah, kesempurnaan perasaan hina di hadapan-Nya, kerendahan hati kepada-Nya, ketundukan dan kepasrahan terhadap perintah-Nya, percaya akan ketentuan-Nya, mengenal-Nya dan mengenal nama-nama dan sifat-sifat-Nya, percaya kepada kitab-Nya, selalu membaca dan merenungi serta mengamalkan segala kandungannya. Dengan itu semua bukan dengan yang lain – segala kekacauan hati itu akan sirna, dada menjadi lapang, dan kebahagiaan pun akan datang.

Namun jika ketiga perasaan itu datang menyapa hati maka sudah menjadi hal yang lumrah bahwa manusia selalu mengeluh dan meminta perlindungan kepada Allah Swt. Selain itu ketika sedang dalam kesusahan, hendaknya kita dapat bersyukur dan tidak hanya ingat Allah karena sedang dalam masalah saja, tapi senantiasa dapat mendekatkan diri padaNya dalam situasi apapun.

Dan salah satu cara yang paling baik dan dianjurkan oleh Nabi Swt adalah dengan berdoa, sebagaimana diriwayakan dari hadits riwayat Ahmad, yang memiliki keutamaan antara lain:
"Barang siapa yang ditimpa kegelisahan atau kesedihan lalu membaca doa tersebut, Allah Swt akan menghilangkan kesedihan dan kegelisahannya serta menggantikannya dengan kegembiraan"


Berikut ini do'anya:

اللَّهُمَّ إِنِّى عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِى بِيَدِكَ مَاضٍ فِىَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِىَّ قَضَاؤُكَ أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ
عَلَّمْتَهُ أَحَداً مِنْ خَلْقِكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِى كِتَابِكَ أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِى عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِى وَنُورَ صَدْرِى وَجَلاَءَ حُزْنِى
وَذَهَابَ هَمِّى

Alloohumma innii 'abduka wabnu abdika wabnu amatika naashiyatii biyadika,maadlin fiyya hukmuka, 'adlun fiyya qodloo'uka,as-aluka bikullisminn huwa laka sammaita bihi nafsaka au 'allamtahu ahadan min kholqika au anzaltahu fii kitaabika awista'tsarta bihi fii 'ilmil ghoibi 'indaka an taj'alal Qur'aana robii'a qolbii wanuuro shodrii wa jalaa-a huznii wa dzahaaba hammii

Artinya :
Ya Alloh...
sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak hamba laki-laki-Mu,
dan anak hamba perempuan-Mu.
Ubun-ubunku berada di tangan-Mu.
Hukum-Mu berlaku pada diriku. Ketetapan-Mu adil atas diriku.
Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama yang menjadi milik-Mu,
yang Engkau namakan diri-Mu dengannya,
atau Engkau turunkan dalam Kitab-Mu,
atau yang Engkau ajarkan kepada seorang dari makhluk-Mu,
atau yang Engkau rahasiakan dalam ilmu ghaib yang ada di sisi-Mu,
agar Engkau jadikan Al-Qur'an sebagai penyejuk hatiku,
cahaya bagi dadaku dan pelipur kesedihanku serta pelenyap bagi kegelisahanku.

Nah doa bisa jadi merupakan kekuatan seterusnya mendatangkan kemudahan kepada umat Islam untuk berhadapan dengan kesukaran seperti sabda Rasulullah SAW bermaksud: “Doa itu senjata orang mukmin.” Kita digalakkan meminta apa saja kepada Allah dengan bahasa yang mudah, namun perlu menunjukkan kesungguhan melalui usaha mencari ayat doa yang sesuai memenuhi kehendak hajat yang ingin disampaikan kepada-Nya. Sebenarnya kualiti doa itu dipengaruhi kaedah doa, kesungguhan serta keikhlasan orang yang mengucapkannya.

Ingatlah Allah Swt.. karena hanya denganNya, hatimu akan menjadi tenang.. Aamiin...

#DoaSaatGelisah #AgamaIslam


Sumber Referensi: Kumpulan Doa Dan Dzikir
Title Tags Search:
See Also:
WASPADA Bahaya Mengintai Jika di Rumah Anda Ada CICAK Salah Satu Alasannya Dipakai Sebagai Media Sihir - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Cicak? Iya cicak anda tentu tak asing dengan hewan kecil melata yang satu ini karena hampir setiap rumah pasti ada yang namanya cicak, bahkan cicak disebutkan dalam lagu anak-anak di Indonesia. Cicak ... Read More »
Cara Membahagiakan Suami Secara Islami - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Adanya cinta dan kasih sayang yang dibangun diatas semangat saling membahagiakan antara suami istri adalah salah satu kunci dari keluarga sakinah.

Berikut ini, kami sajikan 16 tips bagi istri supay ... Read More »
Tentang Penetapan Hari Raya Idul Adha Yang Berbeda - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Mengapa penetapan hari raya Idul Adha di Indonesia berbeda, antara beberapa ormas Islam dengan pemerintah? Mari kita simak keterangan di bawah ini.

Tulisan ini berdasar twit dari akun @elyardi78, yan ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share