AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sun, 22 April 2018 - 12:05:41
Random News
Bandar Udara atau yang di singkat Bandara adalah tempat pesawat udara untuk terbang ataupun mendarat ... Read More »
Published: Sun, 20 Nov 2016 - 10:02:02
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 3/850
Comments: 0/0
Aneka Manfaat Jeruk Nipis - Bagian 2

Aneka Manfaat Jeruk Nipis - Bagian 2 - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Seperti kata admin kemaren, yang karena manfaat jeruk nipis sangat banyak, maka di bagi menjadi 2 bagian. Dan inilah aneka manfaat jeruk nipis bagian kedua.

1. Mengatasi Haid Tidak Teratur

Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari

2. Mencegah Perut Keriput Sehabis Melahirkan

Satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung, diaduk sampai rata, balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi, agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala.

3. Mengobati Jerawat

Satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah.

4. Mencegah Rambut Rontok Atau Berketombe

Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

5. Melebatkan Rambut

Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

6. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

7. Mengobati Vertigo

Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

8. Mengobati Radang Tenggorokan

Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

9. Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan

Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.

10. Mengobati Kurap Atau Panu

Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

11. Mengobati Demam Atau Panas Saat Malaria

Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

12. Mengobati Luka Terkilir

Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

13. Obat Pegal Linu

Cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

14. Mengobati Sakit Gigi

Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

15. Melangsingkan Badan

Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

16. Menambah Stamina

Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

17. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari


Semoga bermanfaat.
----------
#manfaat-jeruk-nipis-untuk-jerawat
#manfaat-jeruk-nipis-untuk-diet
#efek-samping-jeruk-nipis
#manfaat-jeruk-nipis-untuk-rambut
#manfaat-jeruk-nipis-untuk-melangsingkan-perut
Title Tags Search:
See Also:
Tips Cara Alami Mengobati Penyakit Herpes - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Setelah kita ketahui penyebab dan gejala penyakit Herpes, selanjutnya kita akan bahas cara alami mengobati penyakit Herpes. Penyakit Herpes harus segera diobati, karena jika tanpa perawatan virus Herp ... Read More »
Tips Cara Mencerahkan Kulit Memakai Masker Kulit Kentang - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Pada umumnya, kentang yang di kupas, kulitnya pasti dibuang. Mulai sekarang janganlah anda buang, karena kulit kentang diyakini memiliki nutrisi tertentu yang baik untuk memutihkan kulit dan mengurang ... Read More »
Aneka Manfaat Belimbing Wuluh Atau Belimbing Sayur - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah anda, buah Calincing alias belimbing wuluh atau belimbing sayur (Averrhoa bilimbi) ini diperkirakan berasal dari Maluku, namun kini banyak berkembang di berbagai negara. Di Filipina belimbing ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 28057
Bookmark and Share