AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 23 May 2019 - 02:12:47
Random News
Boleh percaya boleh tidak, menurut Regional Director Southeast Asia Hong Kong Tourism Board Simon Wo ... Read More »
Published: Wed, 13 May 2015 - 07:52:09
Category: Kesehatan
By: Dyta
Hits: 1/7152
Comments: 0/0
Ternyata Bangun Pagi Itu Sangat Tidak Baik

Ternyata Bangun Pagi Itu Sangat Tidak Baik - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Berdasarkan logika dan pengalaman, bangun pagi-pagi itu memang sangat tidak baik? Ahh, yang benar saja, tidak baik untuk siapa? Sebelum pertanyaan itu terjawab, mari kita simak dulu beberapa dari manfaat bangun pagi-pagi...

Ini dia manfaat dari bangun pagi di liat dari beberapa sudut pandang:

1. MEDIS
Menurut Dr. Muslim Nathin, bangun pagi juga dapat dapat mengurangi kecenderungan terserang panyakit kardiovaskular atau gangguan jantung dan pembuluh darah.
Karena kita mendapat kesempatan untuk menikmati udara segar yang belum tersentuh polusi, dimana momentum tersebut sangatlah tepat untuk memasukan sebanyak mungkin oksigen murni ke paru-paru dengan aktifitas olahraga.


2. SOSIOLOGI
Menjalin keakraban dengan tetangga yang sama-sama punya kebiasaan bangun pagi, ketika kita berolahraga atau ketika sholat subuh berjamaah di mesjid.
Bertemu/berkenalan dengan orang baru yang punya aktifitas/bekerja di pagi hari, biasanya orang2 yang berdagang di pasar atau orang-orang yang lagi kulakan di pasar


3. AGAMA ISLAM
Rasulullah bersabda berpagi pagi itu barokah. Sebab pada waktu itu jiwa, akal dan fisik kita belum letih. masih fresh, jadi sayang jika tidak digunakan sebaik baiknya. sebaik baik waktu bekerja adalah di waktu pagi ini. Rasulullah juga bersabda :
"Tidur selepas subuh itu akan mewarisi kepapaan. (kepapaan : kemuncak kepada segala macam kesulitan dan kesusahan)."


4. MENAMBAH KECERDASAN
Rasulullah sejak 14 abad yang lalu dan sudah dibuktikan secara ilmiah. Rasulullah SAW dahulu selalu membangunkan sahabatnya untuk shalat Shubuh berjamaah buat pergi ke masjid Nabawi untuk sahalat Shubuh. Penelitian Dr. Alexander Bruce dari Jerman yang dimuat di majalah Al-Muslimun, menghasilkan sebuah temuan bahwa di waktu Shubuh, kadar gas ozon yang mengandung oksigen mencapai puncaknya dan akan menipis perlahan-lahan hingga matahari terbit. Sementara, gas ozon ini sangat ampuh untuk mencegah kerusakan paru-paru, tersumbatnya urat nadi, memperlancar peredaran darah, penyakit gula, asma, penuaan, alergi, penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik. Udah gitu kalau kamu menghirup nafas yang panjang di pagi hari, kecepatan aliran darah menuju otak juga akan bertambah, maka otak akan memperoleh darah kaya oksigen lebih cepat. Walhasil, otak juga lebih cepet nyambung kalau disuruh berfikir.


Di samping itu, penelitian menunjukkan, sesudah tidur malam yang baik, irama otak kita berfungsi sangat baik. Pemahaman, wawasan, dan penguasaan akan berbagai masalah yang berat dan rumit lebih sukses dihadapi pada pagi hari ketimbang pada jam-jam selanjutnya. Kenapa begitu? Karena tidur merupakan penyegaran otak yang paling alami. Setelah otak istirahat total di malam hari, pagi hari otak kamu sudah ready buat melakukan pekerjaan dan rutinitas kamu, termasuk belajar.

Pada pagi hari diproduksi hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan itu penting dalam memeperbaiki takaran, kualitas dan daya guna otak. Hormon tersebut meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak, yang membuat sel-sel syaraf dapat menjadikan apa yang dipelajari jadi permanen, kebanyakan hormon pertumbuhan diproduksi waktu tidur, yaitu tidur sebelum tengah malam yang nyaman. Ada lagi hormon lain yang sangat penting yaitu hormon Cortisol. Puncak produksinya dari tengah malam hingga menjelang Shubuh. Cortisol memainkan peran utama membantu kita menghadapi stressor (penyebab stress) pada pagi hari, mengurangi peradangan dan keletihan.

Berhati-hatilah dari terpaan rasa kantuk dan berusahalah tidak tidur pada ruas waktu setelah Subuh hingga terbitnya matahari. Para salafushalih sangat tidak menyukai tidur pada waktu itu.

