AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sat, 23 March 2019 - 20:17:21
Random News
Bayam yang bahasa latinnya Genus Spinacia ini berasal Amerika tropic, namun saat ini sudah tersebar ... Read More »
Published: Sat, 17 Dec 2016 - 03:17:07
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 13/2386
Comments: 0/0
Awas! Banyak Mainan Anak Dari Bahan Logam Yang Beracun

Awas! Banyak Mainan Anak Dari Bahan Logam Yang Beracun - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Walaupun mainan bisa merangsang kecerdasan anak, namun tetap perhatikan kandungan bahan mainan itu. Menurut penelitian FMIPA Universitas Indonesia, ternyata banyak ditemukan mainan dengan kandungan logam berat yang membahayakan kesehatan. Penelitian bersama Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) itu menemukan, dari 21 sampel mainan yang diteliti di laboratorium, sebanyak 20 mainan dinyatakan positif mengandung logam berat.

Ada empat logam yang ditemukan pada mainan. Yaitu timbal (Pb), merkuri (Hg), kadmium (Cd), dan kromium (Cr). Cat pada mainan menyumbang keberadaan logam berat ini. Dan, kebanyakan zat berbahaya ini berasal dari mainan untuk konsumsi anak usia 2-5 tahun. Sampel yang diambil adalah sempoa, kereta kayu, balok ukur, balok rumah-rumahan, dan puzzle.

Efek yang bakal dirasakan anak akan terjadi dalam jangka panjang. Semakin sering logam masuk ke tubuh, maka efek juga lebih cepat terjadi. Logam berat ini bisa merusak ginjal, mengurangi kecerdasan, mengganggu kerja otak, lumpuh, sampai menyebabkan kanker. Bukan lewat mulut saja zat tersebut masuk tubuh. Ternyata, logam ini mampu melewati pori kulit saat bersentuhan.

Jika hanya dilihat dari absorbsi logam berat melalui kulit, logam berat yang terdapat pada mainan edukasi masih memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Namun, ada potensi logam berat tertelan lewat cat yang menempel di tangan anak

Tidak ada jaminan mainan buatan luar negeri lebih baik dari produksi lokal. Bahkan, mainan berlogam berat itu bisa didapat di pusat belanja, pasar tradisonal, hingga mal besar. Produk yang telah mencantumkan logo non-toxic pun masih ada logam berat. Sebaiknya hindarkan anak memasukkan tangan ke mulut saat menggunakan mainannya. Dan, cucilah tangan anak setelah selesai menggunakan mainan.


Semoga bermanfaat.
Title Tags Search:
See Also:
Wortel Dan Madu, Ternyata Bisa Mengatasi Batuk Berdahak - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Wortel mengandung magnesium, kalium, mangan, besi, fosfor dan kalsium. Ini adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C, K, A dan beta-karoten. Sayuran yang berwarna oranye ini bisa membantu organism ... Read More »
Awas Sakit Pinggang Karena Ginjal - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sakit pinggang banyak penyebabnya, mulai dari yang ringan sampai pada penyebab yang berat atau serius. Tetapi, sebagian besar adalah tidak serius dan membaik dengan sendirinya, Bagaimana Anda duduk, b ... Read More »
Cara Mengatasi Sengatan Lebah Atau Tawon Pada Anak Kecil - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Anak-anak yang biasa bermain di kebun atau di taman, tanpa sengaja bisa tersengat serangga. Umumnya sengatan serangga adalah sengatan lebah atau tawon. Akibat sengatan lebah bisa menyebabkan rasa saki ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 93364
Bookmark and Share