AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Fri, 27 April 2018 - 08:03:39
Random News
Musim hujan, anak-anak rawan akan terserang berbagai macam penyakit. Terutama penyakit flue, batuk d ... Read More »
Published: Mon, 07 Mar 2016 - 03:04:17
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 2/46185
Comments: 0/0
Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Wanita yang sedang hamil dan ingin menjaga berat badan supaya ideal dan tidak naik berlebih, namun tidak mengganggu kesehatan janin yang di kandungnya. Bagaimana caranya?

Ada beberapa poin penting atau cara khusus dalam menjaga berat badan saat hamil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Makanan Padat Gizi
Semasa hamil, wanita dianjurkan mengonsumsi makanan padat gizi, seperti daging tanpa lemak, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, telur, dan biji-bijian untuk menjaga berat badan. Juga membiasakan makan dengan porsi kecil, namun sering. Jika ingin ngemil, sebaiknya memilih yoghurt dengan buah segar, kacang dengan kismis, baby wortel, keju, dan cracker gandum, serta telur rebus.

2. Makan Secukupnya
Sesuai anjuran dokter, wanita hamil supaya menjaga pola makan dengan mempertimbangkan nilai gizi dari semua asupan yang masuk ke tubuh. Ingat, saat hamil, Anda tidak perlu makan 2 kali lipat. Makan secukupnya saja, karena porsi berlebihan tidak akan baik untuk bumil dan janin. Dengan melakukan hal itu, di kehamilan pertama anda akan terbukti kenaikan berat badan tidak terlalu banyak.

3. Naik Turun Tangga
Saat hamil, wanita bisa makan sampai 5 kali sehari dengan gizi lengkap. Dalam sehari, sebaiknya mengonsumsi air putih 2 liter, makan buah atau minum jus 2 gelas, minum susu UHT strawberry 500 ml dan NAIK TURUN tangga rumah atau parkiran ataupun kantor sebagai pengganti olahraga. Hasilnya, berat badan anda akan naik secara normal di kehamilan pertama, yaitu sekitar 15 kg. Sedangkan di kehamilan kedua, berat badan anda bisa naik sekitar 8 kg. Lengan, wajah, pinggang dan betis tidak mengalami perubahan, hanya perut saja yang membesar.

4. Rajin Menimbang
Entah mengapa saat mengandung, anda mungkin tidak suka makan salah satu jenis makanan, misalnya sayur. Jadi, untuk menjaga kenaikan berat badan dan tetap mengonsumsi makanan bergizi, anda bisa banyak makan daging, serta buah-buahan. Anda juga harus rajin menimbang badan. Jika kenaikan beratnya sudah terlalu banyak, anda sebaiknya memperbanyak konsumsi buah. Selain itu, anda tetap makan teratur 3 kali sehari.

5. Kurangi Gula
Untuk mencegah kenaikan berat badan selama hamil, anda sebaiknya tidak mengonsumsi es, cokelat dan juga makanan dan minuman lain yang mengandung gula. Selain itu, anda bisa rajin jalan pagi keliling di jalan dekat rumah. Meski kadang malas, sebaiknya anda mencoba disiplin jalan pagi dan ajaklah suami untuk selalu menemani melakukannya. Jadi, rasa lelahnya terlalu tidak terasa.


Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : motherandbaby.co.id
----------
#menjaga-berat-badan-ibu-hamil
#cara-mengendalikan-berat-badan-saat-hamil
#mengontrol-berat-badan-saat-hamil
#cara-mengontrol-kenaikan-berat-badan-saat-hamil
#cara-kontrol-berat-badan-saat-hamil
Title Tags Search:
See Also:
Tips Cara Menjaga Kualitas Sperma Yang Bagus Pada Pria - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Mungkin banyak diantara kaum pria yang tidak tahu soal seberapa bagus tidaknya kualitas sperma dia. Kualitas sperma yang bagus akan berdampak pada cepat tidaknya kehamilan istri atau pasangannya. Sema ... Read More »
Tahukah Anda Perbedaan BPJS Ketenagakerjaan Dengan BPJS Kesehatan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sebelumnya kami minta maaf, soalnya lama kami tidak update info dan berita di AnekaNews. Dikarenakan admin yang satu sibuk dan lainnya lagi sakit.

Oh ya, ngomong-ngomong soal BPJS, setelah bertrans ... Read More »
Ternyata, Kombinasi Kunyit Dan Madu Adalah Antibiotik Alami Terbaik Di Dunia - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sebagian besar dari kita telah memiliki pengalaman menggunakan kunyit sebagai bumbu masakan, sementara hanya sedikit yang tahu bahwa kunyit dan kombinasi madu (kami menyebutnya dengan istilah “madu ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 42982
Bookmark and Share