AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 20 November 2018 - 18:59:40
Random News
Ada yang belum faham apa persamaan dan perbedaan Bluetooth dan WiFi? Jika belum (seperti saya :D ) ... Read More »
Published: Tue, 09 Jun 2015 - 08:12:58
Category: Islam
By: AnekaNews.net
Hits: 2/7232
Comments: 0/0
Terkabulnya Doa Orang Yang Teraniaya

Terkabulnya Doa Orang Yang Teraniaya - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Seringkali kita dengan sadar ataupun tidak sadar senang menganiaya, menghina, memojokkan dan men-dzalim-i atau mem-bully orang lain, apalagi kalau yang di sampaikan orang lain itu tidak sesuai dengan pikiran kita.

Memang sih, kadang kita merasa sangat kesal, sudah yang di sampaikan salah, tidak mau di luruskan, malah membenarkan diri sendiri dan bahkan malah menyalahkan kita lagi yang sudah menjelaskan yang jadi permasalahan itu dengan benar, sesuai dengan fakta ataupun hukum.

Tapi kalau yang di sampaikan itu benar, dan kitanya yang masih suka menganiaya, menghina, memojokkan dan men-dzalim-i ataupun mem-bully, karena tidak sesuai dengan pikiran kita, padahal kitanya yang salah. Ya berarti kitanya yang harus sadar dan intropeksi diri.

Apapun alasannya men-dzalim-i orang dengan kata-kata kasar dan bisa melukai perasaan orang lain. Hal itu tidak dibenarkan dalam agama. Luruskan dengan kata-kata yang bagus, supaya dia bisa menyadari kesalahannya itu tanpa tersakiti perasaannya.

Seperti Sabda Rasulullah SAW berikut ini:
Dari Mu'adz bin Jabal Radhiyallahu'anhu, Rasulullah SAW bersabda: "Hati-hatilah dengan doa orang yang teraniaya, sebab tidak ada hijab antaranya dengan Allah ( untuk mengabulkan )." ( HR Bukhari dan Muslim ).

Tidak terpikirkah oleh kita bahwa mereka yang dianiaya, dihina dan di pojokkan atau dibully, itu akan mendoakan sesuatu yang bisa merugikan kita kelak. Jadi, berhentilah menganiaya, menghina dan memojokkan atau mem-bully orang lain, apalagi dengan kata-kata kasar, yang bisa menyakiti hati dan perasaannya.

Allah Ta'ala berfirman:
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan), dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita lain, (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olokkan), dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri, dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk, sesudah iman, dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." ( QS.Al-Hujurat:11 ).

Karena hal-hal yang bersifat menghina, memojokkan, men-dzalim-i atau mem-bully itu adalah Haram.
Rasulullah SAW bersabda:
"Wahai hamba-Ku! Sesungguhnya Aku mengharamkan kezhaliman atas diri-Ku dan Aku menjadikannya haram di antara kalian. Maka, janganlah kalian saling menzhalimi." [ HR Muslim (no. 2577), Ahmad (V/154, 160, 177), At-Tirmidzi (no. 2495), Ibnu Majah (no. 4257), Al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad (no. 490/Shahih al-Adabul Mufrad (no. 377))].

Sumber Referensi dari twit akun @IslamDiaries , kami edit dan tambahi penjelasan seperlunya. Terimakasih.

#DoaYangMujarab #DoaYangCepatTerkabul

Bagikan! Semoga bermanfaat.
Title Tags Search:
See Also:
Para Orang Tua Wajib Baca Ini, Jika Anak Perempuan Anda Cantik - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Memiliki anak perempuan cantik banyak senangnya juga banyak tantangannya. Ini penting untuk para orang tua baca dan simak. Jika kita dianugerahi anak, keponakan, atau saudara perempuan yang masih anak ... Read More »
Dialog Dr Zakir Naik Dengan Sri Sri Ravi Shankar Tentang Konsep Tuhan Dalam Hindu Dan Islam - Bagian 1 - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ini tentang dialog Dr Zakir Naik Dengan Sri Sri Ravi Shankar Dalam Topik "Konsep Tuhan Dalam Hindu Dan Islam" - Bagian 1. Bertempat di Bangalore di depan kerumunan 50000 hadirin lebih, di Grounds Pala ... Read More »
Inilah Waktu dan Tempat Doa Mustajab dan Istijabah Maqbul - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba memposting mengenai waktu yang mustajab dan tempat yang istijab (maqbul) bagi terkabulnya doa dan permohonan kita kepada Alloh SWT, sebagai berikut;

Wakt ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share