Ibnul Qayyim Al Jauziyah dalam Madarijus Salikin menyebutkan :

Di antara tidur yang tidak disukai menurut mereka ialah tidur diantara sholat subuh dan terbit matahari, karena ini merupakan waktu untuk memperoleh hasil bagi perjalanan ruhani, pada saat itu terdapat keistimewaan besar, sehingga seadainya mereka melakukan perjalanan (kegiatan) semalam suntuk pun, belum tentu dapat menandinginya.

Duduklah berzikir setelah subuh hingga matahari terbit adalah sunnah. Dari Abu Umamah Ra dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

Barangsiapa yang sholat subuh berjamaan kemudian duduk berzikir kepada Allah sampai terbitnya matahari, kemudian berdiri sholat dua rakaat, maka ia memperoleh pahala haji dan umrah.

Waktu bada subuh hingga terbit matahari adalah waktu pernuh barakah yang seharusnya benar-benar dipelihara oleh setiap mukmin.

Peliharalah waktu itu dengan mengisinya melalui tilawatul Quran satu juz dalam satu hari, berdzikir atau menghapal. Inilah yang dilakukan Rasulullah SAW selesai menunaikan shalat subuh, bahwa ia duduk di tempat shalatnya hingga terbit matahari (HR. Muslim)

Imam At-Tirmidzi meriwayatkan sebuah hadis dari Anas bin Malik dari Rasulullah, bahwa beliau bersabda :

Barangsiapa shalat fajar berjamaah di masjid, kemudian tetap duduk berdzikir mengingat Allah, hingga terbit matahari lalu sholat dua rakaat (Dhuha), maka seakan-akan ia mendapat pahala haji dan umrah dengan sempurna, sempurna, dan sempurna (Diriwayatkan Shahih oleh Al-Albani).


Dalam sejarah Islam, ternyata kebiasaan untuk bangun pagi ini sudah dibuktikan manfaatnya oleh para sahabat, 14 abad yang lalu. Para sahabat dan cendikiawan Islam sudah diakui kehebatannya dalam merumuskan masalah-masalah induk dalam khasanah ilmu pengetahuan. Mereka adalah orang-oarang yang senantiasa bangun, bahkan sebelum waktu sahalat shubuh tiba, seperti Riana. Ini jadi bukti yang akurat dari perintah Allah SWT yang menyuruh kita untuk bangun di sepertiga malam, kurang-lebih antara jam 2 hingga jam tiga pagi. Di surat Al-Muzammil ayat 5,
"Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu Perkataan yang berat."

Yang sudah pasti sukar untuk memahaminya di siang hari. Insya Allah, ini juga termasuk pelajaran-pelajaran bagi yang sukar dipelajari di waktu siang atau sore hari. Di waktu inilah Allah akan mudahkan otak kamu untuk mencerna pelajaran tersebut dengan ciptaan-cipataan-Nya yang bernama gas ozon, hormon pertumbuhan, cortisol atau zat-zat lain. Supaya kelak ilmu itu bisa bermanfaat untuk memajukan umat Islam.

Nah, dari bahasan yang sudah kita simak bersama menurut anda kira-kira benar tidak, kalau bangun pagi-pagi itu sangat tidak baik? Dan siapa yang paling merasa dirugikan kalau kita bangun pagi-pagi? Orang tua kita dulu sering menegur kita "Bangun jangan kesiangan, nanti rejekinya keburu dipatok ayam loh.." Heheh, maybe kalau kita bangun pagi-pagi yang rugi ayam kali yaaa? Karena ngga berhasil matok rejeki kita... :D

Semoga ada manfaat yang bisa dipetik dari tulisan ini.


Semoga bermanfaat.
----------
#rahasia-bangun-pagi
#rahasia-sholat-subuh
#tips-bangun-pagi
#manfaat-bangun-pagi-dalam-islam
#manfaat-bangun-pagi-untuk-kecantikan
Title Tags Search:
See Also:
Kenali 7 Tanda Tubuh Ini,  Yang Berarti Bahwa Kesehatan Anda Bermasalah - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Anda mungkin sudah menganggap kebiasaan Anda sehari-hari itu menyehatkan. Tetapi, tanpa disadari ternyata kebiasaan Anda seperti pola makan ataupun aktivitas lain membawa dampak buruk bagi kesehatan A ... Read More »
Aneka Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kita lanjut lagi tentang aneka manfaat buah dan sayur yang ada di sekitar kita. Dan kali ini admin mau bahas manfaat buah semangka. Kebanyakan dari kita pasti mengenal buah semangka hanya sebagai buah ... Read More »
Ini Dia Fakta Menarik Tentang Tubuh Manusia - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah anda, ternyata beberapa bagian atau organ tubuh kita ini, memiliki fakta-fakta yang menarik. Mari kita simak :

1. Asam lambung
Asam pada lambung ini sebenarnya cukup kuat untuk mencerna se ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share