AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sat, 20 April 2019 - 15:39:45
Random News
Tahukah anda, ternyata warna pada buah dan sayuran memiliki arti tersendiri bagi kesehatan. Jika ing ... Read More »
Published: Thu, 03 Sep 2015 - 07:06:38
Category: Islam
By: Dyta
Hits: 1/2987
Comments: 0/0
Beberapa Fakta Mengejutkan Yang Terjadi Setelah Anda Berwudhu

Beberapa Fakta Mengejutkan Yang Terjadi Setelah Anda Berwudhu - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Bagi umat Islam wudhu adalah suatu kegiatan yang sudah rutin, karena paling tidak minimal 5 kali dalam sehari kita melaksananya Dan ternyata ada sesuatu yang menakjubkan terhadap wudlu.

Bahwa pusat-pusat syaraf yang paling peka dari tubuh manusia ternyata berada di sebelah dahi, tangan, dan kaki. Pusat-pusat syaraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar.

Dari sini hikmah dibalik wudlu yang membasuh pusat-pusat syaraf tersebut. Bahkan saya merekomendasikan agar wudlu bukan hanya milik dan kebiasaan umat Islam, tetapi untuk umat manusia secara keseluruhan.
Dengan senantiasa membasuh air segar pada pusat-pusat syaraf tersebut, maka berarti orang akan memelihara kesehatan dan keselarasan pusat sarafnya.

Ulama Fikih juga menjelaskan hikmah wudlu sebagai bagian dari upaya untuk memelihara kebersihan fisik dan rohani. Daerah yang dibasuh dalam air wudlu, seperti tangan, daerah muka termasuk mulut, dan kaki memang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda asing termasuk kotoran. Karena itu, wajar kalau daerah itu yang harus dibasuh.

Ulama linnya menjelaskan hikmah wudlu dengan menjelaskan bahwa daerah-daerah yang dibasuh air wudlu memang daerah yang paling sering berdosa. Kita tidak tahu apa yang pernah diraba, dipegang, dan dilakukan tangan kita. Banyak pancaindera tersimpul di bagian muka.

Berapa orang yang jadi korban setiap hari dari mulut kita, berapa kali berbohong, memaki, dan membicarakan aib orang lain. Apa saja yang dimakan dan diminum. Apa saja yang baru diintip mata ini, apa yang didengar oleh kuping ini, dan apa saja yang baru dicium hidung ini? Ke mana saja kaki ini gentayangan setiap hari?

Tegasnya, anggota badan yang dibasuh dalam wudhu ialah daerah yang paling riskan untuk melakukan dosa.

Organ tubuh yang menjadi anggota wudlu disebutkan dalam QS al-Maidah [5]:6, adalah wajah, tangan sampai siku, dan kaki sampai mata kaki. Dalam hadis riwayat Muslim juga dijelaskan bahwa, air wudlu mampu mengalirkan dosa-dosa yang pernah dilakukan oleh mata, penciuman, pendengaran, tangan, dan kakinya, sehingga yang bersangkutan bersih dari dosa.

Kalangan ulama melarang mengeringkan air wudlu dengan kain karena dalam redaksi hadis itu dikatakan bahwa proses pembersihan itu sampai tetesan terakhir dari air wudlu itu (ma’a akhir qathr al-ma’).

Wudlu dalam Islam masuk di dalam Bab al-Thaharah (penyucian rohani), seperti halnya tayammum, syarth, dan mandi junub. Tidak disebutkan Bab al-Nadhafah (pembersihan secara fisik). Rasulullah SAW selalu berusaha mempertahankan keabsahan wudlunya.

Yang paling penting dari wudlu ialah kekuatan simboliknya, yakni memberikan rasa percaya diri sebagai orang yang ‘bersih’ dan sewaktu-waktu dapat menjalankan ketaatannya kepada Allah, seperti mendirikan shalat, menyentuh atau membaca mushaf Alquran. Wudlu sendiri akan memproteksi diri untuk menghindari apa yang secara spiritual merusak citra wudlu. Dosa dan kemaksiatan berkontradiksi dengan wudlu.

Demikian sekilas tentang fakta luar biasa yang terjadi karena kita melaknakan wudhu, jika dirasa bermanfaat. Silahkan share hak cipta hanya milik Allah semata. Mohon maaf kalau ada yang keliru dalam penyampaiannya. Terimakasih


#Berwudhu #ManfaatWudhu
Title Tags Search:
See Also:
Matahari Lama Tenggelamnya Muslim Di Rusia Jalani Ibadah Puasa Selama 22 Jam - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Umat muslim di Indonesia masih jauh lebih beruntung jika dibandingkan dengan umat muslim di Rusia Utara yang harus menunggu waktu untuk berbuka puasa hingga 22 jam lamanya, tentu saja itu bukan hal ... Read More »
Malam Nisfu Syaban Malam Dibukanya Pintu Rahmat - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Assalamualikum Sobat, Tanpa kita sadari saat ini kita tengah berada tepat pada malam Nisfu Syaban. atau tepatnya Tanggal 15 Syaban 1435 H dan tanggal 2 Juni 2015 M . Malam yang bagi umat muslim mem ... Read More »
Tentang Puasa Dan Keutamaan Bulan Rajab - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahun ini, bulan Rajab telah ditetapkan jatuh pada hari sabtu 9 April 2016. Bulan Rajab adalah bulan ke tujuh dari bulan hijriah (penanggalan Arab dan Islam). Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share