AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Seringkali kita bertanya mengapa Allah Swt seakan tak pernah mendengar doa-doa kita, jika iya, kenap ... Read More »
Published: Fri, 15 Jan 2016 - 22:36:46
Category: Pendidikan
By: AnekaNews.net
Hits: 3/299
Comments: 0/0
Cara Mendidik Anak Terhadap Bahaya Aksi Terrorisme

Cara Mendidik Anak Terhadap Bahaya Aksi Terrorisme - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Cara Mendidik Anak Terhadap Bahaya Aksi Terrorisme

Aksi kekerasan dan terrorisme sekarang ini, sangat mudah di akses oleh siapapun, termasuk anak-anak. Yang mana dengan mudah dapat di lihat lewat media internet maupun televisi. Miris sekali bukan..

Berikut adalah cara terbaik mendidik dan mengarahkan anak tentang bahayanya aksi-aksi kekerasan dan terrorisme.

1.Cari tahu apa yang mereka pahami. Bahas secara singkat apa yang terjadi, meliputi fakta-fakta yang sudah terkonfirmasi, ajak anak untuk menghindari isu dan spekulasi.

2. Hindari paparan terhadap televisi dan media sosial yang sering menampilkan gambar dan adegan mengerikan bagi kebanyakan anak, terutama anak di bawah usia 12 tahun.

3. Identifikasi rasa takut anak yang mungkin berlebihan. Pahami bahwa tiap anak memiliki karakter unik. jelaskan bahwa kejahatan terorisme sangat jarang, namun kewaspadaan bersama tetap perlu.

4. Bantu anak mengungkapkan perasaannya terhadap tragedi yang terjadi. Bila ada rasa marah, arahkan pada sasaran yang tepat, yaitu pelaku kejahatan. Hindari sasaran kemarahan pada identitas golongan yang hanya didasarkan pada prasangka.

5. Jalani kegiatan keluarga bersama secara normal untuk memberikan rasa nyaman, seta tidak tunduk pada tujuan teroris mengganggu kehidupan kita. Kebersamaan dan komunikasi rutin penting untuk mendukung anak.

6. Ajak anak berdiskusi dan mengapresiasi kerja para polisi, TNI, dan petugas kesehatan yang melindungi, melayani dan membantu kita di masa tragedi. Diskusikan lebih banyak tentang sisi kesigapan dan keberranian mereka daripada sisi kejahatan pelaku teror.

#Terrorisme #Bahaya-Aksi-Kekerasan-Pada-Anak


Sumber Referensi: kemdikbud.go.id
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share