AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 24 January 2019 - 09:43:00
Random News
Tahun ini, panitia memperkirakan adanya lonjangan peserta yang mendafatar untuk ikut seleksi tulis 1 ... Read More »
Published: Fri, 04 Mar 2016 - 13:35:59
Category: Umum
By: AnekaNews.net
Hits: 5/3320
Comments: 0/0
Fenomena Alam Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Di Indonesia

Fenomena Alam Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Di Indonesia - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Gerhana Matahari Total (Total Solar Eclipse) akan terjadi di Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016, sekitar pukul 08:58 WIB. Para ilmuwan menyatakan bahwa fenomena yang langka dan luar biasa ini akan jadi fenomena yang terbaik yang terlihat di Indonesia. Sejumlah kota di Indonesia, yang akan merasakan Gerhana ini meliputi kota Palembang (Sumatera), Tanjung Pandan (Sumatera), Palangkaraya (Kalimantan), Balikpapan (Kalimantan), Palu (Sulawesi Tengah), Ternate (Maluku Utara) dan Sofifi (Papua). Di luar wilayah itu, termasuk seluruh Jawa, Madura, Bali, Nusa, hingga sebagian wilayah Papua hanya akan menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

Gerhana matahari akan berlangsung pada pagi hari. Dimulai sekitar pukul 06:20 WIB untuk fase gerhana matahari sebagian dan sekitar pukul 07:20 WIB untuk fase gerhana matahari total. Karena terjadi pagi hari, maka dibutuhkan medan pandang yang luas ke arah timur untuk mengamati. Contoh lokasi yang bisa dijadikan tempat pengamatan seperti pantai, lapangan, ataupun rooftop gedung bertingkat.

Mengamati Gerhana Matahari Sebagian SANGAT BERBAHAYA jika dilakukan dengan mata telanjang secara langsung. Oleh karena itu gunakan kacamata filter matahari yang bisa dibeli di toko perlengkapan astronomi. Atau gunakan proyektor lubang jarum yang bisa dibuat sendiri. Untuk tutorial cara membuat proyektor lubang jarum bisa dicari di Google.

Sebaliknya dengan gerhana matahari sebagian, Gerhana Matahari Total SANGAT AMAN diamati dengan mata telanjang. Gerhana matahari total aman diamati langsung karena seluruh lapisan fotosfer matahari yang menyilaukan tertutupi seluruhnya oleh Bulan. Tapi ingat, gerhana matahari total 9 Maret 2016 hanya berdurasi sekitar 2 menit. Oleh karena itu jika ingin mengamati secara langsung maka lakukan dengan segera. Dan setelah gerhana matahari total berakhir, gunakan kembali kacamata filter matahari atau proyektor lubang jarum untuk melanjutkan pengamatan.

Ketika gerhana matahari total juga akan terlihat berbagai pemandangan menakjubkan. Seperti efek cincin berlian ketika Bulan mulai menutupi Matahari. Prominensa atau lidah api yang terlihat menyembur dari permukaan matahari. Hingga terlihat juga bintang-bintang dan planet-planet ketika siang hari.

Selamat menyaksikan. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : berbagai sumber

----------
#gerhana-bulan-2016
#gerhana-matahari-total-1983
#jadwal-gerhana-bulan-2016
#jadwal-gerhana-2016
#penjelasan-gerhana-matahari-total
Title Tags Search:
See Also:
Persepsi Masyarakat Tentang Terorisme Adalah Bentukan Media - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Media memang mempunyai kontribusi terbesar besar dalam menciptakan persepsi dan opini masyarakat terutama di Indonesia. Berita yang tidak penting pun kalau di blow up besar-besaran bisa jadi Trending. ... Read More »
MUNGKINKAH Kabut Asap Di Riau Akan Berlalu - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Belakangan ini marak beredar ajakan yang berbunyi seperti di bawah ini;
Sediakan baskom air yang dicampur garam dan diletakkan diluar rumah, biarkan menguap, jam penguapan air yang baik adalah sekitar ... Read More »
Kapan Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2015 - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Jelang Ramadhan para guru yang sudah bersertifikat pendidik pantas bersyukur karena pada bulan Juni - Juli 2015 selain akan menerima gaji ke 13, rapelan kenaikan gaji, juga akan menerima pencairan tu ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 57726
Bookmark and Share