AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sun, 22 April 2018 - 17:23:54
Random News
Anda pernah melihat sebuah mobil lampu spoiler belakangnya kedip-kedip? Ingin memasang alatnya, agar ... Read More »
Published: Tue, 03 Jan 2017 - 10:27:05
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 2/809
Comments: 0/0
Ini Alasannya, Mengapa Air Rebusan Mie Instan Perlu Di Buang

Ini Alasannya, Mengapa Air Rebusan Mie Instan Perlu Di Buang - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Sudah kita ketahui, bahwa Mie instan merupakan salah satu makanan yang paling mudah ditemukan, praktis, dan disukai banyak orang karena rasanya yang enak. Daya simpannya yang lama juga membuat mi instan kerap menjadi pilihan untuk mereka yang tinggal sendiri, namun tak punya waktu untuk memasak.

Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi mi instan disinyalir akan menimbulkan banyak efek negatif bagi tubuh oleh karena kandungan bahan pengawet atau penyedap rasanya. Kemudian, selain kandungan karbohidrat, mi instan tak cukup memiliki kandungan vitamin, mineral, atau serat, yang bermanfaat bagi tubuh. Sehingga, pada dasarnya mi instan tidak cukup memiliki nutrisi bagi keseimbangan gizi tubuh manusia.

"Namun yang paling berbahaya adalah adanya kandungan bahan pengawet, MSG (monosodium glutamat), dan bahan pewarna makanan yang ada di dalam mi instan," ungkap dr Patricia Wijaya, dokter ahli kecantikan dari Beauty Inc. kepada Kompas Female, usai peluncuran produk mi instan baru di Swiss Bel Hotel, Jakarta Pusat.

Kandungan bahan berbahaya dalam mi instan ini didapatkan dari proses pengolahan sampai proses pengawetan yang dilakukan dengan cara menggoreng mi sampai kering. Proses penggorengan biasanya menggunakan minyak goreng, yang membuat air rebusan menjadi keruh dan sedikit berminyak ketika direbus.

"Banyak orang yang mengatakan bahwa air rebusan pertama ini harus dibuang agar pengawetnya hilang. Namun sebenarnya zat pengawet ini tidak akan hilang," tukas dr Patricia.

Air rebusan mi instan yang pertama akan mengeluarkan minyak dan zat kimia lainnya yang mungkin saja digunakan untuk membuatnya. Namun, bahan pengawet dan kandungan lain yang berbahaya bagi kesehatan ketika diolah lebih lanjut ini tidak akan hilang 100 persen. Ia hanya akan berkurang sedikit ketika air rebusan pertama dibuang.

Kandungan minyak, bahan pengawet, MSG, dan zat pewarna masih akan tetap menempel pada mi instan meski kadarnya sudah berkurang beberapa persen. Perlu Anda ketahui, penggunaan bahan pengawet tak selamanya membahayakan, karena produsen mi instan tentunya harus mengikuti standar aman yang ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Namun kandungan bahan kimia ini masih berpotensi untuk menyebabkan berbagai gangguan kesehatan bila dikonsumsi secara rutin. "Efek yang dirasakan memang adalah efek jangka panjang, misalnya gangguan pencernaan, konstipasi, sampai kanker pencernaan, dan lainnya," tukasnya.

Dalam jangka panjang, bahan kimia tersebut juga akan sangat berbahaya bagi kecantikan wajah dan kulit. Kulit menjadi lebih kering, yang kelak akan menimbulkan berbagai gejala penuaan dini. Selain itu, mi instan juga akan merusak program diet Anda, karena kadar kalorinya tinggi. Sekali lagi, boleh-boleh saja menikmati mi instan, tetapi sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering. Jangan menjadikan mi instan sebagai makanan utama, melainkan sebagai jajanan selingan saja. Tetaplah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.



Sumber referensi : female.kompas.com

Semoga bermanfaat.
----------
#bahaya-air-rebusan-mie-instan
#air-rebusan-mie-jangan-dibuang
#kandungan-air-rebusan-mie-instan
#bahaya-indomie-campur-nasi
#merk-mie-instan-yang-aman-dikonsumsi
Title Tags Search:
See Also:
Tips Agar Tidak Diserang Rasa Malas Dan Loyo Saat Berpuasa - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Alhamdulillah, sudah tengah hari saja nih, masih puasa kan? Ya haruslah ya, kecuali buat kaum perempuan yang sedang berhalangan, atau mereka yang sedang terganggu kesehatannya. Kembali kesoal puasa, ... Read More »
10 Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Panas Atau Kemarau - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Saat pergantian musim hujan ke musim kemarau, banyak orang yang terkena berbagai penyakit. Seperti flu, batuk, demam dan sebagainya. Perubahan suhu dan kondisi tubuh yang tidak fit akan mudah terseran ... Read More »
Hindari 10 Kebiasaan Buruk Ini, Karena Bisa Merusak Otak - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah anda, Otak merupakan struktur pusat pengaturan. Otak manusia memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, ger ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 33968
Bookmark and Share