AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Mon, 10 December 2018 - 09:28:34
Random News
Informasi ini kami lansir dari AntaraNews Jakarta, saat ini para pejabat Kantor Dagang dan Ekonomi I ... Read More »
Published: Sun, 24 May 2015 - 10:15:25
Category: Kuliner
By: Dyta
Hits: 6/44664
Comments: 0/0
Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Bebek Goreng Madura

Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Bebek Goreng Madura - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Ini minggu pagi yang lumayan panas, cuaca yang cukup membuat saya malas untuk keluar rumah, yang juga menggelitik keinginan saya untuk membagikan satu resep yang sudah lama bermain-main di kepala saya, yaitu Ayam goreng yang dimasak atau diolah dengan menggunakan resep bumbu bebek madura. Hmm, terbayang tidak, sepertinya menarik untuk dicoba, kalau begitu langsung saja kita ke dapur.

Oya, kenapa saya merubah bahan utama masakan ini? Alasan utamanya adalah karena mahalnya harga bebek, 1 ekor bebek dengan ukuran sedang saja dijual dengan harga 60 - 70 ribu bandingkan dengan harga ayam dengan ukuran besar yang hanya 30 ribu, tentu menjadi sangat hemat bila kita memilih ayam sebagai pengganti bebek.

Lagi pula jika dipikir-pikir, sebetulnya pada saat kita menikmati bebek goreng yang paling menggelitik lidah kita adalah bumbunya, karena sebagaimana kita tahu, bebek itu ukurannya lebih kecil dari pada ayam sehingga dagingnya pun hanya sedikit sekali, lebih banyak tulangnya. Alhasil bebeknya sudah habis nasinya masih tersisa banyak, namun kita tak begitu merasa kehilangan selera makan karena masih ada sisa bumbu, sambel dan lalapannya. Itu pendapat saya loh, hehee.. Dan untuk lebih memastikan lagi kebenaran pendapat saya itu, lebih baik langsung saja kita praktek yuuk...

BAHAN:
1 ekor (1500 g) ayam, potong 8 bagian
2 sdm cuka masak
3 batang serai, memarkan
8 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 L air, untuk merebus
Minyak, untuk menggoreng
600 g nasi putih

BUMBU YANG DIHALUSKAN:
12 butir bawang merah
6 siung bawang putih
6 butir kemiri
4 cm jahe
3 cm kunyit
1 sdt ketumbar, sangrai
1 sdt merica butiran, sangrai
2 sdt garam

SAMBAL RAWIT DIULEG KASAR
5 sdm (75 ml) minyak sayur
20 buah cabai rawit merah
8 buah cabai merah, iris halus
3 butir bawang merah, iris kasar
1 sdt terasi
1 sdt gula pasir
1 sdt garam

POYAH KELAPA KUNING, ADUK RATA, SANGRAI:
200 g kelapa setengah tua, parut
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 sdm kuah kuning

PELENGKAP:
Lalapan (mentimun, tomat, daun selada kampung)

CARA MEMBUAT:

Lumuri potongan ayam dengan cuka hingga rata. Simpan di dalam lemari es hingga meresap (+/- 30 menit). Keluarkan ayam, cuci bersih. Tiriskan.

Lumuri ayam dengan bumbu halus, serai, dan daun jeruk hingga rata. Simpan di dalam lemari es hingga bumbu meresap (+/- 30 menit).

Keluarkan ayam. Rebus bersama bumbunya hingga matang, angkat. Sisihkan bumbu. Goreng ayam dalam minyak banyak dan panas hingga matang dan kecokelatan, angkat. Tiriskan ayam. Sisihkan.

Kuah kuning: Masak kembali sisa bumbu untuk merebus ayam, hingga kental. Angkat. Buang ampasnya. Sisihkan.

Nah selesai, sajikan ayam bersama nasi panas bersiram kuah kuning, poyah kelapa, dan sambal rawit. Sertakan pelengkap. Bagaimana anda tertarik untuk mencoba? Jika begitu selamat mencoba dan selamat menikmati liburan anda.. :)


Semoga bermanfaat.
----------
#resep-bumbu-bebek-khas-madura
#resep-bebek-madura-asli
#resep-bumbu-bebek-sinjay
#resep-bebek-goreng-surabaya
#bumbu-bebek-ungkep
Title Tags Search:
See Also:
Resep Cumi Bakar Khas Jepang - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Cumi adalah salah satu hidangan laut yang lezat. Sayang, jika pengolahannya tidak tepat, Cumi akan menjadi alot dan tidak senikmat biasanya. Untuk menghindari Cumi menjadi alot dan keras saat digoreng ... Read More »
Resep Ayam Goreng Penyet Sambal Ijo Maknyus - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ingin mencoba resep mengolah ayam dengan cara praktis dan maknyuss? Yaa masak ayam penyet sambal ijo saja, resep masakan legendaris asal Banyuwangi ini selain rasanya yang khas, sambal ijo yang diguna ... Read More »
Resep Sereal Lapis Buah - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sepertinya musim kemarau akan segera datang, yang mana identik dengan hawa yang panas. Dan pastinya anda akan menginginkan makanan yang segar-segar. Nah, ini ada resep makanan yang mungkin cocok dan y ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share