AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Fri, 14 December 2018 - 05:47:04
Random News
Al-Kisah diceritakan, ada seorang wanita yang dikenal taat dalam beribadah. Dia sangat rajin melakuk ... Read More »
Published: Tue, 08 Mar 2016 - 02:16:18
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 3/17678
Comments: 0/0
Cara Mengatasi Sengatan Lebah Atau Tawon Pada Anak Kecil

Cara Mengatasi Sengatan Lebah Atau Tawon Pada Anak Kecil - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Anak-anak yang biasa bermain di kebun atau di taman, tanpa sengaja bisa tersengat serangga. Umumnya sengatan serangga adalah sengatan lebah atau tawon. Akibat sengatan lebah bisa menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. Bahkan, beberapa anak bereaksi sangat hebat, seperti sukar bernapas, bengkak atau gatal-gatal di seluruh tubuh, lemas sampai pingsan.

Menurut AAP, reaksi anak terhadap sengatan serangga sangat tergantung tingkat kepekaannya pada bisa (racun) serangga tersebut. Sementara kebanyakan anak hanya mengalami reaksi yang ringan, mereka yang alergi terhadap racun serangga tertentu akan mengalami gejala yang benar-benar hebat hingga butuh penanganan segera. ”Jika anak tersengat lebah, tindakan penting yang harus diambil adalah secepatnya mengambil sengat lebah yang masih menancap pada luka. Dengan begitu, bisa dicegah kemungkinan masuknya sejumlah besar racun ke dalam tubuh anak,” dr. Wati mengingatkan.

Berikut cara tepat mengambil sengat lebah :

1. Bila sengat terlihat mata, lepaskan secara pelan-pelan dengan "dikorek" (dalam posisi horisontal) dengan kuku Anda. Jangan coba-coba mencubit sengat dengan kuku atau pinset. Bisa-bisa cubitan malah menambah banyak racun yang masuk ke dalam kulit. Area sengatan lebah bisa saja lebih bengkak lagi pada hari kedua atau ketiga.
2. Begitu sengat lepas, basahi handuk kecil dengan air dingin dan berulang kali tekanlah area sengatan untuk meredakan rasa sakit dan bengkak.
3. Segera hubungi dokter anak sebelum mengoleskan apapun, termasuk krem atau losion yang mengandung antihistamin, baking soda, cuka, dan sebagainya. Bila gatalnya sangat hebat, dokter mungkin meresepkan salep cortisone atau obat minum antihistamin.

Yang perlu di perhatikan, pastikan kuku anak selalu pendek dan bersih untuk meminimalkan risiko terinfeksi akibat garukan. Bila ia berbakat alergi, sebaiknya lakukan hal-hal ini:

1. Hindari tempat dimana lebah biasa muncul (taman, makanan manis yang tidak ditutup, dan sebagainya).
2. Jangan biarkan anak mengenakan baju yang berwarna terang atau bermotif bunga (bisa menarik perhatian serangga).
3. Jangan gunakan sabun atau minyak wangi beraroma yang bisa mengundang kedatangan serangga.

Bagaimana dengan pemakaian obat pembasmi serangga? AAP menegaskan, tidak ada efeknya terhadap serangga yang ‘hobinya’ menyengat.


Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : parenting.co.id
----------
#cara-mengobati-sengatan-lebah-yang-sudah-membengkak
#sengatan-lebah-dapat-dinetralkan-dengan-menggunakan
#cara-mengobati-sengatan-tawon-ndas
#mengobati-sengatan-lebah-pada-anak
#khasiat-sengatan-lebah
Title Tags Search:
See Also:
Awas Kucing Juga Bisa Kena Rabies - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ternyata bukan hanya anjing, kucing juga bisa kena rabies, kalo kamu pencinta kucing pasti ingin tau kan gimana ciri-ciri kucing yang kena rabies.

Nah ini dia ciri-cirinya:

1. Kucing berjalan sa ... Read More »
Tentang Apa Itu Demam Dengue Shock Syndrome (DSS) - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Pada umumnya, Infeksi Dengue ini disebabkan oleh virus. Biasanya muncul dalam bentuk demam. Kadang-kadang pasien yang menderita dengue akan mengalami perdarahan. Daerah-daerah perdarahan yang umum ter ... Read More »
Aneka Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kulit Wajah - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kulit di wajah termasuk bagian kulit tubuh yang sensitif. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit wajah adalah menetralisir racun. Wajah kita yang sehari-hari terpapar sinar matahari dan juga polus ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 28039
Bookmark and Share