AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Anda tentunya sering minum berbagai jenis minuman, dari air putih, teh, kopi, susu, jus, minuman ber ... Read More »
Published: Wed, 13 Apr 2016 - 12:40:27
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 949/1009
Comments: 0/0
Bagi Pasangan Suami Istri: Tips Cara Menunda Kehamilan Tanpa Alat Kontrasepsi KB

Bagi Pasangan Suami Istri: Tips Cara Menunda Kehamilan Tanpa Alat Kontrasepsi KB - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Bagi Pasangan Suami Istri: Tips Cara Menunda Kehamilan Tanpa Alat Kontrasepsi KB

Tahukah anda, kehamilan merupakan sebuah momen yang sangat dinanti nantikan oleh setiap wanita yang sudah menikah. Bagi pasangan suami istri sendiri, proses kehamilan merupakan sebuah moment yang berharga dan akan membuat hubungan rumah tangga itu akan menjadi lebih harmonis lagi bun.

Namun juga ada baiknya bagi setiap pasangan suami istri juga untuk memikirkan sungguh sungguh apa saja konsekuensi yang akan dihadapi. Sebagai orang tua tentu kita harus memikirkan berbagai faktor untuk menunjang masa depan anak anak kalian nantinya bukan begitu bun?

Program pengendali kehamilan dan kelahiran atau juga yang kita kenal sebagai program Keluarga Berencana atau KB memanglah sudah digalakkan pemerintah kita bertahun tahun yang lalu.

Beberapa orang juga memang berhasil mengikuti program ini dengan mengkonsumsi atau pun menggunakan berbagai alat kontrasepsi. Namun, ada juga beberapa orang lainnya ternyata mengalami efek samping negative dari penggunaan alat kontrasepsi ini. Nah, solusi satu satunya adalah dengan menggunakan cara alami untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan suami istri.


Apa saja cara alami tersebut? Berikut adalah Tips Cara Mencegah Kehamilan Tanpa Alat Kontrasepsi KB:

1. Pemeriksaan Mucus Atau Lendir

Cara mencegah kehamilan tanpa KB yang pertama yaitu dengan cara pemeriksaan lendir atau mucus pada vagina. Mucus atau lendir ini keluar sebagai tanda atas reaksi atau respon terhadap hormone wanita yaitu hormon estrogen. Lendir ini bentuknya juga menyerupai putih telur yang masih mentah, dan jumlahnya akan sangat banyak sesaat sebelum sel telur dilepaskan dari ovarium bun.

Pemeriksaan lendir ini juga dapat dilakukan dengan cara melihat apakah terdapat lendir atau tidak pada celana dalam, atau juga dapat dengan cara mengeceknya dengan jari yang diusapkan pada lubang vagina bun. Dan jika ditemukan jumlah lendir yang berlebihan, maka bunda dianjurkan untuk tidak berhubungan suami isteri selama minimal tiga hari setelah adanya lendir tersebut pada vagina jika bunda tidak ingin hamil.

2. Metode Kalender

Cara mencegah kehamilan secara alami ytang kedua yaitu dengan menggunakan adalah metode kalender. Dengan metode kalender ini sangat bergantung pada penghitungan masa subur wanita menggunakan kalender. Masa subur seorang wanita bisa diketahui dengan mengurangi 18 hari dari siklus menstruasi hari pertama menstruasi bun.

Nah, tahap ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui hari pertama dari masa subur. Selanjutnya, untuk mengetahui hari terakhir masa subur bun, bunda hanya harus mengurangi 11 hari dari hari terakhir siklus menstruasi saja bun. Dengan penghitungan, maka seorang wanita bisa mengetahui masa suburnya. Sehingga ia bisa menghindari melakukan hubungan suami istri saat ia sedang dalam masa subur guna menghindari terjadinya kehamilan.


Contoh Cara Perhitungan Masa Subur

Siklus haid teratur (28 hari) cara perhitungan :
Hari pertama haid tanggal 1 maret, artinya 1 maret merupakan hari pertama haid
Hari suburnya adalah hari ke 12 – hari ke 16 masa subur tersebut

Contoh :
Bunda haid di tanggal 1 maret, maka masa subur anda adalah mulai dari (hari ke 12 ) tanggal 13 maret sampai dengan (hari ke 16) tanggal 17 maret. Jadi masa subur adalah tanggal 13-17 maret
Lalu kapan masa tidak suburnya ?

Nah dari tanggal setelah 17 sampai sebelum haid berikutnya merupakan masa tidak subur.

Kelemahan:
Meskipun demikian, metode ini akan kurang tepat jika digunakan pada wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Pada kasus seperti ini, seorang wanita akan cenderung memiliki lebih banyak hari atau periode waktu yang memungkinkan ia hamil saat berhubungan suami istri walaupun ia sudah melakukan penghitungan dengan metode kalender.

Jika siklus menstruasi anda termasuk yang normal yaitu 28 hari, maka metode kalender ini cukup efektif yakni dengan keberhasilan hanya sekitar 80% saja.

Nah itulah tadi merupakan beberapa cara mencegah kehamilan tanpa KB dan tentunya alami bun jadi jangan khawatir dengan cara yang disampaikan diatas, dan semoga informasi cara mencegah kehamilan ini dapat bermanfaat bagi bunda semua!
‪

Sumber Referensi : katalogibu.com

Semoga bermanfaat.
----------
#cara-menunda-kehamilan-secara-alami
#mencegah-kehamilan-tanpa-kb-dan-kondom
#cara-mencegah-kehamilan-dengan-minum-sprite
#cara-kb-alami-agar-tidak-hamil
#cara-menunda-kehamilan-dalam-islam
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 18184
Bookmark and Share