AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 15 November 2018 - 15:45:06
Random News
Berapa bulan tak berkunjung ke kota Bandung saya menemukan banyak hal baru di sana, antara lain bus ... Read More »
Published: Tue, 13 Jun 2017 - 00:32:19
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 1/823
Comments: 0/0
Makan Tengah Malam Bikin Gemuk, Ini Mitos Atau Fakta?

Makan Tengah Malam Bikin Gemuk, Ini Mitos Atau Fakta? - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Selama ini memang belum ada penjelasan yang memuaskan soal makan tengah malam bikin gemuk. Hal ini bisa jadi Mitos dan juga Fakta. Bagaimana mungkin kalori di malam hari cenderung akan menjadi lebih besar? Silahkan anda simak penjelasannya dibawah ini.


Sebagian besar dari kita percaya bahwa makan di malam hari tidak disarankan, apalagi jika punya kecenderungan kelebihan berat badan alias gemuk. Benarkah demikian?

Salah satu hal yang harus diperhatikan agar tubuh tidak menjadi gemuk adalah mengatur keseimbangan antara energi yang masuk dan keluar. Jika energi yang masuk lebih besar daripada yang dikeluarkan maka secara otomatis berat badan akan meningkat.

Tapi pada umumnya, ada beberapa perubahan perilaku dan biologis yang terjadi sehingga mengubah keseimbangan energi yang dimiliki seseorang. Salah satunya adalah pada malam hari seseorang cenderung memiliki aktivitas fisik lebih sedikit dibanding siang hari, sehingga membuat energi yang keluar menjadi sedikit.

Jika anda mengkonsumsi makanan dari mikronutrient yang memiliki nilai kalori tinggi, maka kelebihan kalori ini akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Umumnya energi yang berasal dari karbohidrat dan protein sebesar 4 kalori/gram sedangkan lemak sebesar 9 kalori/gram.

Jika ingin makan di malam hari sebaiknya berilah waktu minimal 2-3 jam sebelum tidur, serta jangan mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori lebih besar daripada kalori yang dikeluarkan. Pada malam hari kalori yang dibakar cenderung lebih sedikit, jadi makanan yang dikonsumsi tidak sebanyak saat makan siang.

Jadi, tidak bisa dijadikan sebagai batas akhir, pada saat tengah malam orang boleh makan, karena hal ini turut dipengaruhi oleh jam berapa orang tersebut akan tidur serta kecepatan metabolisme yang dimilikinya.

Pengeluaran energi sehari-hari berasal dari tingkat metabolisme yang dimiliki oleh orang tersebut meskipun ia sedang beristirahat (dipengaruhi oleh usia, berat badan dan jenis kelamin), jumlah energi yang dibutuhkan untuk mencerna dan menyerap makanan serta kegiatan fisik yang dilakukan.

Secara umum semakin malam tingkat metabolisme tubuh dalam mencerna makanan akan lebih lambat. Karenanya jika anda mengkonsumsi makanan berat beberapa waktu menjelang tidur, maka secara otomatis makanan tersebut belum sepenuhnya dicerna dengan baik yang membuatnya cenderung mudah diubah menjadi lemak.



Semoga bermanfaat.
----------
#makanan-yang-tidak-bikin-gemuk-di-malam-hari
#makan-malam-bikin-gemuk-mitos-atau-fakta
#akibat-sering-makan-malam-hari
#agar-tidak-gemuk-setelah-makan-malam
#batas-waktu-makan-malam-untuk-diet
Title Tags Search:
See Also:
Inilah Penyebab Dan Gejala Kanker Serviks (Cervical Cancer) - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kanker Serviks (Cervical Cancer) atau Kanker Mulut Rahim merupakan salah satu jenis tumor ganas yang sering ditemukan pada kaum wanita. Penyakit kanker ini merupakan satu-satunya kanker yang telah dik ... Read More »
Telinga Kemasukan Air, Begini Cara Mengeluarkannya - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ini sering terjadi, saat tengah mandi atau berenang, air tanpa sengaja dapat masuk ke telinga atau kuping. Walau kemasukan air bukanlah keadaan yang serius, tetapi terasa sangatlah tidak nyaman. Telin ... Read More »
Aneka Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Banyak orang yang kurang tahu tentang manfaat air kelapa. Kelapa lebih banyak digunakan daging dalamnya dari pada airnya. Sebenarnya, Air kelapa memiliki banyak manfaat luar biasa, menyegarkan dan ber ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 51009
Bookmark and Share