AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Hampir setiap wanita mendambakan serta ingin memiliki tubuh ramping dan langsing. Namun, jika Anda m ... Read More »
Published: Tue, 08 Mar 2016 - 02:16:18
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 649/1094
Comments: 0/0
Cara Mengatasi Sengatan Lebah Atau Tawon Pada Anak Kecil

Cara Mengatasi Sengatan Lebah Atau Tawon Pada Anak Kecil - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Cara Mengatasi Sengatan Lebah Atau Tawon Pada Anak Kecil

Anak-anak yang biasa bermain di kebun atau di taman, tanpa sengaja bisa tersengat serangga. Umumnya sengatan serangga adalah sengatan lebah atau tawon. Akibat sengatan lebah bisa menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. Bahkan, beberapa anak bereaksi sangat hebat, seperti sukar bernapas, bengkak atau gatal-gatal di seluruh tubuh, lemas sampai pingsan.

Menurut AAP, reaksi anak terhadap sengatan serangga sangat tergantung tingkat kepekaannya pada bisa (racun) serangga tersebut. Sementara kebanyakan anak hanya mengalami reaksi yang ringan, mereka yang alergi terhadap racun serangga tertentu akan mengalami gejala yang benar-benar hebat hingga butuh penanganan segera. ”Jika anak tersengat lebah, tindakan penting yang harus diambil adalah secepatnya mengambil sengat lebah yang masih menancap pada luka. Dengan begitu, bisa dicegah kemungkinan masuknya sejumlah besar racun ke dalam tubuh anak,” dr. Wati mengingatkan.

Berikut cara tepat mengambil sengat lebah :

1. Bila sengat terlihat mata, lepaskan secara pelan-pelan dengan "dikorek" (dalam posisi horisontal) dengan kuku Anda. Jangan coba-coba mencubit sengat dengan kuku atau pinset. Bisa-bisa cubitan malah menambah banyak racun yang masuk ke dalam kulit. Area sengatan lebah bisa saja lebih bengkak lagi pada hari kedua atau ketiga.
2. Begitu sengat lepas, basahi handuk kecil dengan air dingin dan berulang kali tekanlah area sengatan untuk meredakan rasa sakit dan bengkak.
3. Segera hubungi dokter anak sebelum mengoleskan apapun, termasuk krem atau losion yang mengandung antihistamin, baking soda, cuka, dan sebagainya. Bila gatalnya sangat hebat, dokter mungkin meresepkan salep cortisone atau obat minum antihistamin.

Yang perlu di perhatikan, pastikan kuku anak selalu pendek dan bersih untuk meminimalkan risiko terinfeksi akibat garukan. Bila ia berbakat alergi, sebaiknya lakukan hal-hal ini:

1. Hindari tempat dimana lebah biasa muncul (taman, makanan manis yang tidak ditutup, dan sebagainya).
2. Jangan biarkan anak mengenakan baju yang berwarna terang atau bermotif bunga (bisa menarik perhatian serangga).
3. Jangan gunakan sabun atau minyak wangi beraroma yang bisa mengundang kedatangan serangga.

Bagaimana dengan pemakaian obat pembasmi serangga? AAP menegaskan, tidak ada efeknya terhadap serangga yang ‘hobinya’ menyengat.


Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : parenting.co.id
----------
#cara-mengobati-sengatan-lebah-yang-sudah-membengkak
#sengatan-lebah-dapat-dinetralkan-dengan-menggunakan
#cara-mengobati-sengatan-tawon-ndas
#mengobati-sengatan-lebah-pada-anak
#khasiat-sengatan-lebah
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 58191
Bookmark and Share