AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 18 October 2018 - 12:22:28
Random News
USA atau Amerika Serikat (AS), telah menjadi satu-satunya negara yang dominan di muka bumi ini, sete ... Read More »
Published: Mon, 20 Jul 2015 - 08:03:58
Category: Kesehatan
By: Dyta
Hits: 1/5719
Comments: 0/0
6 Manfaat Madu Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

6 Manfaat Madu Yang Mungkin Belum Anda Ketahui - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Kalau ada obat manjur tapi rasanya manis ya itu dia madu, cairan yang dihasilkan oleh lebah. Rasa manis dari madu berbeda dengan gula, untuk itulah madu sering dikombinasikan dengan beberapa makanan dan minuman. Berikut adalah beberapa manfaat madu bagi kesehatan, seperti yang dilansir ishafoundation.org.

Ini dia manfaatnya:

1.Membantu Mengatasi Anemia
Madu mempengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda tergantung pada bagaimana Anda mengonsumsinya. Jika madu dicampur dalam air hangat dan diminum, memiliki dampak yang menguntungkan pada sel darah merah dalam darah. Sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen dalam darah ke berbagai bagian tubuh.

Campuran air madu hangat meningkatkan kadar hemoglobin darah, yang dapat membantu memulihkan anemia. Anemia adalah suatu kondisi yang terjadi ketika asupan makanan atau penyerapan zat besi tidak cukup, dan kapasitas membawa oksigen dari darah terganggu. Madu dapat mengurangi masalah ini dengan membantu mengoptimalkan tugas sel darah merah.

2. Sebagai Pengganti Gula
Ada banyak penelitian yang menunjukkan efek negatif dari gula pada tubuh. Madu adalah pengganti yang besar yaitu sebagai manis tapi juga aman dikonsumsi. Meskipun madu juga termasuk gula sederhana, tetapi madu sangat berbeda dari gula putih yang mengandung sekitar 30% gula dan 40% fruktosa - dua monosakarida atau gula sederhana - dengan 20% gula kompleks lainnya. Madu juga termasuk dekstrin, serat tepung. Kombinasi ini membantu tubuh mengatur kadar gula darah.

3.Dapat Berfungsi Sebagai Antibakteri Dan Antiseptik
Beberapa studi kesehatan menunjukkan bahwa dapat membantu dalam pengobatan luka. Satu studi menggunakan madu yang telah mengalami proses pemurnian khusus, madu tersebut mampu menghancurkan semua strain bakteri pada luka. Dalam pengobatan tradisional, salah satu manfaat kesehatan dari madu adalah mengurangi infeksi pernapasan. Mengonsumsi madu dapat mengurangi lendir akibat asma.

4. Sebagai Sumber Energi
Salah satu kegunaan penting dari madu dalam pengobatan tradisional adalah sebagai penambah energi instan. Seperti disebutkan di atas, madu mengandung berbagai macam molekul gula, terutama glukosa dan fruktosa. Namun, tidak seperti gula putih di mana fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan sukrosa dan memerlukan langkah tambahan dalam proses pencernaan, dalam madu, dua gula ini terpisah. Dengan demikian, glukosa bertindak sebagai sumber energi instan.

5. Mengatasi Masalah Pencernakan
Madu membantu mengurangi sembelit, kembung dan gas, madu juga berfungsi menjadi pencahar ringan. Madu juga kaya akan probiotik atau "ramah" bakteri seperti bakteri bifido dan laktobasilus, yang membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi alergi. Menggunakan madu sebagai pengganti gula dapat mengurangi efek racun dalam usus mikotoksin yang dihasilkan oleh jamur

6. Mengobati Infeksi Kulit Dan Kulit Kepala
Ada banyak manfaat kesehatan dari madu pada kulit dan kulit kepala. Dalam sebuah penelitian berskala kecil dengan 30 pasien yang melihat efek dari madu pada mengobati dermatitis seboroik dan ketombe, pasien diminta memakai madu mentah setiap hari mengoleskan dengan lembut dan menggosok area masalah mereka selama 2-3 menit. Semua pasien menunjukkan perbaikan yang signifikan dengan pengobatan ini.

Nah itu tadi beberapa manfaat dari madu yang kalau dilihat secara detail sangat memungkinkan sebagai pengganti gula. Karena lebih sehat dan lebih banyak manfaatnya jika dibandingkan dengan gula. Demikan Semoga bermanfaat.


#ManfaatMadu
Title Tags Search:
See Also:
Tips Cara Alami Mengobati Penyakit Gondok (Parotitis) - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Penyakit gondok (Parotitis) adalah penyakit karena pembesaran dari kelenjar gondok atau kelenjar thyroid. Letaknya berada di leher depan bagian bawah. Penyakit gondok ini disebabkan oleh kekurangan ko ... Read More »
Ketahui Penyebab Dan Gejala Penyakit Rematik - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Penyakit Rematik atau yang biasa dikenal penyakit Encok, memang sering dijumpai di masyarakat kita. Penyakit ini menimbulkan gangguan pada persendian dan jaringan lunak sekitar sendi seperti urat sara ... Read More »
Jus Nanas Dan Manfaatnya Yang Membuat Anda Ternganga - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Apakah Anda sering merasa sakit atau pegal-pegal di leher bagian belakang? Jika jawabannya iya, tak salah lagi pasti itu ada hubungannya dengan koresterol. Kadar koresterol yang tinggi memang sangat r ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share