AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Mon, 23 April 2018 - 03:14:02
Random News
Sahabat, tahukah anda amalan baik apa saja yang sebaiknya dilaksanakan oleh umat muslim di hari Jum ... Read More »
Published: Thu, 18 Feb 2016 - 12:04:22
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 1/3708
Comments: 0/0
Cara Alami Dan Tradisional Ini Ternyata Bisa Menambah Trombosit Pada Penderita Demam Berdarah

Cara Alami Dan Tradisional Ini Ternyata Bisa Menambah Trombosit Pada Penderita Demam Berdarah - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD), di tahap awal penyakit dan tahap pemulihan, beberapa jenis tanaman dan buah bisa dikonsumsi untuk membantu mengatasi kekurangan cairan dan trombosit, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Ini menyambung tulisan sebelumnya tentang Awas Penyakit Demam Berdarah Kenali Gejalanya, dan berikut adalah cara dan bahan alami serta tradisional untuk mengobati penyakit demam berdarah:

1. Jus Daun Pepaya

Caranya:
- 2 helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain, dan ini akan didapatkan 1 sendok makan per helai daun.
- Takarannya 2 sendok makan 1 kali sehari.
- Daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas karena khasiatnya akan hilang
- Ingat: hanya daunnya saja, bukan batangnya atau getahnya.
- Rasanya memang pahit sekali, tetapi tetap harus diminum, karena memang khasiatnya luar biasa.

2. Jambu Biji Merah

Jambu biji merah dihubungkan dengan darah karena warna buahnya yang juga merah. Tanaman ini juga mengandung banyak vitamin C, yang dianggap sebagai antioksidan untuk menambah daya tahan tubuh. Meski belum terbukti secara klinis, buah jambu biji merah disebut-sebut bisa meningkatkan jumlah trombosit. "Meskipun tidak akan begitu membantu jika pasien sudah dalam kondisi berat dan jumlah trombosit turun drastis," kata Setiawan.

Caranya:
- Buah jambu biji merah bisa dibuat jus, sementara daunnya direbus dan diminum.
- Cukup ambil 5-6 lembar daun, lalu rebus dengan 3 gelas air.
- Minum setelah dingin.
- Untuk anak-anak, cukup 2 lembar daun. Tapi, barangkali agak susah kalau anak-anak diberi rebusan daun jambu biji, soalnya rasa yang tidak enak.

3. Angkak (Beras Merah)

Cara kerja klinis angkak belum diketahui secara pasti, karena seperti halnya jambu biji merah, penelitian tentang angkak juga belum banyak. Yang jelas, jika proses penyakit DBD sedang berat, semua cairan tidak bisa terserap melalui pembuluh darah. Jadi, dari pencernaan, cairan langsung dibuang. Kebocoran pada dinding pembuluh darah tidak bisa diatasi dengan cairan apa pun secara oral. Pengobatan satu-satunya hanya dengan memberikan infus cairan.

Caranya:
- Ambil setengah sendok teh beras merah, lalu rebus dan minum setiap hari.
- Untuk anak-anak, cukup seperempat sendok teh.
- Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bisa ditambahkan rebusan daun sambiloto pada rebusan angkak tadi. Cukup 7-8 lembar daun sambiloto. Ini akan membantu kondisi tubuh tidak drop, selain membantu menurunkan demam.

4. Duong-quy (Radix Angelica Sinensis)

Merupakan akar-akaran yang rasanya manis. "Buah ini berfungsi menyehatkan darah, mengatasi sindroma lesu darah, meningkatkan trombosit dan leukosit, serta melancarkan darah," jelas Setiawan. Untuk DBD, rebus 5-10 gram duong-quy dengan 3 gelas air, lalu dinginkan dan minum setiap hari. "Anak-anak cukup 5 gram setiap hari." Minuman ini tidak memiliki efek samping, jadi bisa diminum saban hari untuk menyehatkan darah sekaligus menjaga kondisi tubuh.

