AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 21 March 2019 - 00:59:19
Random News
Aku sudah lulus dari kuliah dan sudah mendapatkan pekerjaan yang bagus. Lamaran kepada diriku untuk ... Read More »
Published: Sat, 20 Aug 2016 - 01:27:47
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 1/1711
Comments: 0/0
Batasi Minum Teh, Akan Menghindari Penyakit Ini

Batasi Minum Teh, Akan Menghindari Penyakit Ini - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Kebanyakan orang, minuman yang di minum setelah makan adalah minum teh, baik es teh maupun teh hangat. Tapi apakah kita tahu efek samping dari minum teh setelah makan?

Minum teh paling tidak sejam sebelum atau setelah makan akan mengurangi daya serap sel darah terhadap zat besi sebesar 64 %. Pengurangan daya serap akibat teh ini lebih tinggi daripada akibat sama yang ditimbulkan oleh minum segelas kopi setelah makan. Kopi mengurangi daya serap hanya 39 %.

Pengurangan daya serap zat besi itu diakibatkan oleh zat tanin dalam teh. Selain mengandung tanin, teh juga mengandung kafein, polifenol, albumin, dan vitamin. Tanin bisa mempengaruhi penyerapan zat besi dari makanan terutama yang masuk kategori heme non-iron, misalnya padi-padian, sayur-mayur, dan kacang-kacangan.

“Bila kita makan menu standar plus segelas teh, zat besi yang diserap hanya setengah dari yang semestinya”

Menurut Dr. Rachmad Soegih, ahli gizi dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, zat tanin itu sendiri memang menghambat produksi hemoglobin. Kalau memang mau menghindari teh dan mendapatkan banyak zat besi, sebaiknya teh digantikan air jeruk sebagai peneman makan.

“Makan nasi pecel dengan jeruk memperbesar penyerapan zat besi bila dibandingkan dengan minum es teh”
Kenapa? Vitamin C ternyata memperbesar penyerapan zat besi oleh tubuh.

Apakah fakta ini membuat minum teh harus ”diharamkan” sama sekali? Jangan salah. Soalnya, teh mengandung zat lain yang berfungsi positif.

Ada kiat minum teh yang tepat, agar minuman ini tidak menghambat produksi zat besi dalam sel darah:

1. Teh akan berefek baik bagi tubuh bila dikonsumsi pada pagi dan sore, disertai karbohidrat dan protein, misalnya roti dan biskuit.

2. Kiat lain, memberikan jeda minum teh setelah makan, misalnya dua jam setelah makan.

Jeda itu diperlukan karena rentang waktu itu diperkirakan cukup bagi usus 12 jari dan usus halus bagian atas untuk melakukan proses penyerapan makanan. Jadi, boleh-boleh saja menyeruput teh kapan pun, asal tidak setelah makan.

Batasi Es Teh, Hindari Batu Ginjal

Minuman teh dicampur dengan es sebagai pelepas dahaga di siang hari yang terik tentunya sangat menyenangkan. Namun, bagi Anda yang memiliki kecenderungan mengalami pembentukan batu ginjal sebagiknya berhati-hati. Penelitian terbaru menyarankan, sebaiknya beralih dari es teh ke air putih dengan lemon atau jus lemon.


Semoga bermanfaat.
----------
#bahaya-minum-teh-panas
#bahaya-minum-teh-gelas
#minum-teh-tiap-hari
#manfaat-minum-teh-pahit
#manfaat-minum-teh-setiap-hari
Title Tags Search:
See Also:
Jus Nanas Dan Manfaatnya Yang Membuat Anda Ternganga - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Apakah Anda sering merasa sakit atau pegal-pegal di leher bagian belakang? Jika jawabannya iya, tak salah lagi pasti itu ada hubungannya dengan koresterol. Kadar koresterol yang tinggi memang sangat r ... Read More »
Wah! Ternyata Ciuman Bibir Itu Berbahaya Bagi Kesehatan Lho - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Banyak orang mengungkapkan perasaan kasih sayangnya dengan berciuman. Banyak jenis ciuman yang dilakukan, misalnya ciuman ditangan, kening, pipi dan bibir serta ciuman lainnya. Dari sekian banyak cium ... Read More »
LUAR BIASA Ini Akibatnya Jika Anda Suka Mengkonsumsi Jengkol - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kalian suka jengkol?! Kenal semur jengkol, balado jengkol, sambel goreng jengkol atau kalian suka lalap jengkol?.. Ya, yang di atas tadi adalah deretan nama-nama kuliner khas Indonesia yang berbahan d ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 27972
Bookmark and Share