AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 20 September 2018 - 23:51:32
Random News
Siapa yang tak kenal dengan buah pepaya? Buah yang mudah tumbuhnya, hanya dengan menyebar bijinya in ... Read More »
Published: Thu, 14 Jan 2016 - 12:54:30
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 3/12637
Comments: 0/0
Tahukah Anda Manfaat Besar Dari Ikan Gabus

Tahukah Anda Manfaat Besar Dari Ikan Gabus - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Mungkin sebagian dari kita, udah sering makan ikan gabus ini, tapi tidak tahu manfaat besarnya. Ikan gabus atau ikan kutuk (jawa) adalah jenis ikan air tawar, ikan ini memiliki nama ilmiah Channa Striata yang dapat tumbuh hingga mencapai 1 m panjangnya. Ikan gabus ini memiliki mirip kepala ular, ikan gabus termasuk jenis ikan predator dan sering kita jumpai di sungai yang memiliki arus tenang atau pun di rawa-rawa.

Hasil riset Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, MS, dari Fakultas Perikanan Brawijaya Malang mengungkapkan, kandungan albumin pada ikan gabus sangat tinggi yaitu 62,24 g/kg. Sementara telur hanya 9,34 g/kg. Seperti apa yang dialami oleh Bapak Dahlan Iskan (Menteri BUMN RI), beliau sebelum operasi hati akibat penyakit hepatitis B, meminta saran kepada Prof. Eddy bagaimana cara menjaga protein di darahnya. Prof Eddy menyarankan agar Pak Dahlan konsumsi ikan gabus. Sejak itu, kondisi tubuhnya semakin segar dan sehat.

Berdasarkan hasil penelitian ikan gabus memiliki kandungan: Protein = 79,5 %, Albumin = 30,5 %, Mineral = 5,95 % , Kadar Air = 2,84 % kandungan kesemuanya ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan protein ikan gabus lebih tinggi daripada bahan pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti telur, daging ayam, maupun daging sapi, termasuk jenis ikan yang ada. Nilai cerna protein ikan gabus juga sangat baik, yaitu mencapai lebih dari 90 persen.

Ikan gabus kaya akan protein albumin yang mempunyai peranan sangat vital mulai dari pembentukan jaringan sel baru.penyusun struktur sel, antibodi, enzim, hingga hormon. Albumin ini disintesis oleh sel hati dan dikeluarkan langsung ke pembuluh darah tanpa disimpan. Sangat diperlukan terutama buat anak untuk optimalkan tumbuh kembangnya.

#Manfaat-Ikan-Gabus #Obat-Diabetes #Protein-Albumin
Title Tags Search:
See Also:
Ternyata, Kombinasi Kunyit Dan Madu Adalah Antibiotik Alami Terbaik Di Dunia - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sebagian besar dari kita telah memiliki pengalaman menggunakan kunyit sebagai bumbu masakan, sementara hanya sedikit yang tahu bahwa kunyit dan kombinasi madu (kami menyebutnya dengan istilah “madu ... Read More »
Para Ibu Wajib Tahu Dan Paham Tentang Maksud Bahasa Tubuh Bayi Ini - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Menjadi ibu memang harus paham akan bahasa tubuh si bayi, apa lagi itu bayi adalah anak pertama. Bayi hanya bisa menangis, jadi kebanyakan ibu muda masih pada bingung, akan maksud dari si buah hati te ... Read More »
Buat Para Wanita: Hati-hati Dalam Mengkonsumsi Sayap Ayam - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Mengapa wanita, harus berhati-hati dan bahkan ada yang melarang serta menghindari dalam mengkonsumsi sayap ayam, leher atau kepala ayam dan ceker ayam? Ini ditujukan terutama untuk para wanita yang ka ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share