AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Lirik Lagu: TOMBO TEKO LORO LUNGO By Didi Kempot Pengen nyawang wes suwe kowe ra bali Sing ... Read More »
Published: Tue, 01 Nov 2016 - 04:50:01
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.top
Hits: 1274/1424
Comments: 0/6
Awas! Bahaya Insomnia Bagi Kesehatan

Awas! Bahaya Insomnia Bagi Kesehatan - AnekaNews.net

AnekaNews.top - Awas! Bahaya Insomnia Bagi Kesehatan

Insomnia atau penyakit susah tidur, bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya pikiran, was-was, khawatir, cemas dan lain sebagainya. berhati-hatilah, karena Insomnia beresiko sangat buruk terhadap kesehatan anda.

Berikut ini adalah dampak buruk Insomnia terhadap kesehatan :

1. Meningkatkan Resiko Kematian

Peneliti Inggris menemukan bagaimana pola tidur mempengaruhi angka kematian lebih dari 10.000 pegawai sipil Inggris selama dua dekade. Berdasarkan hasil sebuah penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2007 , orang yang tidur kurang dari 5-7 jam sehari meningkatkan risiko kematiankarena berbagai faktor. Bahkan kurang tidur bisa meningkatkan dua kali lipat risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

2. Peningkatan Berat Badan Atau Obesitas

Kurang tidur berhubungan dengan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan, dan sangat memungkinkan menjadi gemuk. Hubungan antara tidur dan hormon yang mengatur nafsu makan: Ghrelin merangsang rasa lapar, dan sinyal leptin merangsang nafsu makan keotak. Waktu tidur yang pendek dikaitkan dengan penurunan leptin dan peningkatan ghrelin. Kurang tidur tidak hanya merangsang nafsu makan, tapi juga merangsang keinginan untuk makan makanan berlemak dan makanan tinggi karbohidrat. Namun penelitian terus dilakukan untuk menguji, apakah tidur yang baik harus menjadi bagian standar bagi program penurunan berat badan .

3. Menjadi Pelupa

Pada tahun 2009 , peneliti dari Amerika Serikat dan Perancis menemukan bahwa peristiwa otak yang disebut dengan sharp wave ripples, bertanggung jawab menguatkan memori pada otak. Even ini juga mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, dimana kenangan jangka panjang disimpan. Sharp wave ripples terjadi terutama pada saat tidur.

Kebanyakan orang kulitnya terlihat pucat dan mata bengkak karena kurang tidur malam. Kondis karena kurang tidur yang kronis bisa mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah, dan lingkaran hitam di bawah mata. Bila Anda tidak mendapatkan cukup tidur, maka tubuh akan melepaskan hormon stres (kortisol) berlebih. Dalam jumlah yang berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit atau protein yang menjaga kulit tetap halus dan elastis . Kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh kurang mengeluarkan hormon pertumbuhan(HGH). Ketika kita masih muda, hormon HGH mendorong pertumbuhan. Dalam hal ini, hormon ini membantu untuk meningkatkan massa otot, penebalan kulit, dan memperkuat tulang.

4. Dapat Menyebabkan Depresi

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Pennsylvania tahun 1997 melaporkan bahwa tidur kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari bisa menyebabkan orang menyebabkan stres, marah, sedih, dan kelelahan mental. Selain itu, kurang tidur dan gangguan tidur menjadi salah satu penyebab gejala depresi. Insomnia dan kurangnya nafsu makan akibat depresi saling terkait. Kurang tidur bisa memperparah gejala depresi, dan depresi itu sendiri akan membuat lebih sulit tidur. Sisi positifnya, pola tidur yang baik dapat membantu mengobati depresi.

5. Penurunan Konsentrasi

Pola tidur yang baik berperan penting untuk berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal. Yang pertama pertama adalah terngganggunya kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini akan membuat proses belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Terus yang kedua, Siklus tidur di malam hari berperan dalam menguatkan memori dalam pikiran. Jadi jika tidak cukup tidur, maka kita tidak akan mampu mengingat apa yang telah kita pelajari dan alami seharian. Bahkan kurang tidur berpengaruh bagi Otak

6. Masalah Kesehatan Yang Serius

Gangguan tidur dan kurang tidur kronis dapat menyebabkan risiko serius seperti penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, denyut jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes. Menurut beberapa penelitian, 90 persen orang dengan insomnia (gangguan tidur yang ditandai dengan sulit tidur dan tidak tidur sepanjang malam) juga mengalami risiko kesehatan yang serupa.

7. Menurunkan Libido

Para ahli melaporkan bahwa kurang tidur pada pria dan wanita mengurangi libido atau dorongan untuk berhubungan seks. Hal ini disebabkan karena energi habis, mengantuk, dan meningkatnya ketegangan. Untuk pria yang menderita sleep apnea (masalah pernapasan saat tidur) , kurang tidur menyebabkan gairah seksual menurun. Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism 2002 , hampir semua orang yang menderita sleep apnea memiliki kadar testosteron yang rendah. Serta hampir setengah dari orang yang menderita sleep apnea parah, memiliki tingkat testosteron rendah pada malam hari .


Mulai dari sekarang hindari begadang, kalau tidak ada keperluan yang sangat penting. Istirahat maalam yang cukup, itu sangatlah baik buat kesehatan anda.


Semoga bermanfaat.
----------
#efek-insomnia-bagi-wanita
#penyakit-insomnia-pada-remaja
#akibat-insomnia
#cara-mengatasi-insomnia
#bahaya-insomnia-atau-susah-tidur
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (6)
DannyOrier [Tue, 11 Jul 2023 - 12:05:03]
<a href="http://meclizinel.top/">purchase meclizine online cheap</a>
DannyOrier [Mon, 10 Jul 2023 - 19:04:41]
<a href="http://meclizinel.top/">buy meclizine 25 mg</a>
DannyOrier [Sun, 09 Jul 2023 - 21:21:47]
<a href="http://meclizinel.top/">meclizine for sale online</a>
DannyOrier [Sat, 08 Jul 2023 - 11:08:16]
<a href="http://meclizinel.top/">purchase meclizine pill</a>
DannyOrier [Thu, 06 Jul 2023 - 20:43:27]
<a href="http://meclizinel.top/">meclizine sale</a>
View All Comments on Awas! Bahaya Insomnia Bagi Kesehatan
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 78325
Bookmark and Share