AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sun, 23 September 2018 - 04:06:51
Random News
Sebenarnya orang-orang Indonesia adalah orang-orang yang kreatif. Tapi kadang kreatifitas mereka kan ... Read More »
Published: Sat, 29 Oct 2016 - 11:41:24
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 1/1035
Comments: 0/0
Tips Agar Mata Tetap Sehat Di Usia Produktif

Tips Agar Mata Tetap Sehat  Di Usia Produktif - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tanpa kita sadari, terkadang kita sulit untuk berkonsentrasi dan produktivitas menurun? Boleh jadi ada gangguan pada mata Anda.

Ya, tak sedikit manusia di usia produktif mengalami masalah pada indera penglihatannya, sehingga seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena itu, bila sudah muncul gejala masalah pada mata, sebaiknya tidak dianggap sepele.

Menurut dr. Kantika Prinandita, Sp.M dari RS Hermina Bogor, ada beragam masalah pada mata yang sering dialami orang dewasa, terutama di usia produktif.

“Gangguan yang sering terjadi antara lain mata lelah (astenopia), Computer Vision Syndrome(CVS), gangguan refraksi dan mata kering (dry eye).”

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata untuk usia produktif ini? Berikut beberapa hal yang penting diperhatikan:

1. Tidak melakukan pekerjaan dekat secara terus-menerus. Pada saat melakukan pekerjaan dekat, mata akan berakomodasi. Akomodasi pada mata yang terjadi secara terus-menerus akan mengakibatkan mata menjadi cepat lelah.

2. Sebaiknya setiap 30 menit melakukan pekerjaan dekat (seperti membaca, menjahit atau menatap layar monitor) diselingi dulu dengan aktivitas melihat jauh (lebih dari 6 m). Bisa diselingi dengan melihat ke pojok-pojok ruangan atau melihat keluar jendela.

Bisa juga diterapkan aturan 20-20, yaitu 20 menit menatap objek dekat dan diselingi 20 detik beristirahat melihat objek jauh dengan jarak lebih dari 6 meter.

Tidak perlu meninggalkan tempat duduk atau layar monitor, hanya memalingkan pandangan sejenak untuk mengistirahatkan mata dan untuk mencegah terjadinya gangguan pada mata.

3. Pada saat beristirahat mata (melihat ke objek yang jauh), bisa dilakukan senam ringan untuk peregangan otot-otot bahu dan leher untuk mencegah terjadinya computer vision syndrome.

4. Pada saat sedang bekerja di depan monitor, maka secara tidak sadar refleks berkedip akan berkurang. Hal ini menyebabkan mata menjadi kering. Oleh karena itu, sebaiknya dibiasakan untuk berkedip secara teratur. Atau dapat juga menggunakan artificial tears untuk menghindari terjadinya mata kering.

5. Penggunaan layar komputer/laptop, menonton televisi atau bahkan gadget sebaiknya dibatasi maksimal 2 jam sehari

6. Begitupun jarak pandang mata ke handphone atau gadget juga harus diperhatikan. Jarak yang baik antara mata dengan gadget adalah sekitar 30-40 cm. Usahakan juga agar posisi gadget lebih rendah dari posisi mata, yaitu membentuk sudut sekitar 15˚.

7. Pencahayaan layar komputer/laptop/gadget sebaiknya tidak terlalu terang. Pasalnya, pencahayaan yang terlalu terang dapat mempercepat timbulnya mata lelah.

8. Pencahayaan ruangan juga harus diatur sedemikian rupa agar tidak terlalu kontras dengan pencahayaan dari layar laptop/komputer/gadget. Ruangan yang terlalu redup akan menyebabkan kontras yang berlebihan, sehingga akan membuat mata menjadi tidak nyaman.

9. Pada saat anak sedang berkonsentrasi menggunakan laptop, refleks berkedip akan berkurang. Hal ini menyebabkan mata menjadi kering. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berkedip secara teratur saat sedang menggunakan perangkat kerja Anda.

10. Apabila Anda menonton televisi usahakan tidak terlalu dekat dengan layarnya. Jarak yang baik untuk menonton televisi adalah sekitar 4-5x diagonal teve.

11. Tak kalah penting, hindari membaca sambil tiduran, hindari membaca di tempat gelap, istirahat yang cukup dan rajin mengonsumsi sayur dan buah karena baik untuk kesehatan mata.

12. Senam mata cocok dilakukan pada penderita insufisiensi akomodasi, yaitu pada penderita yang memiliki kelainan akomodasi. Senam mata yang dilakukan dengan menggerak-gerakan bola mata ini sebenarnya masih bersifat kontroversial.

13. Pemijatan pada daerah di sekitar mata juga dapat dilakukan untuk mengurangi mata lelah. Dengan memijat di daerah sekitar mata, aliran darah di sekitar mata akan menjadi lancar dan mata menjadi segar kembali.


Semoga bermanfaat.
----------
#cara-merawat-mata-agar-tetap-sehat-dan-jernih
#cara-merawat-mata-agar-tetap-sehat-dan-putih
#cara-menjaga-mata-agar-tidak-minus
#cara-merawat-mata-secara-alami
#cara-merawat-mata-agar-tidak-rabun
Title Tags Search:
See Also:
Letak Jerawat Di Wajah Dapat Di Ketahui Apa Penyebabnya - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Jerawat memang penyakit kulit yang paling yang menyerang kulit wajah. Zona wajah yang di tumbuhi jerawat pun tiap orang kadang berbeda-beda. Ada jerawat yang tumbuh di pipi, hidung, jidat, dagu dan la ... Read More »
Hati-hati, Keputihan Bisa Mengakibatkan Kemandulan, Inilah Cara Pencegahannya! - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Keputihan disebabkan oleh bakteri, jamur dan parasit. Jika terus dibiarkan, maka akan berdampak buruk pada kesehatan organ reproduksi wanita. Bahkan, bukan hanya membuat miss V gatal dan perih, keputi ... Read More »
Jawablah 5 Pertanyaan Ini, Sebelum Anda Memulai Diet - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata diet? Sejatinya, diet merupakan pengaturan pola makan untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik. Kendati demikian, masih banyak orang berpikir d ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 55937
Bookmark and Share