AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Uang memang bukanlah segalanya, tapi segalanya itu membutuhkan uang. Walaupun kita bukan orang kaya, ... Read More »
Published: Thu, 05 Jan 2017 - 00:12:49
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 1196/1323
Comments: 0/0
Aneka Manfaat Garam Selain Untuk Memasak

Aneka Manfaat Garam Selain Untuk Memasak - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Aneka Manfaat Garam Selain Untuk Memasak

Pada umumnya Garam biasa digunakan sebagai bumbu pelengkap yang menciptakan rasa asin dalam masakan. Akan tetapi, selain untuk memasak ternyata garam mempunyai banyak manfaat lho. Garam masih memiliki sisi lain yang menguntungkan dan mungkin banyak dari kita yang belum mengetahuinya. Garam dapat dijadikan sebagai produk perawatan kulit dan tubuh. Apa saja?

Berikut 8 macam penggunaan garam yang baik bagi kulit dan tubuh, seperti dilansir Organic Authority :

1. Mandi
Garam bisa digunakan untuk berendam, rasanya seperti ketika kita berenang di laut. Masukkan secangkir garam dapur ke air dalam bak mandi Anda. Harumkan dengan minyak esensial atau herbal kering kesukaan Anda. Merendamkan tubuh ke dalam air garam dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan meminimalisir rasa pegal pada otot dan sendi.

2. Scrub
Garam mengandung exfoliant alami yang dapat menghaluskan kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, cobalah untuk menggunakan scrub garam. Siapkan seperempat cangkir garam dan setengah atau tiga per empat cangkir minyak almond atau wijen. Campurkan keduanya dan tambahkan 20 tetes minyak esensial favorit Anda untuk memberikan aroma. Gunakan seperti ketika Anda menggunakan scrub pada umumnya.

3. Masker
Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, tak ada salahnya untuk menggunakan masker garam. Jenis masker ini dapat mengurangi peradangan kulit, menyeimbangkan kadar minyak, dan mempercepat penyembuhan kulit dari jerawat. Larutkan satu cangkir kecil garam ke dalam air hangat. Lalu, masukkan tiga sendok makan madu murni. Campurkan semuanya. Setelah itu, oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

4. Deodoran
Garam dapat membunuh bakteri penyebab bau. Untuk itu, garam sangat berguna jika dibuat deodoran. Namun, jika Anda baru saja mencukur bulu pada ketiak Anda, jenis deodoran ini akan memberikan sengatan kecil pada pori-pori kulit Anda.

5. Pasta Gigi
Pasta gigi yang terbuat dari garam ternyata lebih baik daripada jenis pasta gigi lainnya. Sebab, garam memiliki sifat antibakteri. Campurkan baking soda dan garam dapur dengan takaran 3 banding 1. Anda dapat membuatnya dalam bentuk bubuk atau pasta. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial beraroma mint atau cengkeh. Ini hanya membutuhkan cara yang sederhana, mudah, murah, dan efektif.

6. Obat Kumur
Berkumur dengan air garam dapat menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Memang ada banyak jenis obat kumur di luar sana, namun jenis obat kumur ini lebih sehat dan lebih baik bagi tubuh. Obat kumur garam tidak mengandung bahan kimia jahat. Selain itu, obat kumur garam cukup efektif untuk membunuh bakteri pada mulut Anda. Jangan lupa untuk menambahkan satu atau dua tetes minyak esensial peppermint atau spearmint jika Anda ingin mendapatkan rasa segar seperti mint.

7. Pembersih Hidung
Anda harus rutin membersihkan hidung untuk meningkatkan pernapasan dan mengurangi risiko alergi atau infeksi sinus. Masukkan air ke dalam neti pot dan tambahkan sedikit garam laut. Tuangkan ke dalam lubang hidung sambil memiringkan kepala agar air dapat memasukki rongga hidung. Tundukkan kepala Anda ke bawah dan miringkan kepala ke sisi yang lain.

8. Perawatan Luka
Sifat antimikroba dalam garam menjadikannya sebagai salah satu pengobatan yang efektif untuk luka kulit. Apabila luka Anda mengalami pendarahan, tunggu hingga darah tidak keluar sama sekali. Setelah itu, gosokkan garam ke luka. Ini dapat membersihkan luka dari kuman bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.



Sumber referensi : liputan6.com

Semoga bermanfaat.
----------
#fungsi-garam-untuk-wajah
#manfaat-garam-untuk-rambut
#kegunaan-garam-dapur-dalam-kehidupan-sehari-hari
#bahaya-air-garam-untuk-wajah
#khasiat-garam-dalam-islam
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 10316
Bookmark and Share