AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sun, 23 September 2018 - 04:43:21
Random News
Menggoreng ikan lele seperti yang kita lihat di tukang pecel lele kelihatannya sederhana dan mudah s ... Read More »
Published: Wed, 06 Apr 2016 - 08:43:58
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 1/2997
Comments: 0/0
Kenali Gejala, Ciri Dan Tanda Penyakit Asam Urat Tinggi

Kenali Gejala, Ciri Dan Tanda Penyakit Asam Urat Tinggi - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Untuk mengenali gejala, ciri-ciri atau tanda-tanda penyakit Asam Urat, sangat perlu bagi setiap orang agar bisa bersikap waspada. Penyakit asam urat adalah sejenis radang sendi meskipun sangat berbeda dengan rematik . Rasa sakit yang ditimbulkan sangatlah menyiksa. Penyakit asam urat datangnya tak terduga dan berlangsung cepat. Penyakit ini bahkan bisa menyerang orang-orang yang secara ekonomi berkecukupan, namun kurang memperhatikan pola makan tentunya.

Dari berbagai sumber informasi tersebut, kami bertekad menggali informasi seputar penyakit asam urat, pencegahan dan pengobatannya. Dengan membaca dan memahami sejelas-jelasnya tentang penyakit asam urat berarti peduli dan sayang kepada dirinya sendiri dan orang-orang yang anda cintai.

Catatan di Negara-negara barat, lebih dari separo dari seluruh penderita penyakit asam urat dimana penyakit asam urat dimulai pada jempol kaki dan 90 persen pasien penyakit asam urat akan mengalami rasa sakit pada jempol kaki di beberapa titik selama berlangsungnya serangan penyakit. Jika tidak diobati secara tepat, asam urat tinggi dan penyakit asam urat pada waktunya akan mengenai lebih banyak persendian, termasuk kura-kura kaki, pergelangan kaki, tumit, lutut, urat keting, pergelangan tangan, jari juga siku.

Gambaran tentang penyakit asam urat dapat dikenali dari ciri-ciri penyakit asam urat atau tanda-tanda penyakit asam urat berikut:

1. Penyakit asam urat ditandai dengan timbulnya rasa nyeri dan pembengkakan atau peradangan di satu atau beberapa titik persendian.
2. Rasa nyeri dari serangan penyakit asam urat bertingkat mulai dari yang paling ringan sampai yang paling menyiksa.
3. Penyakit asam urat biasanya terjadi secara mendadak. Serangan mendadak biasanya berlangsung cepat selama beberapa jam.
4. Sendi jempol kaki adalah sendi yang paling banyak terkena serangan penyakit asam urat. Namun sendi sendi lain seperti di bagian pinggul atau bahkan punggung juga bisa terkena serangan. Setiap sendi dapat terpengaruh. Kadang-kadang dua atau lebih sendi yang terpengaruh.
5. Sendi yang terkena biasanya membengkak dan kulit di dekatnya mungkin terlihat merah dan meradang.
6. Pada saat penyakit asam urat menyerang, untuk berjalan saja bisa terasa sangat menyakitkan bahkan susah untuk bergerak.
7. Jika dibiarkan tidak diobati, serangan penyakit asam urat dapat berlangsung beberapa hari tetapi biasanya berjalan penuh dalam 7-10 hari.
8. Serangan yang lebih ringan dapat terjadi yang mungkin pada awalnya dipandang keliru sebagai radang sendi lainnya.


Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala-gejala penyakit asam uratyang biasa dialami oleh penderita penyakit asam urat yaitu:

1. Pada waktu pagi yaitu pada saat bangun tidur dan pada waktu malam hari biasanya persendian terasa nyeri.
2. Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi berulang kali.
3. Rasa nyeri di persendian, linu, ngilu, kesemutan, membengkak dan meradang berwarna kemerahan.
4. Nyeri di persendian biasanya terjadi di bagian seperti jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, siku, tumit dan dengkul.
5. Untuk kasus yang lebih parah persendian akan mengalami rasa sakit yang amat dan sulit untuk bergerak.


