AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 23 November 2017 - 05:18:57
Random News
Pada umumnya Garam biasa digunakan sebagai bumbu pelengkap yang menciptakan rasa asin dalam masakan. ... Read More »
Published: Sat, 20 Feb 2016 - 03:33:15
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 2/2916
Comments: 0/0
Ini Manfaat Berenang Untuk Perkembangan Bayi Dan Anak Kecil

Ini Manfaat Berenang Untuk Perkembangan Bayi Dan Anak Kecil - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Berenang tidak hanya untuk dilakukan oleh orang dewasa, remaja maupun anak kecil, tetapi juga bisa di ajarkan sejak bayi. Disini, Saya ingin berbagi pengalaman tentang bayi saya pada usia 2 bulan lebih, sejak usia tersebut saya rutin untuk ajak bayi saya berenang sampai usia sekarang ( 14 bulan ), dan Alhamdulillah usia 11 bulan sudah terlihat hasil dari rutinitas berenang, anak saya sudah dapat berjalan.

Dibandingkan dengan anak adik saya atau tetangga saya dengan umur yang sama bahkan lebih. Dan ternyata manfaat berenang bagi anak sangat baik bagi perkembangan motoriknya si anak. Dibawah ini foto kaylila pada usia 2 bulan.

Sebelum berenang sebaiknya si anak melakukan beberapa hal diantaranya :

1. Berikan ASI/susu formula sebelum berenang.
2. Pilih waktu yang tepat juga bun, yaitu saat dimana bayi tidak mengantuk.
3. Melakukan pemanasan, jika ibu baru pertama kali ajak si anak berenang sebaiknya di tempat yang menyediakan Baby Spa karena petugas akan memberi pemanasan pada si anak.
4. Setelah berenag, berikan ASI/susu formula biasanya si anak akan sangat lapar setelah berenag.
5. Yang terakhir jangan lupa bawa kamera bun he he he ......

Jika ibu ingin melakukan di rumah sendiri sebaiknya yang pertama disiapkan adalah yang pertama ibu harus beli Neck ring dan yang kedua kolam renang yang terbuat dari plastik dengan kedalaman cukup sehingga si anak dapat leluasa bergerak. Dan yang harus diperhatikan temperatur air agar tidak terlalu dingin ( sebaiknya kuraNG lebih 34-35 C) serta jangan kelamaan acara renangnya cukup 15-20 menit saja jika usia masih 2 - 15 bulan.

Dari beberapa manfaat berenang bagi anak, ternyata aktivitas bermain air ini juga memiliki segudang manfaat untuk anak - anak, diantaranya :

1. IQ LEBIH TINGGI
Suatu penelitian di Melbourne, Australia mengukur IQ anak yang berusia 10 tahun. Ternyata anak yang diajarkan berenang sejak bayi memiliki IQ lebih tinggi dari pada anak - anak yang tidak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Karena gerakan anggota badan si anak saat berenang dapat merangsang pertumbuhan sarat otak.

2. KEMAMPUAN SOSIAL
Berenang bersama - sama dikolam umum dengan anak atau anak yang lainnya mengasah kemampuan beradaptasi dan bersosialisasi.

3. MEMBERIKAN STIMULASI PADA MOTORIK
Bermain air akan membuat saraf dan otot si anak berkembang, dengan adanya gerakan semua bagian tubuh si anak akan terlatih walaupun tekniknya belum sempurna.

4. MELATIH PERCAYA DIRI ANAK
Berenang dengan kolam luas bersama orang tua akan mendorong si anak menjadi berani dan percaya diri dengan adanya ikatan emosi si anak. Karena bereng tidak hanya bermanfaat dari segi fisik saja, dengan sentuhan, interaksi hangat saat mendampingi si anak kolam renag akan membuat jalinan emosi lebih kuat.

5. MEMBENTUK TUBUH
Dengan berenang tubuh si anak akan membentuk setiap otot di tubuh, serta sikap si anak menjadi lebih baik. Karena berenang merupakan satu olah raga yang melatih setiap otot tubuh dan tubuh menjadi bagus.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi ibu yang memiliki si kecil yang lucu, imut , pintar dan yang pasti si kecil yang soleh, solehah sampai akhir jaman. aamiin. Selamat mencoba..

Sumber Referensi : post on facebook.com

#Manfaat-Berenang-Untuk-Bayi #Manfaat-Berenang-Untuk-Anak
Title Tags Search:
See Also:
Awas Bahaya! Jika Anda Sering Menahan Kencing Terlalu Lama - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Musim hujan masih belum berakhir, cuaca yang dingin, angin yang banyak membuat kita bolak-balik ke kamar mandi. Akibat terlalu sering membuang air kecil kita jadi malas untuk bolak-balik ke kamar mand ... Read More »
Ini Dia Makanan Penyubur Sperma - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah anda, tanpa kita sadari makanan yang masuk ke tubuh kita, ternyata bisa mempengaruhi kesuburan sperma pada pria. Pola makan yang buruk dapat menurunkan kualitas dan kuantitas dari sperma. Kare ... Read More »
Jika Anak Anda Terlambat Berjalan, Mungkin Ini Penyebabnya - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Orang tua pasti kawatir dan bertanya-tanya, mengapa si kecil terlambat berjalan? Sebagai orangtua, pastinya akan mulai cemas saat anak kita terlihat terlambat berjalan dibandingkan teman-teman sebayan ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share