5. Gou qi zi (Fructus Lycii)

Buah dari tanaman ini memiliki khasiat tonik yang menguatkan. Rasa buah ini manis dan berfungsi memberi makan darah. Jadi, fungsinya juga untuk menyehatkan darah. Caranya, ambil 6-15 gram qi zi, rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal satu gelas, lalu minum. Untuk anak-anak cukup 6 gram. "Qi zi bisa membantu mempercepat penyembuhan pasien DBD, paling tidak menjaga supaya jumlah trombosit tidak turun drastis." Qi zi dan duong quy bisa direbus dan diminum bersamaan. Bisa juga ditambah angkak, lalu direbus bersama-sama sebelum diminum. Atau ditambah jus jambu biji merah. "Ramuan ini tidak memiliki efek samping, jadi bisa dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh, sekaligus menyehatkan darah." Duong quy dan qi zi bisa diperoleh di toko-toko obat Cina.

6. Jus Kurma

Untuk yang telah positif DBD menurut dokter, ambil 500 gram korma, buang bijinya lalu diblender dicampur dengan 5 gelas air, sampai lembut. Kemudian minumkan pada penderita setiap jam, satu gelas sampai habis. Insya Allah dengan habisnya jus korma tadi, trombosit penderita normal kembali.

Kandungan yang ada pada setiap 100 gram korma. Agar yang lebih berkompeten dapat mempelajari mengapa jus korma mujarab untuk mengobati demam berdarah, yaitu mineral (calsicum 52mg, iron 1,2 mg, magnisium 50 mg, phosphorus 60 mg, patassium 667 mg. sodium 13 mg, choride 271 mg, sulphur 14,7 mg, manganese 4,9 mg, copper 2,4 mg, zinc 1,2 mg, cobalt 1,9 mg).

Vitamin: vitamin A 90 IU, Tharmin B1 93 mg, Ripovlavine B2 144 mg, Biotin 4,4 microgram, Folio Acid 5,4 microgram, Niacin 2,0 mg, Ascorbic Acid 6,1 mg, Glucose 38,5 gms, Fructose 35,5 gms, Other Sugars 3,4 gms, Protein 2,35 gms, Fat 0,43 gms. Energi 323 cal. Demikian yang tertulis dalam dus korma.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Kapan kita tahu pasien DBD kekurangan cairan? Tanda-tandanya antara lain suhu badan menurun, badan terasa dingin, tubuh lesu, mengantuk, nadi melemah (tidak teratur), dan serasa melayang setiap kali berjalan. "Jika tanda-tanda ini muncul, berarti pasien sudah kekurangan cairan. Kalau tidak segera diatasi, bisa-bisa terjadi syok. Jadi, harus segera dibawa ke rumah sakit," kata Setiawan seraya melanjutkan, prinsip pengobatan DBD sebenarnya hanya menambah cairan ke pembuluh darah. "Kalau masih bisa minum, dianjurkan banyak minum.

Tapi, kalau sudah berat, pasien biasanya enggak mau minum dan harus diberi cairan lewat infus." Mengenai jenis cairan apa yang paling baik, khususnya bagi anak-anak, Setiawan menyebut cairan apa saja boleh. "Air putih pun bagus, karena yang utama pada pasien DBD adalah mengisi pembuluh darah dengan cairan supaya darah tidak kental. Cuma, anak-anak khususnya, kan , biasanya susah kalau minum minuman yang tidak ada rasanya atau pahit. Jadi, pada anak-anak, susu atau jus, misalnya, lebih mudah diberikan."

Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : berbagai sumber

----------
#obat-dbd-menaikan-trombosit
#jambu-biji-demam-berdarah
#obat-tradisional-demam-berdarah
#obat-dbd-angkak
#obat-dbd-paling-ampuh
Title Tags Search:
See Also:
Awas Bahaya Menggerakkan Leher Sampai Berbunyi KREK - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Terkadang saat leher terasa pegal, banyak orang menggerakkan lehernya sampai berbunyi "krek" atau "kretek". Dan ternyata kebiasaan ini sangatlah berbahaya. Memang, saat otot-otot leher terasa tegang d ... Read More »
Jus Nanas Dan Manfaatnya Yang Membuat Anda Ternganga - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Apakah Anda sering merasa sakit atau pegal-pegal di leher bagian belakang? Jika jawabannya iya, tak salah lagi pasti itu ada hubungannya dengan koresterol. Kadar koresterol yang tinggi memang sangat r ... Read More »
Agar Tubuh Tetap Langsing Setelah Melahirkan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Biasanya setelah melahirkan, para ibu jadi terlihat tambah gemuk, hal ini bisa disebabkan nafsu makan yang bertambah karena menyusui si buah hati. Tubuh yang kembali langsing pastinya menjadi idaman s ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share