Tahapan Penyakit Asam Urat

Ada empat tahapan penyakit asam urat yang oleh profesional medis digunakan untuk menggolongkan penyakit asam urat berdasarkan tingkat keparahannya. Dengan pengelolaan yang baik dari pola hidup dan penggunaan obat yang tepat bisa menghindari serangan di masa depan dan mencegah kerusakan sendi.

1. Asam Urat Tinggi ( Hyperuricemia asimtomatik )
Selama tahap ini, seseorang tidak memiliki gejala penyakit asam urat, tetapi kadar asam urat di atas 6,0 mg / dL. Pengobatan biasanya tidak diperlukan. Banyak orang akan mengalami peningkatan kadar asam urat selama bertahun-tahun sebelum serangan pertama mereka, sehingga pemantauan rutin kadar asam urat dan membuat penyesuaian diet dan gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi serangan di masa depan. Tidak semua orang dengan asam urat tinggi mendapat gout, namun semakin tinggi asam urat, semakin besar kemungkinan itu.

2. Penyakit asam urat tingkat akut.
Selama tahap ini, kristal yang telah menumpuk pada bagian persendian beraksi dan menyebabkan rasasangat sakit dan menimbulkan bengkak pada sendi. Rasa sakit akan mereda, bahkan tanpa pengobatan, dalam waktu tiga sampai 10 hari. Karena serangan pertama dalam banyak kasus akan disusul serangan lainnya, ini saatnya untuk mencari perawatan medis guna diagnosis dan terapi yang tepat. Serangan penyakit asam urat lain mungkin tidak terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, namun kemungkinan besar akan terjadi lagi pada waktu akan datang, oleh karenanya sangat penting untuk melakukan pemeriksaan rutin kadar asam urat dan pengobatan sesegera mungkin.

3. Penyakit asam urat tingkat kritis
Selama tahap ini, seseorang berada di antara serangan penyakit asam urat. Ada saatnya penderita bebas dari gejala-gejala dimana sendi-sendi mereka berfungsi normal. Tetapi, meskipun gejala-gejala tidak terasa, penumpukan kristal asam urat terus berlangsung secara diam-diam. Serangan penyakit asam urat yang lebih parah akan terulang kembali apabila kadar asam urat tidak diturunkansampai di bawah 6,0 mg / dL.

4. Penyakit asam urat tingkat kronis
Ini adalah tahap terakhir dari penyakit asam urat. Sekarang menjadi arthritis kronis yang sering menyebabkan kerusakan pada tulang dan tulang rawan. Proses peradangan yang merusak berjalan aktif dan juga mungkin juga menyebabkan kerusakan ginjal. Dengan perhatian medis dan pengobatan yang tepat, kebanyakan pasien penyakit asam urat tidak akan bertambah ke tingkat selanjutnya.


Sumber Referensi : gouteducation.org

Semoga bermanfaat.
----------
#ciri-ciri-asam-urat
#gejala-asam-urat-dan-pengobatannya
#obat-tradisional-asam-urat
#gejala-asam-urat-dan-kolesterol
#gejala-kolesterol
Title Tags Search:
See Also:
Tips Agar Tidak Diserang Rasa Malas Dan Loyo Saat Berpuasa - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Alhamdulillah, sudah tengah hari saja nih, masih puasa kan? Ya haruslah ya, kecuali buat kaum perempuan yang sedang berhalangan, atau mereka yang sedang terganggu kesehatannya. Kembali kesoal puasa, ... Read More »
Cara Alami Menurunkan Panas Demam Pada Anak - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Saat Anak demam, terkadang orangtua jadi panik, obat apa yang bisa digunakan agar demam anak ini bisa reda. Sebenarnya tidak perlu panik karena sebenarnya di sekeliling kita ada satu penurun panas ala ... Read More »
Beberapa Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kayu manis merupakan rempah-rempah yang sering digunakan sebagai pemanis dan penyedap masakan. Kayu manis memiliki aroma yang khas, bahkan kayu manis sering kali dicampur dalam beberapa minuman.

Beri ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 35938
Bookmark and Share