AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Lirik Lagu: KONCO TANI Ee, ibo senenge Konco tani, yen nyawang tandurane Nyambut gawe Awa ... Read More »
Published: Sun, 18 Jun 2017 - 14:39:17
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 1011/1122
Comments: 0/0
Ketahui Penyebab Dan Gejala Penyakit Rematik

Ketahui Penyebab Dan Gejala Penyakit Rematik - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Ketahui Penyebab Dan Gejala Penyakit Rematik

Penyakit Rematik atau yang biasa dikenal penyakit Encok, memang sering dijumpai di masyarakat kita. Penyakit ini menimbulkan gangguan pada persendian dan jaringan lunak sekitar sendi seperti urat saraf, otot, dan tendon. Pemicu timbulnya rematik sangat bervariatif mulai dari peradangan akibat infeksi, degeneratif, seperti oste artritis, deman rematik, gangguan metabolik seperti gout atau kelebihan asam urat, sampai penyakit autoimun yang susah disembuhkan seperti spondylitis ankylopoetica, rheumatoid arthtritis yang menyerang tulang belakang dan penyakit lupus.

Baca selanjutnya : Tips Cara Alami Mengobati Penyakit Rematik

Penyakit ini dapat terjadi pada semua kelompok umur, meskipun kecenderungan terbanyak terkena rematik lebih sering dialami pada usia paruh baya ke atas.

Penyebab Rematik yang sering terjadi

Penyebab yang kerap kali mempengaruhi timbulnya rematik adalah faktor makanan seperti halnya terlalu banyak mengkonsumsi daging atu jeroan dapat mencetuskan rematik gout. Memang dianjurkan pola hidup sehat seperti mengurangi makanan berlemak tinggi, protein hewani bagi yang kelebihan asam urat, garam bagi yang mengalami hipertensi, gula bagi yang menderita diabetes. Disamping itu, buang kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol. Tentunya perlu ditunjang dengan gaya hidup aktif berolah raga, juga hindari stres yang berlebihan.

Gejala Rematik

Biasanya, gejala rematik dan asam urat adalah nyeri dan kaku s endi munvul pada pagi hari ketika bangun tidur atau awal beristirahat. Rasa sakit akan berkurang jika bagian yang kaku tersebut digerak-gerakkan. Rasa sakit ini sebenarnya disebabkan adanya desakan suatu cairan di sekitar jaringan yang meradang, seperti kapsul sendi, sinovia, dan bursa. Tindakan awal untuk mengatasinyaadalah mengompres bagian yang sakit dengan jahe merah hangat. Selain itu, bisa juga melakukan gerakan-gerakan tertentu, seperti menggoyangkan-goyangkan badan atau bagian tubuh yang sakit. Cara ini terbukti mampu mengurangi rasa sakit di persendian.



Semoga bermanfaat.
----------
#penyebab-rematik-di-usia-muda
#gejala-rematik-telapak-kaki
#makanan-pantangan-rematik
#pengertian-rematik
#perbedaan-rematik-dan-asam-urat
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 65705
Bookmark and Share