AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Kali ini saya akan mencoba membuat salah jenis kue yang cocok untuk hidangan tajil ramadhan yaitu ku ... Read More »
Published: Fri, 12 Feb 2016 - 02:14:47
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 503/905
Comments: 0/0
Tips Aman Mengatasi Sendiri Anak Yang Sakit Sebelum Dibawa Ke Dokter

Tips Aman Mengatasi Sendiri Anak Yang Sakit Sebelum Dibawa Ke Dokter - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tips Aman Mengatasi Sendiri Anak Yang Sakit Sebelum Dibawa Ke Dokter

Alangkah baiknya sebagai orang tua, mengetahui sejak dini kalau anak akan sakit. Cara-cara aman dan alami ini lebih disarankan untuk mengobati dan mengatasi beberapa penyakit anak, sehingga sistem kekebalan tubuh anak dalam melawan penyakit bisa bekerja secara alami juga.

Berikut ini beberapa tips alami dan aman mengobati sendiri anak yang sakit, sebelum anda bawa ke dokter :

1. BATUK
Berikan 2,5 ml (setengah sendok teh) madu kepada balita usia 2-5 tahun, 5 ml kepada balita 6-11 tahun dan 10 ml untuk anak 12 tahun. Cara lain adalah, cincang bawang merah, tambahkan dua sendok makan gula, tempatkan dalam botol tertutup dan biarkan selama 6 jam. Kemudian berikan kepada balita sebanyak satu sendok teh sirup setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

2. SAKIT PERUT
Untuk sakit perut kronis atau akut, minta bantuan medis. Untuk sakit perut satu kali ringan, pijat dengan beberapa tetes minyak esensial chamomile atau minyak esensial peppermint. Mandi dengan air hangat atau kompres hangat perut juga bisa menenangkan.

3. SAKIT KEPALA
Sakit kepala sering terjadi ketika gula darah rendah, sehingga pastikan balita makan tiga kali sehari. Dehidrasi, juga bisa menjadi penyebab sakit kepala, beri balita minum 2 gelas air putih secara berkala.

4. DEMAM
Pengobatan alami memang dapat secara efektif menurunkan demam, namun segera hubungi dokter jika demam berlangsung selama lebih dari tiga hari atau jika terjadi pada bayi yang berusia kurang dari 12 minggu. Cairan sangat penting untuk menjaga balita dari dehidrasi dan kekurangan gula darah. Jika minuman tidak menggoda mereka, cobalah permen sebagai gantinya. Makanan sehat yang mudah dicerna juga sangat bermanfaat, seperti padi, biji-bijian, pisang, sereal, biskuit, dan roti. Tempatkan kain basah pada dahi balita selama dua menit, kemudian ulangi 3-4 kali sehari selama 20-25 menit. Rendam beberapa menit kain dalam campuran 1 sdm cuka sari apel dan segelas air kemudian lap ke pergelangan tangan balita, ulangi sesuai kebutuhan. Beberapa tetes minyak ikan di bawah lidah dapat mengembalikan tingkat vitamin A pada balita yang akan menurunkan demam.

5. MUNTAH
Dua jam setelah muntah, hindari memberikan anak makanan atau cairan. Perut balita perlu istirahat untuk menghindari memicu muntah lagi. Jika balita benar-benar haus, beri dia es batu untuk dihisap.

6. DIARE
Sup ayam dapat mengurangi diare karena mengandung gelatin yang dapat membantu mengikat cairan dalam usus besar.

7. CACAR AIR
Untuk mengurangi rasa gatal, campurkan baking soda dalam air mandi.

8. SAKIT TENGGOROKAN
Minta balita berkumur dengan garam dan baking soda (masing-masing setengah sendok teh) dalam secangkir air hangat atau kumur dengan air hangat dicampur madu dan irisan jahe.

9. PILEK
Jangan sampai balita terhirasi. Untuk bayi di bawah 6 bulan, terus berikan ASI. Sebelum tidur, biarkan balita benapas di uap air panas. Kemudian pangku dia dan tepuk lembut punggungnya untuk melonggarkan pernapasan dan lendir. Usapkan balsam hangat ke dada.

Ingat! Tidak semua penyakit bisa ditangani sendiri secara alami di rumah. Jika balita trauma, demam tinggi, kesulitan bernapas, hubungi segera dokter kepercayaan anda.

Semoga bermanfaat.

#Mengobati-Sendiri
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share