AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Wed, 12 December 2018 - 05:49:39
Random News
Kita tentu tidak asing lagi yang namanya mie instan, makanan ini paling sering kita makan disaat lap ... Read More »
Published: Tue, 18 Aug 2015 - 07:45:52
Category: Umum
By: Dyta
Hits: 1/3281
Comments: 0/0
Ditemukan Uang Sekitar Rp 33 Milyar Terselip Diantara Puing Pesawat Trigana Air

Ditemukan Uang Sekitar Rp 33 Milyar Terselip Diantara Puing Pesawat Trigana Air - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Pesawat Trigana Air ditemukan jatuh di Kampung Okbape, Kab. Pengunungan Bintang, Papua berdasarkan temuan warga yang telah menemukan serpihan pesawat dan menyerahkan ke anggota kepolisian yang masuk dalam tim SAR.

Kapolda Papua, Brigjen Pol. Paulus Waterpauw mengatakan, setelah tim SAR udara menemukan titik lokasi jatuhnya pesawat Trigana Air sekitar pukul 08.50 WIT oleh Pilot AMA, kemudian Tim SAR yang dikoordinir Basarnas menggerakkan personil gabungan bersama masyarakat menuju lokasi melalui jalan darat.

Namun karena kondisi cuaca yang buruk, Tim SAR tidak bisa mencapai lokasi. Sementara masyarakat setempat terus menuju lokasi dan sebelum tiba di lokasi jatuhnya pesawat mereka menemukan serpihan pesawat, lalu menyerahkan kepada anggota Polres Pengunungan Bintang yang ikut bersama masyarakat.

"Ya benar warga setempat sudah menemukan serpihan pesawat jauh dari lokasi titik jatuhnya pesawat. Tadi sekitar pukul 16.15 WIT, masyarakat Kampung Oksob menemukan dua potong serpihan, lalu menyerahkan kepada pos terdepan," kata Kapolda Papua Paulus Waterpauw kepada detikcom Senin (17/8/2015) malam.

Dari informasi yang diterima, anggota polisi atas nama Briptu Rino bersama 8 orang masyarakat setempat sudah membawa serpihak pesawat tersebut ke Mapolres Pengunungan Bintang. Namun Kapolda Papua sendiri belum mendapat foto bentuk serpihan yang sudah didapat warga tersebut. "Saya belum tahu bentuk serpihan yang sudah ditemukan warga," ujarnya.

Lokasi titik jatuhnya pesawat Trigana dari Oksob bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 3 jam, namun dengan kondisi cuaca yang tidak bersahabat, warga masyarakat yang menemukan serpihak pesawat itu juga telah kembali ke Okbape.

Lokasi Jatuhnya Trigana Air - AnekaNews.net
Jejak kecelakaan Trigana Air


Setelah pukul 16.15 WIT Tim SAR telah menghentikan pencarian akibat cuaca dan akan dilanjutkan pada Selasa (18/8) besok pagi. "Jika cuaca mengijinkan besok Tim SAR akan turun ke lokasi dengan menggunakan Heli milik Freeport yang sudah stanby di bandara Oksibil," tambah Kapolda Papua kemarin sore.

Diberitakan pula bahwa ada penumpang Bawa Uang Negara Rp 6,5 Miliar namun pihak Trigana tidak tahu menahu soal uang sebesar Rp 6,5 miliar dalam pesawat yang jatuh di hutan perawan di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Karena itu Trigana menolak bertanggung jawab.
''Kami tidak tahu kalau ada uang dalam pesawat, sebab bila ada uang sebesar itu harusnya dilaporkan ke pihak Trigana, apalagi itu uang negara," kata Kepala Cargo Trigana di Bandara Sentani Jayapura, Adi Kadi, Senin (17/8/2015).

Karena tidak dilapori, Trigana merasa tidak bertanggung jawab atas kehilangan uang sebanyak itu. "Dan itu tidak menjadi tanggung jawab kami,'' ujar Adi singkat.Uang Rp 6,5 miliar itu dibawa oleh 4 juru bayar PT Pos. Mereka akan membagikan uang itu kepada 6.000 warga miskin di Pegunungan Bintang, yang berhak memperoleh dana PSKS. Uang itu dibawa dengan dibungkus 4 tas.

''Empat orang juru bayar dari Kantor Pos Jayapura ikut dalam penerbangan Trigana air Service, rencananya mereka akan membagikan dana PSKS kepada 6.000 warga yang menjadi keluarga sasaran, satu keluarga menerima Rp 600.000," terang Kepala Kantor Pos Jayapura, Haryono.

Uang sebanyak itu dibawa secara tunai ke Oksibil karena tidak tersedia uang tunai di sana. ''Kami selalu bawa uang tunai kalau ke Oksibil karena di sana tidak tersedia uang tunai dalam jumlah banyak. Kalau ke Wamena kami biasanya ambil tunai di sana,'' kata Kepala Regional XI Papua dan Papua Barat, Agus Budi Satrio.

Saat ini kata Agus Budi, pihaknya fokus untuk evakuasi korban, sedangkan untuk penyaluran dana PSKS akan diatur kemudian. ''Pastinya pemerintah akan memikirkan langkah berikutnya terkait dana PSKS, yang utama adalah evakuasi karyawan,'' jelasnya.

Selain itu kembali terungkap informasi bahwa salah seorang penumpang membawa uang senilai Rp 27 miliar. Corry Gasper, salah seorang keluarga penumpang Trigana Air PK-YRN di Bandara Sentani, Jayapura, mengungkapkan bahwa kakak kandungnya, John Gasper yang ikut dalam penerbangan, membawa uang tunai senilai Rp 27 miliar.

Dijelaskan Corry, John yang bekerja di Humas DPRD Pegunungan Bintang diminta oleh pimpinannya untuk membawa uang tunai didampingi lima orang kepala kampung dari Jayapura menuju Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. Rencananya uang tersebut akan dipakai untuk perayaan HUT Kemerdekaan di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dengan demikian total sementara jumlah uang yang ikut jatuh bersama pesawat Trigana Air adalah sekitar 33,5 Milyar.. Jumlah yang cukup fantastis dan hingga saat ini Hingga kini tim SAR Gabungan masih berusaha mencapai lokasi jatuhnya pesawat naas tersebut yang berada di daerah perbukitan pada ketinggian 8300 kaki.

#TriganaAirDitemukan #PegununganBintangPapua



Sumber Referensi: detik.com , kompas.com
Title Tags Search:
See Also:
Kebun Duit Di Lahan Sempit - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Punya lahan sempit tapi hobby mengoleksi aneka jenis tanaman, yaa ngga masalahlah... Apalagi jika dari lahan sempit dan koleksi tanaman anda itu ternyata bisa jadi kebun duit. :D

Serius,.... gimana c ... Read More »
Mengenal Karakter Lewat Hari Tanggal Bulan Kelahiran Dan Golongan Darah - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Teman ingin tahu seperti apa watak, karakter atau kepribadianmu berdasarkan hari, tanggal dan bulan kelahiranmu?

Ayo, kita telusuri saja artikel berikut ini.

Mengenal Watak Lewat Hari, Tanggal ... Read More »
Daftar 243 Perguruan Tinggi Swasta Yang Di Non Aktifkan Oleh Pemerintah - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Baru-baru ini Kementerian Riset Teknologi ‎dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) melarang 243 perguruan tinggi swasta (PTS) untuk menerima mahasiswa baru. Ketentuan ini berlaku sejak nama-nama P ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share