AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sun, 22 October 2017 - 13:12:12
Random News
Istri Muslimah mana yang tidak bahagia, apabila bisa jadi bidadari di dunia dan akhirat (istri shole ... Read More »
Published: Mon, 29 Jun 2015 - 11:18:23
Category: Kesehatan
By: Dyta
Hits: 1/20872
Comments: 0/0
Awas Bahaya Mengintip Dibalik Manfaat Telur

Awas Bahaya Mengintip Dibalik Manfaat Telur - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Telur merupakan salah satu makanan favorit bagi sejumlah orang Indonesia. Hal itu dikarenakan telur ayam bisa diolah dengan berbagai cara misalnya direbus, dadar, dan dimasak bumbu balado,digulai dan lain sebagaiya. Kabarnya juga, sarapan dengan memakan satu butir telur rebus juga dapat bikin tubuh Anda sehat.

Kandungan yang ada dalam telur, seperti kolin merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan fungsi otak. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin juga bisa mencegah keruskan mata, terutama katarak dan degenerasi makula.

Walaupun banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, namun ketahuilah bahwa terlalu sering memakannya juga tak baik bagi kesehatan dan kecantikan. Setidak ada 6 dampak buruk yang bisa Anda dapat jika terlalu sering mengonsumsi telur antara lain;

1. Kolesterol tinggi
Terdapat 200 mg lemak dalam satu butir telur. Mengonsumsi 6 butir dalam seminggu adalah batas maksimal. namun, sebaiknya imbangi dengan olahraga dan mengonsumsi sayran hijau. Jika tidak, maka kolesterol Anda akan tinggi dan meningkatkan risiko sakit jantung.

2. Hormon tidak seimbang
Memakan banyak telur membuat hormon mudah naik turun, terlebih bagi wanita. Untuk mencegah terjadi hal itu, sebaiknya Anda imbangi dengan memakan sayur dan buah setiap harinya.

3. Menimbulkan alergi
Telur bisa menimbulkan alergi, apalagi saat ini banyak telur imitasi. Untuk itu, pilihlah telur yang benar-benar memiliki kualitas yang baik, tidak busuk, dan lain sebagainya. Hal tersebut untuk meminimalisir efek tidak higenis dari telur yang bisa membuat Anda alergi.

4. Berat badan naik
Telur juga mengandung lemak tinggi sehingga bisa bikin berat badan seseorang menjadi naik. Jika ingin lebih sehat, maka sebaiknya Anda memakan telur 2-3 hari sekali saja. Dengan begitu, Anda akan sehat dan berat badan pun tidak akan naik.

5. Risiko diabetes
Lemak yang ada di dalam telur bisa menyebabkan penyakit kencing manis, terutama pada wanita. Pria yang setiap hari mengonsumsi telur berisiko 55% mengalami diabetes. Sedangkan, wanita 77% mengalami diabetes jika mengonsumsi telur setiap hari.

6. Tumbuh jerawat
Telur bisa membuat kulit berminyak atau mengalami jerawat hormonal. Sama halnya seperti kacang, telur juga bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah.

7.Telur Ayam Picu Disfungsi Ginjal
Telur ayam picu disfungsi ginjal terutama bagi penderita asam urat. Kandungan proteinnya yang tinggi bisa meningkatkan asam urat dan timbul batu ginjal. Sebagaimana diungkapkan oleh dr. Parlindungan Siregar, SpPD-KGH, spesialis ginjal dan hipertensi FKUI-RSUCM.

Prosesnya memang tidak secara langsung, tapi kandungan proteinnya yang tinggi lama-lama menyebabkan timbulnya batu ginjal. Batu ginjal sendiri terbentuk akibat urine yang diproduksi mengandung zat pembentuk kristal seperti kalsium, asam urat, dan senyawa oksalat dibandingkan cairan yang tersedia.

Batu ginjal jenis asam urat akan terbentuk jika urine terus menerus bersifat asam. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh makanan dengan tinggi protein dan zat purin seperti telur. Meskipun sebenarnya tidak hanya telur yang bisa picu ganggun ginjal. Semua makanan yang mengandung purin tinggi lainnya juga sama. Diantaranya jeroan, ikan dan kerang.

Telur sebagai makanan tinggi protein tidak cocok untuk penderita batu ginjal dan asam urat. Begitu pula dengan beberapa makanan tinggi protein lainnya seperti daging kambing, daging sapi, bebek, ayam dan ikan. Jika tidak bisa meninggalkan makanan-makanan pemicu disfungsi ginjal tersebut setidaknya bisa menguranginya.

Nah itulah 7 dampak buruk dari keseringan makan telur setiap hari. Kandungan dalam telur memang berkhasiat bagi kesehatan. Namun akan menjadi sebaliknya jika anda mengonsumsinya lebih dari 6 butir telur dalam seminggu.


#BahayaMakanTelur

Sumber Referensi: vamale.com , viva.co.id
Title Tags Search:
See Also:
Ternyata Bangun Pagi Itu Sangat Tidak Baik - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Berdasarkan logika dan pengalaman, bangun pagi-pagi itu memang sangat tidak baik? Ahh, yang benar saja, tidak baik untuk siapa? Sebelum pertanyaan itu terjawab, mari kita simak dulu beberapa dari manf ... Read More »
Tahukah Anda Perbedaan BPJS Ketenagakerjaan Dengan BPJS Kesehatan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sebelumnya kami minta maaf, soalnya lama kami tidak update info dan berita di AnekaNews. Dikarenakan admin yang satu sibuk dan lainnya lagi sakit.

Oh ya, ngomong-ngomong soal BPJS, setelah bertrans ... Read More »
Mengapa Nutrisi Wortel Bisa Untuk Melawan Kanker? Ini Alasannya! - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Selain sebagai bahan masakan dan makanan, Wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi penglihatan dan juga bisa untuk melawan penyakit Kanker. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa wortel mungkin ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share