AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Mimpi adalah bunganya tidur, ini kata kebanyakan orang lho. Sebenarnya mimpi bisa terjadi karena ki ... Read More »
Published: Fri, 04 Mar 2016 - 13:35:59
Category: Umum
By: AnekaNews.net
Hits: 611/1314
Comments: 0/0
Fenomena Alam Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Di Indonesia

Fenomena Alam Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Di Indonesia - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Fenomena Alam Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Di Indonesia

Gerhana Matahari Total (Total Solar Eclipse) akan terjadi di Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016, sekitar pukul 08:58 WIB. Para ilmuwan menyatakan bahwa fenomena yang langka dan luar biasa ini akan jadi fenomena yang terbaik yang terlihat di Indonesia. Sejumlah kota di Indonesia, yang akan merasakan Gerhana ini meliputi kota Palembang (Sumatera), Tanjung Pandan (Sumatera), Palangkaraya (Kalimantan), Balikpapan (Kalimantan), Palu (Sulawesi Tengah), Ternate (Maluku Utara) dan Sofifi (Papua). Di luar wilayah itu, termasuk seluruh Jawa, Madura, Bali, Nusa, hingga sebagian wilayah Papua hanya akan menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

Gerhana matahari akan berlangsung pada pagi hari. Dimulai sekitar pukul 06:20 WIB untuk fase gerhana matahari sebagian dan sekitar pukul 07:20 WIB untuk fase gerhana matahari total. Karena terjadi pagi hari, maka dibutuhkan medan pandang yang luas ke arah timur untuk mengamati. Contoh lokasi yang bisa dijadikan tempat pengamatan seperti pantai, lapangan, ataupun rooftop gedung bertingkat.

Mengamati Gerhana Matahari Sebagian SANGAT BERBAHAYA jika dilakukan dengan mata telanjang secara langsung. Oleh karena itu gunakan kacamata filter matahari yang bisa dibeli di toko perlengkapan astronomi. Atau gunakan proyektor lubang jarum yang bisa dibuat sendiri. Untuk tutorial cara membuat proyektor lubang jarum bisa dicari di Google.

Sebaliknya dengan gerhana matahari sebagian, Gerhana Matahari Total SANGAT AMAN diamati dengan mata telanjang. Gerhana matahari total aman diamati langsung karena seluruh lapisan fotosfer matahari yang menyilaukan tertutupi seluruhnya oleh Bulan. Tapi ingat, gerhana matahari total 9 Maret 2016 hanya berdurasi sekitar 2 menit. Oleh karena itu jika ingin mengamati secara langsung maka lakukan dengan segera. Dan setelah gerhana matahari total berakhir, gunakan kembali kacamata filter matahari atau proyektor lubang jarum untuk melanjutkan pengamatan.

Ketika gerhana matahari total juga akan terlihat berbagai pemandangan menakjubkan. Seperti efek cincin berlian ketika Bulan mulai menutupi Matahari. Prominensa atau lidah api yang terlihat menyembur dari permukaan matahari. Hingga terlihat juga bintang-bintang dan planet-planet ketika siang hari.

Selamat menyaksikan. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : berbagai sumber

----------
#gerhana-bulan-2016
#gerhana-matahari-total-1983
#jadwal-gerhana-bulan-2016
#jadwal-gerhana-2016
#penjelasan-gerhana-matahari-total
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 56497
Bookmark and Share