AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Mengapa kita harus bisa Move On? Memang, Move on dari mantan itu memang nggak mudah. Apalagi ada ban ... Read More »
Published: Thu, 27 Aug 2015 - 15:58:51
Category: Kuliner
By: Dyta
Hits: 2/293
Comments: 0/0
Resep Kue Nopia Lezat Khas Purwokerto

Resep Kue Nopia Lezat Khas Purwokerto - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Resep Kue Nopia Lezat Khas Purwokerto

Tak dinyana, kue yang rasanya lezat dan harganya pun lumayan mahal ini, terbuat hanya dari 3 jernis bahan utama saja yaitu tepung terigu, air dan gula merah. Tapi lagi-lagi yang terlihat mudah dan sederhana itu belum tentu mudah pula membuatnya loh.. :)

Kue Nopia ini tergolong unik karena bentuknya mirip seperti telur dan rata pada salah satu sisinya. Kue ini merupakan kue oleh oleh khas dari kota Purwokertio, jika Anda berkunjung ke sana pasti akan menemukannya di sepanjang jalan Purwokerto – Sokaraja.

Letak keunikannya adalah pada proses memanggangnya yang berbeda dari kue manapun di dunia ini. Proses memanggangnya masih sangat sederhana yaitu dengan tungku mirip sumur terbuat dari tanah liat yang dalamnya dibakar menggunakan batok kelapa atau kayu bakar pelepah pohon kelapa.

Setelah panas baru kemudian Kue Nopia ini ditempelkan di dinding tungku.
Dalam keadaan tungku yang masih panas menyebabkan kue nopia ini mengembung dan menciptakan kue yang unik dan khas. Bisa terbayang bagaimana sulitnya proses pemanggangan kue nopia tadi khan? Tapi jika Anda penasaran dan ingin membuatnya, langsung saja disimak resep berikut ini.

Bahan untuk Pembuatan Kue Nopia Lezat Khas Purwokerto
1. Tepung Terigu
2. Air
3. Gula Merah

Cara Membuat Kue Nopia Lezat Khas Purwokerto

Berikut ini adalah urutan
Campurkan tepung terigu dengan air kemudian diaduk aduk sampai rata.
1. Adonan tepung terigu dibentuk bulat sebesar ibu jari dan pipihkan pada bagian tengah diberi gula merah yang telah dihaluskan. Tutup gula merah dan bentuk bulat kembali.

2. Selanjutnya panaskan pemanggang kue nopia dengan kayu bakar sampai apinya mati dan ambil abu dan baranya agar tidak mengotori kue.

3. Adonan Kue Nopia ditempelkan di dinding bagian dalam panggangan kue selama 30 Menit. Angkat kue yang telah mengembang siap untuk dinikmati. simpan kue dalam plastik atau toples agar kue nopia dapat bertahan lama.

Anda pasti bingung bagaimana kalau Anda tak memiliki pemanggang khusus sebagaimana tersebut di atas, bisa tidak? Mungkin bisa saja, caranya sama open dipanaskan dulu baru masukan adonan kue nopia yang telah siap tadi..

Demikan Cara Membuat Kue Nopia Lezat Khas Purwokerto walau mungkin hasil akhirnya agak berbeda tapi tak ada salahnya mencoba bukan? :D Selamat Mencoba…

#KueNopiaPurwokerto #KulinerIndonesiaku


Sumber Referensi: Buku Resep Kue Tradisional
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share