AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Mon, 23 April 2018 - 03:18:52
Random News
Buah Sawo dengan pohonnya yang besar dan rindang, dapat tumbuh hingga setinggi 30-40 m. Bercabang re ... Read More »
Published: Tue, 08 Dec 2015 - 06:12:14
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 1/1190
Comments: 0/0
Para Ibu Wajib Tahu Pentingnya ASI Untuk Bayi

Para Ibu Wajib Tahu Pentingnya ASI Untuk Bayi - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Bayi yang diberi ASI (Air-Susu-Ibu) akan lebih sehat dan mencapai pertumbuhan serta perkembangan yang Boptimal bila dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula.

"Para ibu hendaklah menyusui anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan”. (QS Al Baqarah: 233)

Jika sebagian besar bayi usia 0 - 6 bulan hanya diberikan ASI – artinya hanya ASI dan tidak ada cairan lain atau makanan lainnya, bahkan tidak juga air – maka diperkirakan paling sedikit 1.2 juta nyawa anak dapat diselamatkan setiap tahunnya. Jika bayi terus diberikan ASI sampai usia dua tahun atau lebih, kesehatan dan perkembangan jutaan anak akan meningkat secara bermakna. Anak yang tidak diberi ASI, memiliki risiko yang semakin meningkat untuk sakit, dan dapat menghambat pertumbuhan bahkan meningkatkan risiko mati atau cacat. Bayi yang disusui akan menerima perlindungan (kekebalan) terhadap berbagai penyakit melalui air susu ibunya. Menyusui adalah cara alamiah yang direkomendasikan untuk diberikan kepada semua anak, walaupun makanan buatan dapat dibeli, air bersih tersedia, lingkungan yang bersih dan baik untuk menyiapkan dan memberi susu formula tersedia. Jika seorang ibu menderita HIV positif, terbuka kemungkinan menularkan penyakit tersebut kepada bayinya melalui ASI. Konseling dapat membantu ibu tersebut untuk mempertimbangkan berbagai risiko dalam mengambil keputusan, makanan apa yang paling baik untuk bayinya. Hampir setiap ibu dapat memberikan ASI. Bagi ibu yang kurang yakin bisa menyusui, memerlukan dorongan dan dukungan praktis yang positif dari suami, keluarga, teman-teman dan saudarasaudaranya. Petugas kesehatan, kader, organisasi perempuan, dan pimpinan usaha juga dapat membantu.

Setiap orang berhak untuk memperoleh informasi tentang keuntungan menyusui dan risiko dari pemberian makanan buatan sebelum waktunya. Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan informasi ini. Masyarakat, media dan saluran komunikasi lainnya dapat memainkan peran penting untuk mempromosikan ASI.

#Manfaat-ASI
Title Tags Search:
See Also:
Benarkah Manusia Lebih Mampu Menahan Lapar Dibanding Haus - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Dalam situasi darurat menurut anda berapa lamakah manusia dapat bertahan hidup tanpa air dan makanan? Dan mana yang lebih mungkin dijalani manusia hidup tanpa air atau tanpa makanan?

Secara fisik ma ... Read More »
Ketahui Penyebab Dan Gejala Penyakit Herpes - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kulit adalah bagian tubuh terluar kita yang mudah terkena penyakit. Berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap ini biasanya disebabkan oleh jamur. Tapi ada pula penyakit kulit yang di sebabkan ... Read More »
Cara Membedong Bayi Yang Benar - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Buat para Ibu muda mungkin akan kesulitan untuk membedong si buah hati. Apalagi itu anak pertama. Walau membedong Bayi sekarang malah menjadi kontroversi di kalangan para dokter, membedong bayi ternya ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share