AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Sahabat Rasulullah, SAW pernah bersabda menggambarkan situasi kehidupan akhir zaman, "Dan bila engk ... Read More »
Published: Thu, 25 Aug 2016 - 01:50:37
Category: Islam
By: AnekaNews.net
Hits: 989/1042
Comments: 0/0
Ini Manfaat Ibadah Haji Untuk Perekonomian Syariah

Ini Manfaat Ibadah Haji Untuk Perekonomian Syariah - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Ini Manfaat Ibadah Haji Untuk Perekonomian Syariah

Ibadah Haji ke Baitullah merupakan Rukun Islam yang kelima. Ibadah haji juga termasuk bangunan pokok masyarakat muslim selain Syahadat, Sholat, Puasa, dan Zakat. Karena posisinya yang penting dan strategis, maka ibadah Haji merupakan peristiwa besar dalam sejarah Islam, mulai dari Nabi Ibrahim As sampai sekarang.

Entah sudah berapa juta Muslimin yang pergi menunaikan Ibadah Haji ke Baitullah dari seluruh penjuru negeri. Dengan ber-Haji, maka diharapkan terjadi interaksi, saling mengenal dan memperkokoh kesatuan serta persatuan sesama muslim di seluruh dunia. Dengan menjalankan Ibadah Haji, pada hakikatnya bertujuan untuk mengagungkan Allah SWT.

Disamping itu, Ibadah Haji juga bertujuan untuk mendisiplinkan diri manusia dalam perekonomian dan kehidupan sosial. Dalam perekonomian, manusia diajarkan disiplin dalam mengalokasikan pendapatannya untuk belanja spiritual seperti melaksanakan ibadah Haji.

Dalam ibadah Haji sendiri, terdapat sisi-sisi ekonomi. Harta merupakan unsur pokok dalam kehidupan sebagaimana tercantum dalam Surat An-Nisa ayat 5, yaitu perihal pemanfaatan Harta. Apabila harta dimanfaatkan dengan baik, besar kemungkinan pelaksanaan ibadah Haji dapat terealisasi, caranya dengan menabung secara kontinyu. Tetapi ada pengecualian dalam pelaksanaan ibadah Haji, yaitu bagi yang mampu.

Dengan ibadah Haji, ternyata dapat melibatkan Pengusaha Kecil dan Menengah loh! Hal ini membrikan kesempatan kepada masyarakat, yaitu pengusaha UKM menyediakan perlengkapan Haji, misalnya Peci, Pakaian dan lainnya. Hal ini dilakukan dengan akad salam atau istisna'. Akad Istisna' dapat ditempuh dengan cara KEMENAG, melalui Bank Syariah, membli prlengkapan Haji dari masyarakat (UKM) dengan membayar terlebih dahulu. Kemudian barangnya diserahkan belakangan ke Bank Syariah sesuai dengan waktu yang disepakati.

Melakukan Sedekah saat melaksanakan ibadah Haji merupakan amalan khusus untuk meraih gelar 'Mabrur'. Adanya Asuransi Haji pun mempunyai tujuan untuk menolong sesama jamaah haji yang terkena musibah.

Setelah melaksankan Haji, tentunya semua jamaah ingin berubah ke arah yang lebih baik dan menjadi panutan masyarakat (Imam Hasan Al-Bashri RA).

Adapun Hikmah dari ibadah Haji yang mabrur adalah sebagai berikut :

1. Disiplin Membayar Zakat. Karena ciri-ciri orang yang beriman adalah disiplin membayar zakat (Q.S Al-Baqoroh 277).
2. Kesediaan memberikan harta kepada yang membutuhkan.
3. Memperbanyak Investasi Akhirat dengan memberbanyak Wakaf.

Melalui cara inilah, maka usaha kecil menengah akan terangkat secara ekonomi. Dan bahkan urusan ummat pun akan terbantu. Begitulah pemaparan tentang manfaat haji untuk perekonomian dari masyarakat ekonomi syariah


Sumber Referensi : Twitter @bahagiaberbagi

Semoga bermanfaat.
----------
#etika-bernegara-yang-baik-menurut-islam
#tujuan-ibadah-haji-dan-umroh
#manfaat-haji-dan-umrah
#manfaat-haji-bagi-kesehatan
#tujuan-ibadah-haji
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 30789
Bookmark and Share