AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Fri, 19 January 2018 - 06:36:25
Random News
Mungkin anda adalah bagian dari orang orang yang telah dan sangat memahami akan arti pentingnya sebu ... Read More »
Published: Thu, 25 Feb 2016 - 12:53:51
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 2/1306
Comments: 0/0
Amankah Menggunakan Bedak Untuk Bayi?

Amankah Menggunakan Bedak Untuk Bayi? - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Sudah jadi kebiasaan para ibu, sehabis mandi bayi selalu di bedaki dengan bedak bayi (Talcum Powder). Talcum powder atau biasa dikenal dengan istilah talek atau bedak bayi terbuat dari partikel-partikel kecil dari suatu mineral alami yang ringan yang disebut talc. Mineral ini aman digunakan pada kulit bayi selama penggunaannya hati-hati dan dan dalam jumlah sedikit. Pasalnya, partikel talcum powder bisa berbahaya bila terhirup si kecil dalam jumlah banyak.

Talcum powder juga mengandung campuran zat-zat seperti zinc stearate, magnesium silicates, dan sebagainya yang berukuran sangat halus.

Sekalipun halus, partikelnya bisa menyumbat kantong udara di dalam paru-paru yang lembut dan menimbulkan berbagai gangguan, seperti batuk dan pilek yang sulit diobati, inflamatori paru-paru dan penyakit sejenis pneumonia. Gangguan tersebut tidak hanya bisa terjadi pada anak-anak yang memiliki riwayat penyakit paru-paru atau gangguan pernafasan, melainkan bisa terjadi pada semua bayi dan balita.

Waspadalah Bahaya Bedak Bayi

Ada beberapa kasus dimana bayi atau balita mengalami gangguan pernafasan bahkan kematian setelah menghirup bedak bayi. Para orang tua sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan dan menyimpan wadah talcum powder. Anak-anak yang kehilangan nyawanya setelah menghirup bedak bayi biasanya wajahnya tertutup oleh serbuk halus bedak setelah bermain-main dengan wadahnya. Karena itu, jauhkan wadah talek dari jangkauan anak-anak.

Ada pula beberapa orang yang percaya bahwa penggunaan bedak bayi pada area kemaluan bisa menyebabkan kanker ovarium. Akan tetapi, belum ada studi yang berhasil membuktikan kebenaran rumor tersebut. Meski demikian, talcum powder memang sebaiknya tidak digunakan untuk mengeringkan area tersebut.

Untuk mengeringkan area sensitif bayi setelah mandi, lebih baik kita menggunakan handuk yang bersih. Talcum powder juga tidak efektif mencegah ruam popok. Untuk itu, lebih baik menggunakan barrier cream atau lotion setiap kali mengganti popok. Bedak yang berasal dari tepung jagung dianggap lebih aman untuk digunakan pada kulit bayi, kecuali area sensitif. Akan tetapi, kita tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya karena tidak menutup kemungkinan akan terhirup oleh bayi.

Tips Aman Menggunakan Bedak Bayi

Supaya penggunaan talcum powder aman, tuangkan sedikit di telapak tangan bunda (jauh dari si kecil), kemudian usapkan pada kulti si kecil. Jangan menuangkan talcum powder secara langsung dari wadahnya ke tubuh bayi karena bisa terhirup dan menimbulkan gangguan pernafasan. Bila menggunakan puff untuk mengoleskannya, pastikan kita mencelupkan puff ke dalam bedak jauh dari si kecil supaya debu bedak tidak terhirup.

Ketika menggunakan talcum powder pada saat ganti popok, jauhkan botolnya dari tubuh si kecil. Hal ini untuk mencegah bedak tumpah pada tubuh bayi dan terhirup. Setelah selesai menggunakannya, simpan wadah talcum powder dengan aman jauh dari jangkauan anak-anak.

Selain itu, kita juga harus pintar-pintar memilih produk bedak yang cocok dengan kulit si kecil. Penggunaan talcum powder yang tidak cocok dengan kulit bayi secara terus menerus bisa menyebabkan kulit kemerahan atau tampak seperti terbakar. Sebisa mungkin pilih bedak bayi yang lembut bagi kulit bayi, bertekstur halus, dan tidak mengandung pewangi.

Sumber Referensi : balitapedia.com

----------
#bedak-yang-aman-untuk-bayi
#bedak-bayi-untuk-wajah-berjerawat
#merk-bedak-bayi-yang-aman
#bedak-tabur-bayi-untuk-wajah
#merk-bedak-bayi-yang-mengandung-cornstarch
Title Tags Search:
See Also:
Tahukah Anda, Zat Kimia Pada Plastik Bisa Sebabkan Keguguran - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Siapa bilang keguguran tak bisa dipicu dari alat-alat yang terdapat di rumah. Sebuah penelitian menunjukan zat kimia yang ditemukan pada lusinan perangkat rumah tangga bisa meningkatkan risiko kegugur ... Read More »
Tidak Dibenarkan Memberikan Makanan Ini Pada Bayi - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Masyarakat kita sudah biasa memberikan makanan seperti di bawah ini kepada bayi. Tapi menurut dokter, hal ini tidak di benarkan. Nah lho...

Berkut makanan yang biasa di berikan pada bayi dan faktan ... Read More »
Tips Cara Alami Mengobati Penyakit Kanker Serviks (Cervical Cancer) - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sebelumnya kita telah membahas tentang penyebab dan gejala penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim. dan pada tulisan kali ini kta akan membahas tentang cara mengobati penyakit kanker serviks s ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share