AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Hubungan percintaan tidak selamanya baik, adakalanya terjadi perdebatan yang ujung-ujungnya adalah P ... Read More »
Published: Sun, 27 Sep 2015 - 00:43:33
Category: Teknologi
By: Dyta
Hits: 452/820
Comments: 0/0
Panduan Menentukan Harga Pembuatan Website

Panduan Menentukan Harga Pembuatan Website - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Panduan Menentukan Harga Pembuatan Website

Percaya tidak, kalau ada web yang harganya sampai milyaran rupiah? Yahh, anda boleh percaya boleh tidak, tapi saya percaya ada web yang harganya sampai milyaran misalnya Facebook, Goooogle, Youtube , Kaskus, Kompasiana, dan web-web yang melayani jutaan pengguna setiap harinya.

Baru-baru ini terjadi polemik berkaitan dengan pembangunan web www.revolusimental.go.id di bawah Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Yang namun baru sehari setelah diluncurkan, situs itu malah tidak dapat diakses lagi.

Padahal menurut media biaya yang digelontorkan sebesar 140 milyar, yang kemudian diklarifikasi menjadi maksimal hanya Rp 200 juta tanpa dipaparkan jumlah pasti anggarannya. Sesmenko PMK Sugihartatmo saat jumpa pers menyebutkan angka itu untuk mengklarifikasi kabar bahwa situs itu menelan biaya Rp 140 miliar.

Memang untuk menentukan harga pembuatan web itu susah-susah gampang apalagi jika web yang dibutuhkan tidak bersifat umum tapi memiliki fungsi khusus bahkan web itu berisi program-program khusus yang njlimet pastinya harganya tak murah.

Tapi jika hanya sekelas blog sih bisa gratisan seperti di wordpress atau blogspot. Lalu bagaimana caranya menentukan harga pembuatan sebuah web? Berikut adalah faktor-faktor yang paling menentukan, antara lain:

1. Harga Desain

Harga Desain adalah harga untuk tampilan dari web, harganya relatif tergantung kesepakatan. Biasanya semakin menarik tampilan suatu web akan semakin mahal.

2. Harga Coding

Untuk web-web yang mengandung banyak coding (bahasa pemrograman maka harga web itu akan semakin mahal. Apalagi jika ada coding yang berfungsi khusus misalnya untuk web perbankan dan administrasi perkantoran dan lembaga negara misalanya ebudgeting dan sistem informasi perkantoran atau kelembagaan.

3. Harga sewa domain

Domain adalah nama web yang akan menjadi alamat web yang akan dibuat. Harga sewa domain pertahun relatif murah sekitar 100 ribuan saja.

4. Harga Sewa Server Hosting

Untuk harga sewa server untuk hosting ini yang bisa gila-gilaan harganya. Untuk menjamin kehandalan dan keamanan server untuk meletakkan data-data web yang telah dibangun agar mudah diakses,cepat dan tidak sering down dan tak gampang diretas maka perlu dicari server yang handal dan harganya tak murah.

Untuk harga server hosting lokal yang menawarkan bandwidth unlimited dan data unlimited harganay 3 jutaan sampai 5 jutaan per tahunnya. Knn lagi kalau servernya di US akan lebih mahal lagi.

Untuk web kelembagaan sebaiknya punya server sendiri dan untuk pengadaan server dan perawatan inilah yang bisa milyaran harganya.

Demikianlah gambaran singkat tentang beberapa point dan cara menentukan harga pembuatan sebuah website. Semoga bermanfaat..

#HargaPembuatanWebsite


Sumber Referensi: kompasiana.com
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share