AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Fri, 17 August 2018 - 04:33:45
Random News
Buat wanita yang sedang mencari pasangan hidup dan pengen mengetahui kira-kira calon sobat ini pria ... Read More »
Published: Sat, 15 Oct 2016 - 02:53:49
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 2/1191
Comments: 0/0
Cara Mudah Mengatasi Masalah Sulit Tidur Karena Minum Kopi

Cara Mudah Mengatasi Masalah Sulit Tidur Karena Minum Kopi - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Pada umumnya, setelah anda minum kopi masalah yang kerap dihadapi adalah kesulitan tidur. Padahal, esok harinya anda harus kembali beraktivitas.
Tapi jangan khawatir, ada cara sederhana untuk mentrelkan kafein. Seperti dirangkum Detik Health dari Foxnews.

Berikut ini adalah cara mudah berikut ini bisa dilakukan saat Anda kesulitan tidur karena konsumi kopi yang terlalu banyak.

1. Minum Segelas Susu Hangat

Segelas susu hangat banyak mengandung triptofan, sejenis protein yang di dalam tubuh akan diubah menjadi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini sangat dibutuhkan untuk menghadirkan rasa kantuk sebelum seseorang bisa jatuh tertidur.

Sepotong roti untuk menemani susu hangat juga bisa membantu, karena kandungan karbohidrat di dalamnya akan merangsang insulin yang bisa meningkatkan efek triptofan. Pilih roti yang tidak terlalu manis, karena lebih berisiko memicu kegemukan.

2. Ciptakan Suasana Yang Tenang

Di bawah pengaruh kafein, tubuh membutuhkan usaha lebih keras untuk bisa tertidur. Agar lebih mudah, sebisa mungkin jangan sampai ada benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian seperti TV, komputer, ponsel serta video game di kamar tidur.

Meski benda-benda tersebut sudah disingkirkan, kadang-kadang masih ada suara berisik yang memang sulit dihindari seperti bunyi kulkas atau suara kucing yang sedang berkelahi. Suara berisik semacam ini bisa dinetralkan dengan menyetel musik yang berirama menenangkan atau sering disebut 'white noise' seperti suara ombak di pantai atau hembusan angin menerpa pohon pinus di pegunungan.

3. Lakukan Gerakan-gerakan Ringan

Berbagai penelitian membuktikan olahraga secara teratur bisa mengatasi gangguan susah tidur. Namun dalam kondisi darurat ketika butuh segera tidur, olahraga ringan yang dilakukan sekali waktu juga bisa membantu menetralkan efek kafein akibat kebanyakan minum kopi.

Lakukan gerakan-gerakan kalestenik atau tanpa alat, misalnya push up atau jumping jacks (meloncat-loncat sambil melakukan gerakan buka-tutup dengan kaki dan tangan). Jangan berlebihan, karena jika terlalu banyak keringat yang keluar maka tubuh akan terasa tidak nyaman dan semakin susah tidur.

4. Lakukan Relaksasi Mental Secara Aktif

Jika ketiga cara di atas sudah dilakukan tetapi belum juga bisa tidur, lakukan relaksasi secara aktif. Salah satunya dengan memalingkan pandangan mata dari jam dinding atau sejenisnya yang akan mengingatkan bahwa malam semakin larut karena dampaknya justru akan semakin gelisah.

Cara berikutnya adalah duduk senyaman mungkin sambil membaca majalah yang isinya artikel-artikel ringan dan menghibur. Bisa juga dengan langsung berbaring di ranjang, menutup mata lalu berkonsentrasi penuh membayangkan obyek yang menenangkan misalnya suasana air terjun di pegunungan.


Semoga bermanfaat.
----------
#cara-menghilangkan-efek-kopi-agar-bisa-tidur
#kenapa-minum-kopi-tidak-bisa-tidur
#cara-agar-bisa-tidur-setelah-minum-kopi
#penetral-efek-kopi
#mengatasi-tidak-bisa-tidur-karena-kopi
Title Tags Search:
See Also:
Tips Cara Mengatasi Stress Saat Hamil - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah anda, Stress merupakan kondisi medis yang paling akrab dengan ibu atau wanita hamil, hal ini dipicu oleh penurunan kondisi fisik dan kesalahan dalam manajemen pikiran sang ibu. Jika dibiarkan ... Read More »
Percayakah Anda Jinten Hitam Adalah Obat Kanker Dan Aids - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Jinten hitam atau Habbatussauda adalah obat Kanker dan Aids yang paling mujarab yang direkomendasikan oleh Rasulloh SAW. Hal ini juga diperkuat oleh hadist shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Mu ... Read More »
Bahaya Memakai Popok Terlalu Lama Pada Anak - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Biasanya orangtua akan malas mengganti popok si anak kecil, jika belum basah atau penuh. Terutama jika pakai popok kertas sintetis buatan pabrik (pampers). Ini berbahaya lho!

Dalam perkembangan si ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 99978
Bookmark and Share