AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 23 October 2018 - 10:25:08
Random News
Baru-baru ini Kementerian Riset Teknologi ‎dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) melarang 243 ... Read More »
Published: Fri, 26 Jun 2015 - 15:53:59
Category: Kesehatan
By: Dyta
Hits: 2/8427
Comments: 0/0
Benarkah Manusia Lebih Mampu Menahan Lapar Dibanding Haus

Benarkah Manusia Lebih Mampu Menahan Lapar Dibanding Haus - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Dalam situasi darurat menurut anda berapa lamakah manusia dapat bertahan hidup tanpa air dan makanan? Dan mana yang lebih mungkin dijalani manusia hidup tanpa air atau tanpa makanan?

Secara fisik manusia bisa hidup tanpa air alias menahan haus hingga maksimal 3-5 hari. Sementara untuk menahan lapar manusia bisa bertahan tidak makan hingga 8 minggu dengan catatan masih mengonsumsi air. Tapi jika kondisi fisik orang tersebut baik, maka bisa membuat seseorang bertahan lebih lama lagi.

Tubuh menyimpan energi dalam bentuk lemak, karbohidrat dan protein. Biasanya tubuh akan menggunakan cadangan karbohidrat terlebih dahulu, lalu protein dan terakhir menggunakan lemak sebagai asupan energi. Selain cadangan makanan dalam tubuh, metabolisme dan iklim juga mempengaruhi. Orang dengan metabolisme yang lambat cenderung memiliki rasa kenyang lebih panjang, karena tubuh akan menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Sedangkan jika berada dalam iklim yang dingin, maka tubuh akan lebih cepat membakar energi sehingga membuat orang cepat merasa lapar.

Namun pada beberapa kasus tertentu, seperti dikutip dari Howstuffworks, dimana seseorang memiliki kondisi tubuh yang tidak baik maka kemungkinan orang tersebut hanya bisa bertahan tanpa makanan selama 10 sampai 14 hari saja. Orang yang mengalami kelaparan tingkat tinggi ditandai dengan halusinasi, kejang-kejang, detak jantung yang tidak beraturan serta tidak berfungsinya organ-organ tertentu.

Sedangkan hidup tanpa air berbeda dengan hidup tanpa makanan. Jika udara sangat panas dan tidak ada air, maka dehidrasi bisa terjadi dalam waktu satu jam saja. Karena itu seseorang bisa saja meninggal dalam waktu hitungan jam jika tidak memiliki air dan berada dalam kondisi yang panas. Namun, jika kondisi sekitarnya tidak terlalu panas atau dingin, seseorang bisa bertahan tanpa air 3 sampai 5 hari.

Manusia sangat membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup, karena setiap hari orang kehilangan cairan melalui keringat, urin, feses bahkan saat bernapas hingga 1,5 liter per hari. Air sangat penting untuk organ-organ dalam tubuh agar bisa bekerja dengan baik. Risiko utama orang hidup tanpa air dan kondisi panas adalah suhu tubuh akan terus meningkat dan orang tersebut bisa mengalami 'heat stroke'.

Tapi jika orang tersebut minum air maka menurunkan suhu inti dan dapat mendinginkannya. Orang yang kehilangan banyak cairan akan ditandai dengan mulut kering, mata cekung, jantung berdetak cepat, mudah tersinggung, muntah dan diare. Tahap akhir dari dehidrasi adalah tubuh mengalami shock yang ditandai dengan kulit biru keabu-abuan dan dingin jika disentuh.

Dari uraian di atas terbukti ternyata orang lebih mampu bertahan hidup tanpa makanan dibanding tanpa air, karena seseorang bisa bertahan hingga beberapa minggu jika tak ada makanan tapi jika tak ada air hanya bertahan 5 hari saja.

Dan ini resikonya Bahaya Jika Kurang Minum Air.

Namun berbeda dengan penjelasan di atas, memang ada juga manusia yang dapat hidup tanpa makan dan minum dalam jangka waktu yang cukup lama, namun secara normalnya manusia, ia ternyata lebih mampu menahan rasa lapar di banding menahan rasa hausnya. Fakta membuktikan.. :D
Title Tags Search:
See Also:
Tips Aman Memilih Atau Memakai Kosmetik, Bagi Kulit Wajah Berjerawat - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Banyak orang terutama wanita kurang meneliti jenis kosmetik atau cara ber-makeup untuk kulit wajahnya. Mereka kurang tahu apakah kosmetik tersebut aman bagi kulit wajahnya. Terutama bagi yang memiliki ... Read More »
Buat Para Pria: Konsumsi Jus Ini, Agar Kualitas Dan Kuantitas Sperma Anda Meningkat - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Anda mau tahu jus apa saja yg bisa meningkatkan kesuburan pria? Mari kita lihat disini. Sebenarnya, tidak hanya wanita yang mengalami masalah kesuburan. Pria juga bisa mengalami masalah kesuburan yang ... Read More »
Lebih Sehat Mana, Antara Putih Telur Dengan Kuning Telur? Ini Faktanya! - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Telur memang banyak manfaatnya untuk kesehatan, baik itu putih telur maupun kuning telurnya. Tapi, pernahkah anda mendengar orang berkata: "Hati-hati lho, kuning telur itu kolesterolnya tinggi, jangan ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share