AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Kali ini kami akan membahas masalah Tatto. Ternyata Bertato itu berdampak lebih banyak buruknya dari ... Read More »
Published: Sat, 06 Jun 2015 - 10:20:52
Category: Otomotif
By: AnekaNews.net
Hits: 1/939
Comments: 0/0
Tips Cara Mudah Agar Mobil Hemat BBM

Tips Cara Mudah  Agar Mobil Hemat BBM - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tips Cara Mudah Agar Mobil Hemat BBM

Seringkali kita mengeluh, di saat harga BBM naik dan mahal, kenapa juga mobil saya jadi boros bahan bakar? Mungkin ada beberapa hal yang kurang kita cermati dan perhatikan, mulai dari mobil jarang di service, tekanan ban yang kurang, cara mengemudi dan nginjak gas yang salah, bawa beban yang berat, pemakaian AC dan pemasangan aksesoris luar mobil yang berlebihan. Karena faktor itulah, mengapa mobil kita serasa jadi boros bbm, selain faktor utama kualitas bbm yang kita pakai.

Berikut ini cara paling mudah untuk menghemat bbm mobil anda.

1. Lakukukan Service Teratur
Walau kita merasa tak ada masalah pada mesin, tapi alangkah baiknya kita melakukan service tiap 6 bulan sekali atau pemakaian max 10000 km. Hal ini dilakukan agar kondisi mesin bisa dicheck oleh mekanik service, mungkin saringan udara kotor, angin yang masuk ke pengapian jadi berkurang, menyebabkan konsumsi bbm jadi bertambah. Service boleh anda lakukan di bengkel resmi atau bengkel luar kepercayaan anda.

2. Check Tekanan Ban
Hal kedua yang bisa mengiritkan BBM adalah tekanan angin dalam ban. Karena ban yang tekanannya kurang, gaya gesek antara ban dengan jalan menjadi besar, mesin butuh tenaga extra, jadi hal ini bisa bikin boros BBM. Isilah angin dalam ban memakai Nitrogen, yang mana lebih ringan dari udara biasa. Sesuaikan tekanan angin atau udara dalam ban sesuai petunjuk dan rekomendasi pabrik. Misal, tekanan ban depan 33 psi dan ban belakang 35 psi.

3. Mengemudi Dengan Benar
Cara mengemudi yang salah bisa bikin boros BBM. Misalnya menggeber-geber mesin, mengebut dan suka menyalip. Menggeber-geber mesin tidak dianjurkan, karena selain boros bbm, hal ini bisa merusak komponen mesin. Sering mengebut apalagi sering menyalip bisa bikin makin boros BBM, karena otomatis kita nginjak pedal gas dalam-dalam saat mau melakukan itu.

4. Bawa Muatan Seperlunya
Muatan mobil yang berlebihan membikin mesin jadi berat, butuh tenaga extra dan bikin boros BBM. Bawalah muatan seperlunya agar tarikan enteng dan otomatis jadi irit BBM.

5. Hidupkan AC Seperlunya
Pemakaian AC yang terus menerus bisa bikin boros BBM. Karena mesin memerlukan tenaga extra untuk menghidupkan komponen AC ini. Gunakan seperlunya, misal saat bepergian pagi hari, matikan AC dan bukalah jendela karena udara luar masih bersih.

6. Kurangi Aksesoris Luar
Penambahan aksesoris luar mobil misalnya Roof Rack dan Bumper Depan, bisa bikin boros BBM. Terutama Roof Rack, karena angin yang melewati mobil saat melaju bisa terhambat aksesoris ini.

Demikian tips cara paling mudah dan paling sederhana agar mobil kita jadi hemat BBM.

#CaraHematBBM #CaraAgarMobilTidakBorosBBM


Semoga bermanfaat. Terimakasih!
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share