AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sun, 22 September 2019 - 19:48:40
Random News
Dalam perjalanan memakai mobil, selain resiko ban kempes, yang paling susah adalah saat mobil tiba-t ... Read More »
Published: Tue, 08 Sep 2015 - 14:34:31
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 3/2122
Comments: 0/0
Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Teh Hijau

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Teh Hijau - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Teh Hijau

Anda punya kolesterol tinggi? Ada cara mudah menurunkan kolesterol tinggi, salah satunya dengan mengkonsumsi Teh Hijau.

Khasiat teh hijau untuk kesehatan terus digali para ahli. Temuan terbaru mengungkapkan minuman ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), meski hanya sedikit. Hal ini bisa menjelaskan mengapa kebiasaan minum teh hijau berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Peneliti dari China, Xin-Xin Zheng dan timnya dari Peking Union Medical College, Beijing, China melakukan kajian dan polling terhadap 14 hasil studi mengenai teh hijau.

Dalam setiap penelitian para peneliti secara acak membagi partisipan ke dalam dua kelompok, yakni kelompok yang minum teh hijau atau ekstraknya selama 3 minggu sampai 3 bulan, serta kelompok yang mendapat preparat inaktif.

Secara umum, mereka yang berasal dari kelompok teh hijau memiliki kolesterol total 7,2 mg/dL lebih rendah dibanding kelompok pembanding. Selain itu kadar LDL atau kolesterol jahat 2,2 mg/dL lebih rendah atau memiliki penurunan lebih dari dua persen. Sementara itu tidak ada perbedaan nilai kolesterol baik (HDL) pada dua kelompok ini.

Bahan aktif yang berperan dalam menurunkan kolesterol diduga adalah katekin yang akan mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

Meski memiliki manfaat penurunan kolesterol namun para ahli mengingatkan bahwa efek penurunannya sangat kecil. "Minum teh hijau tidak bisa dianjurkan untuk pasien yang sudah terlanjur memiliki kolesterol tingi," kata Nathan Wong, peneliti.

Para ahli juga mengkhawatirkan adanya efek samping dari konsumsi teh hijau yang terlalu tinggi. Beberapa penelitian telah mengaitkan bahaya kerusakan liver. Teh hijau juga bisa berinteraksi dengan obat-obatan sehingga mengurangi efektivtiasnya.

Penurunan kolesterol tetap harus dilakukan dengan modifikasi gaya hidup dan meliputi berbagai sisi, seperti pola makan, olahraga, dan obat-obatan jika perlu. Akan tetapi teh hijau bisa dimasukkan ke dalam pola makan yang baik untuk jantung.

#Cegah-Kolesterol


Sumber Referensi: health.kompas.com
Title Tags Search:
See Also:
Bahaya Minum Dingin Setelah Makan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Bahaya Minum Dingin Setelah Makan

Seakan sudah jadi kebiasaan banyak orang, minum minuman dingin setelah makan. Memang enak, minum air dingin usai makan, seperti : Cola dingin, teh manis dingin, es krim atau sirup dingin lainnya. Tapi ... Read More »
Tips Cara Paling Mudah Mengatasi Cegukan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tips Cara Paling Mudah Mengatasi Cegukan

Anda tahu cegukan? Atau mungkin anda pernah mengalami cegukan? Ya, Cegukan pada umumnya terjadi karena manusia mengalami sesuatu hal kelainan dibagian pernafasannya atau bisa dikatakan lebih tepat den ... Read More »
Beberapa Buah Dan Sayuran Sebagai Penambah Darah Alami - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Beberapa Buah Dan Sayuran Sebagai Penambah Darah Alami

Buah dan sayuran ini sangat mudah kita dapat di pasar, di kota maupun desa. Dan ternyata beberapa buah dan sayuran ini mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk menambah darah secara alami.

Dibawah ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share