AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Mon, 22 July 2019 - 21:17:46
Random News
Selama ini kita berfikir salah tentang usia pensiun, dan kita beranggapan bahwa saat kita memasuki u ... Read More »
Published: Fri, 12 Feb 2016 - 17:34:39
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 3/3958
Comments: 0/0
Cara Mudah Mengetahui Madu Asli Atau Palsu

Cara Mudah Mengetahui Madu Asli Atau Palsu - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Cara Mudah Mengetahui Madu Asli Atau Palsu

Madu memang sangat baik untuk kesehatan, karena kandungan mineral dan vitamin didalam madu itu memang di butuhkan oleh tubuh kita. Tapi di pasaran banyak madu "aspal" asli tapi palsu, yang di jual bebas. Nah bagaimana kita bisa mengetahui bahwa madu itu asli atau palsu?

Sebelum kita bahas lebih lanjut, kenali dulu perbedaan antara madu asli atau palsu tersebut. Apa sih bedanya? Bukannya semua madu sama ya? Eits... Tunggu dulu, sebagai seorang pembeli kita musti kenal hal ini. Silahkan simak:

1. Dari segi aroma madu asli punya bau yang khas, sedangkan madu palsu tidak.

2. Apabila madu dan air disatukan, madu asli akan menjadi keruh, itulah madu asli dan madu palsu akan menjadi bening.

3. Madu asli kalau dipegang cenderung kesat dan lekat (kayak oli gardan kental), sedangkan madu palsu cenderung licin.

4. Dari segi kandungan, madu asli mengandung fruktosa, glukosa, enzim, dan berbagai macam vitamin. Madu palsu mengandung sukrosa (gula) dan air. (kalau perlu di bawa saja ke laboratorium)

5. Madu asli itu diproduksi atau dipanen oleh lebah dari berbagai nektar bunga. Madu palsu dibuat oleh manusia dengan berbagai bahan baku: sirup (glucose, fructose, sucrose), caramel, tapioka, soda yang dapat membahayakan tubuh.

6. Madu asli warnanya tidak sama, tergantung bunga yang dihisap lebah dan kadar airnya. Madu palsu warnanya sama. (jika ada beberapa botol yang di jual, tapi ini kurang meyakinkan)

7. Madu asli memiliki kekentalan juga tidak sama, tergantung kondisi cuaca pada saat panen karena bergantung pada alam. Madu palsu warna serta kekentalannya cenderung sama, karena dibuat oleh manusia sesuai aturan baku. (jika ada beberapa botol yang di jual, tapi ini juga tidak begitu meyakinkan)

Dengan mengetahui perbedaan antara madu asli dan palsu di atas, otomatis kita bisa mengetahui keaslian madu tersebut.

--------

Kita lanjut cara nya, supaya lebih tahu perbedaan madu itu asli atau palsu.

1. Aduk pakai air.
Aduk atau goyang-goyangkan madu dalam wadah yang berisikan air. Nanti akan terlihat air membentuk gambar sarang lebah, jika madu tersebut asli.

2. Dengan memanaskan
Panaskan madu dalam sebuah sendok kemudian biarkan sampai beberapa waktu. Kalau menguap habis, berarti madu itu palsu.

3. Dengan telur ayam kampung
Campurkan madu dengan telur ayam kampung. Masukkan telur ayam kampung ke dalam wadah gelas lalu dicampur dengan madu. Beberapa saat kemudian akan nampak bila madu itu asli kuning telur menggumpal, bila dimakan rasanya seperti sudah dimasak.

4. Dengan air dingin
Dengan meneteskan madu ke dalam gelas yang berisi air dingin, dan jangan di aduk. Bila madunya asli maka madu tersebut akan akan langsung jatuh ke dalam dasar gelas dan tidak berpendar sebelum di aduk.

5. Dengan kertas koran
Teteskan madu pada selembar kertas koran atau kertas hvs (fotokopi), bila madunya asli, maka madu tersebut tak akan merembes pada kertas tadi.

Demikianlah cara mengetahui madu asli atau palsu. Dan ini hanya buat pertimbangan saja, ketika anda membeli sebotol madu di pasaran. Semoga bermanfaat.

#Madu-Asli #Madu-Palsu
Title Tags Search:
See Also:
Ini Dia Aneka Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Tubuh - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ini Dia Aneka Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Tubuh

Kita tahu kacang panjang sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang, karena harganya murah, sayuran hijau yang satu ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, terutama untuk kaum wanita.
... Read More »
Bahaya Tidak? Kalau Anak Suka Bermain Sama Kucing - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Bahaya Tidak? Kalau Anak Suka Bermain Sama Kucing

Dirumah banyak orang yang memelihara hewan piaraan, terutama Kucing. Kucing yang lucu, aktif dengan ekor panjang, bulu halus dan suara yang manja pastinya akan membuat anak-anak pun tertarik untuk men ... Read More »
Awas Gejala Kanker, Jangan Abaikan Hal-hal Ini - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Awas Gejala Kanker, Jangan Abaikan Hal-hal Ini

Terkadang kita biasa mengabaikan penyakit-penyakit ini. Misalnya : Batuk, sering disimpulkan bahwa ini disebabkan oleh demam, dan mengabaikan pengobatan. Benjolan di payudara, umumnya wanita akan berp ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share