AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 13 December 2018 - 15:55:52
Random News
Sudah jadi kebiasaan para ibu, sehabis mandi bayi selalu di bedaki dengan bedak bayi (Talcum Powder) ... Read More »
Published: Wed, 10 Feb 2016 - 21:15:51
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 2/7295
Comments: 0/0
Tips Cara Mengatasi Anak Kecil Yang Susah Tidur Di Malam Hari

Tips Cara Mengatasi Anak Kecil Yang Susah Tidur Di Malam Hari - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Terkadang pada malam hari seringkali orangtua tidak dapat tidur dengan nyenyak karena anak kecil atau bayinya sering terbangun. Jika orangtua ingin anaknya tidur lebih lama di malam hari, maka ubahlah cara tidur anak pada siang hari sehingga anak akan lebih nyenyak ketika tidur malam.

Anak kecil yang diberi makan sesuai waktu, saat lapar dan menggendongnya dipangkuan ibu selama siang hari akan membuat tidur siangnya seperti pola tidur-tidur ayam. Ini akan berguna untuk menghemat waktu tidurnya dan akan memiliki waktu tidur malam yang lebih lama. Sebenarnya siklus tidur anak lebih singkat daripada siklus tidur orang dewasa, karena anak memiliki masa tidur yang tidak lelap lebih banyak dibandingkan tidur lelapnya. Karena definisi medis untuk tidur sepanjang malam adalah tidur dalam waktu lima jam terus menerus. Anak kecil atau bayi biasanya terbangun 2-3 kali setiap malamnya sejak bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, 1-2 kali untuk usia 6 bulan hingga satu tahun dan terbangun 1 kali pada usia satu hingga dua tahun.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua agar bisa membuat anak kecil atau bayinya tidur dengan nyenyak di malam hari, seperti dikutip dari The Baby Book karangan William Sears dan Martha Sears:

- Bantulah si kecil memahami bahwa siang hari saatnya makan dan malam hari saatnya tidur atau istirahat. Cobalah untuk memberi makan si kecil setiap 3 jam sekali di siang hari.
- Gendonglah si kecil pada siang hari. Meningkatnya frekuensi kedekatan dan keakraban meningkatkan ketenangan dan si kecil yang tenang pada siang hari cenderung tenang juga pada malam hari.
- Kenyangkan si kecil sebelum tidur. Usahakan untuk menyusui si kecil hingga kenyang sebelum tidur dan saat terbangun di malam hari.
- Kenakan baju tidur si kecil yang tepat. Cobalah untuk menggunakan berbagai baju tidur si kecil untuk melihat baju apa yang dapat membantunya tidur lebih tenang. Umumnya si kecil dapat tidur lebih baik jika bajunya terbuat dari bahan katun.
- Rebahkanlah si kecil di tangan ibu. Kehangatan tangan ibu bisa memberikan sentuhan tambahan yang dibutuhkan untuk membantunya tertidur sambil memberikan tepukan lembut di punggung atau bokong si kecil. Lepaskan tangan secara perlahan agar tidak membangunkannya.
- Buatlah tempat yang tenang untuk tidur si kecil. Umumnya si kecil bisa membiasakan diri untuk tidak terjaga dengan suara-suara yang sering didengarnya, tapi akan terbangun jika mendengar suara yang mendadak atau mengagetkannya. Tentukan temperamen bayi di malam hari.
- Setiap anak kecil berbeda temperamennya, ada yang bisa menenangkan diri sendiri tapi ada juga yang merengek saat bangun. Jika cepat menghampiri si kecil sebelum benar-benar terbangun, maka lebih mudah untuk menidurkannya kembali.

Orangtua tidak bisa memaksa anaknya untuk tidur. Penciptaan lingkungan yang aman dan nyaman adalah cara terbaik untuk membuat anak lebih cepat tidur dan jangka waktu tidurnya lebih panjang, sehingga anak tidak akan sering terbangun di malam hari.

Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : post on facebook.com

#Anak-Sulit-Tidur #Bayi-Rewel-Malam-Hari
Title Tags Search:
See Also:
Ternyata Bayi Yang Teratur Mengkonsumsi Ikan, Akan Terlindung Dari Alergi - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah anda, Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa, bayi yang mengonsumsi ikan secara teratur pada usia satu tahun memiliki risiko terkena alergi lebih rendah ketika mereka tumbuh besar, dibandin ... Read More »
Ternyata Sarapan Pagi Itu Membuat Anak Jadi Cerdas - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sudahkah anda menyiapkan sarapan untuk Si Kecil dan keluarga tadi pagi?
Perlu diketahui, sarapan ternyata juga berperan penting membuat anak lebih berprestasi!

Sayangnya, hingga kini masih belum ... Read More »
Tips Agar Anak Suka Makan Sayuran - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sayuran merupakan makanan penting buat anak. Tapi kebanyakan anak itu tidak suka makan sayuran. Makan sayuran lebih baik daripada makan daging, karena sayuran mengandung banyak serat alami dan multi v ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share