AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 23 July 2019 - 01:51:09
Random News
Pertanyaan: Assalamu'alaikum Dok, anak saya usia 1 tahun 5 bulan. Terdeteksi infeksi flek paru ... Read More »
Published: Tue, 08 Dec 2015 - 06:12:14
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 2/1610
Comments: 0/0
Para Ibu Wajib Tahu Pentingnya ASI Untuk Bayi

Para Ibu Wajib Tahu Pentingnya ASI Untuk Bayi - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Para Ibu Wajib Tahu Pentingnya ASI Untuk Bayi

Bayi yang diberi ASI (Air-Susu-Ibu) akan lebih sehat dan mencapai pertumbuhan serta perkembangan yang Boptimal bila dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula.

"Para ibu hendaklah menyusui anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan”. (QS Al Baqarah: 233)

Jika sebagian besar bayi usia 0 - 6 bulan hanya diberikan ASI – artinya hanya ASI dan tidak ada cairan lain atau makanan lainnya, bahkan tidak juga air – maka diperkirakan paling sedikit 1.2 juta nyawa anak dapat diselamatkan setiap tahunnya. Jika bayi terus diberikan ASI sampai usia dua tahun atau lebih, kesehatan dan perkembangan jutaan anak akan meningkat secara bermakna. Anak yang tidak diberi ASI, memiliki risiko yang semakin meningkat untuk sakit, dan dapat menghambat pertumbuhan bahkan meningkatkan risiko mati atau cacat. Bayi yang disusui akan menerima perlindungan (kekebalan) terhadap berbagai penyakit melalui air susu ibunya. Menyusui adalah cara alamiah yang direkomendasikan untuk diberikan kepada semua anak, walaupun makanan buatan dapat dibeli, air bersih tersedia, lingkungan yang bersih dan baik untuk menyiapkan dan memberi susu formula tersedia. Jika seorang ibu menderita HIV positif, terbuka kemungkinan menularkan penyakit tersebut kepada bayinya melalui ASI. Konseling dapat membantu ibu tersebut untuk mempertimbangkan berbagai risiko dalam mengambil keputusan, makanan apa yang paling baik untuk bayinya. Hampir setiap ibu dapat memberikan ASI. Bagi ibu yang kurang yakin bisa menyusui, memerlukan dorongan dan dukungan praktis yang positif dari suami, keluarga, teman-teman dan saudarasaudaranya. Petugas kesehatan, kader, organisasi perempuan, dan pimpinan usaha juga dapat membantu.

Setiap orang berhak untuk memperoleh informasi tentang keuntungan menyusui dan risiko dari pemberian makanan buatan sebelum waktunya. Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan informasi ini. Masyarakat, media dan saluran komunikasi lainnya dapat memainkan peran penting untuk mempromosikan ASI.

#Manfaat-ASI
Title Tags Search:
See Also:
Cara Mengobati Penyakit Amandel Secara Alami - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Cara Mengobati Penyakit Amandel Secara Alami

Pada dasarnya amandel sendiri bukanlah nama penyakit. Amandel adalah nama dari kelenjar getah bening pada sisi kiri-kanan pada bagian belakang rongga mulut. Pada anak usia kurang dari 6 tahun berguna ... Read More »
Inilah 5 Efek Samping Penggunaan Alat Kontrasepsi - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Inilah 5 Efek Samping Penggunaan Alat Kontrasepsi

Pada umumnya, alat kontrasepsi dipercaya mampu mengendalikan tingkat kehamilan yang tinggi. Sayangnya, alat kontrasepsi justru menimbulkan permasalah bagi pengguna, yaitu sebagian besar wanita, sepert ... Read More »
Seberapa Besar Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan Rambut? - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Seberapa Besar Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan Rambut?

Sebagaimana yang kita ketahui, Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Dia adalah str ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share