AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Para pengunjung yang ingin melihat hamparan pohon kurma sekaligus menikmati sajian berbau kurma, tak ... Read More »
Published: Wed, 21 Oct 2015 - 05:48:41
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 558/992
Comments: 0/0
Inilah Manfaat Kecambah Atau Tauge Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Kecambah Atau Tauge Untuk Kesehatan - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Inilah Manfaat Kecambah Atau Tauge Untuk Kesehatan

Tahukah anda dan siapa sangka, tanaman kecil yang sering diolah menjadi salah satu bahan dari pecel ini memiliki manfaat yang besar bagi tubuh kita. Kecambah adalah tumbuhan kecil yang baru tumbuh dari biji kacang-kacangan (terutama dari biji kacang hijau) yang disemaikan atau melalui perkecambahan. Nah, Kecambah yang dibuat dari biji kacang hijau itulah yang disebut Tauge.

Vitamin yang ditemukan dalam tauge adalah vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, asam pantothenik, vitamin B6, folat, kolin, β-karoten, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K.

Mineral yang ditemukan dalam tauge adalah kalsium, besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, zinc, tembaga, mangan, dan selenium.

Asam amino esensial bermanfaat yang terkandung dalam tauge, antara lain: triptofan, treonin, fenilalanin, metionin, lisin, leusin, isoleusin, dan valin.

Kandungan vitamin E dinilai sebagai kandungan antioksidan yang paling besar kadarnya dalam tauge jika ditinjau dari efek antioksidan yang dapat ditimbulkannya. Vitamin E di alam yang terbanyak adalah dalam bentuk a-tokoferol dan bisa ditemukan dalam tauge. Senyawa a-tokoferol ini telah diketahui sebagai antioksidan yang mampu mempertahankan integritas membran sel. Senyawa ini juga dilaporkan bekerja sebagai scavenger atau penangkap radikal bebas.

Sebagai antioksidan, vitamin E berfungsi sebagai donor hidrogen yang mampu mengubah radikal peroksil menjadi radikal tokoferol yang kurang reaktif, sehingga tidak mampu merusak rantai asam lemak. Menurut Zakaria dalam Winarsi (2007), kandungan vitamin E dalam kecambah kacang hijau adalah 1,53 mg per 10 gr.

Tauge juga dikenal bagus untuk kesuburan, terutama bagi kaum pria. Kandungan selenium dalam tauge mampu memperbaiki dan menjaga kualitas sperma tetap sehat dan baik. Dengan semakin baiknya kualitas sperma pria maka angka kemandulan pada pria akan semakin menurun.

Nah, Terbukti kan bahwa tauge memiliki banyak kandungan zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Jangan ragu lagi utk memilih olahan tauge sebagai salah satu hidangan favoritmu. :)

#Manfaat-Tauge


Sumber Referensi: akun twitter @ILMAGI
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share