AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Apa yang telah anda kerjakan hari ini, kemarin, kemarinnya lagi, esok? Anda boleh mengingat-ingat da ... Read More »
Published: Mon, 20 Feb 2017 - 00:36:21
Category: Umum
By: AnekaNews.top
Hits: 962/1020
Comments: 0/0
Ini Dia Jadwal Lengkap Gerhana Matahari Dan Bulan Tahun 2017

Ini Dia Jadwal Lengkap Gerhana Matahari Dan Bulan Tahun 2017 - AnekaNews.net

AnekaNews.top - Ini Dia Jadwal Lengkap Gerhana Matahari Dan Bulan Tahun 2017

Jagat raya ini memang di penuhi dengan fenomena-fenomena alam yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah Gerhana, Baik itu gerhana matahari (solar eclipse) maupun gerhana bulan (lunar eclipse).

Nah, ditahun 2017 ini, ternyata banyak terjadi fenomena alam gerhana matahari dan bulan. Berikut ini jadwal nya :

1. Tanggal 11 Februari 2017, Gerhana Bulan Panumbra

Walau sudah terlambat, gerhana bulan penumbra ini terjadi pada tanggal 11 Februari 2017 kemarin, gerhana bulan panumbra fenomena ini akan teramati jelas prosesnya dari awal-akhir dinegara-negara Amerika Latin, Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia Barat. Untuk negara-negara Amerika Utara akan menyaksikan diproses akhir gerhana bulan panumbra, sedangkan wilayah Asia Selatan, dan sebagian Asia Tenggara bisa menyaksikan hanya diproses fase awal gerhana bulan panumbra sebelum Bulan tenggelam diarah barat, di Indonesia tempat terbaik menyaksikan gerhana bulan berada diujung bagian barat seperti pulau Sumatera.

2. Tanggal 26 Februari 2017, Gerhana Matahari Cincin

Untuk Gerhana Matahari Cincin yang terjadi 26 Februari 2017 nanti akan melintasi 2 Benua Amerika & Afrika namun hanya di negara tertentu saja yang akan dilintasi garis cincinnya antara lain di negara Chile, Argentina, Angola, Zambia, dan DR Kongo sedangkan gerhana matahari sebagian bisa disaksikan dibeberapa negara-negara lain seperti di Amerika Latin, Afrika Tengah & Selatan. Puncak Gerhana Matahari Cincin ini sangat singkat sekali dimana pada fase puncaknya hanya sekitar 44 detik saja. Gerhana Matahari ini tidak bisa disaksikan dari Indonesia.

3. Tanggal 8 Agustus 2017, Gerhana Bulan Sebagian ( 25% )

Pada 7-8 Agustus nanti gerhana bulan sebagian akan terjadi dengan intensitas 25% , Bulan saat gerhana akan masuk kedalam bayang-bayang inti bumi (umbra) sampai 25% saja tidak total. Dimana saat puncak gerhana bulan sebagian nanti kita akan melihat sebagian permukaan Bulan akan menggelap tertutupi bayangan bumi sampai 25%. Gerhana Bulan Sebagian ini akan teramati dibeberapa belahan dunia antara lain Afrika, Timur Tengah, Asia Barat, Asia Selatan, Asia Timur, Australia, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Untuk Indonesia sendiri akan menyaksikan gerhana bulan sebagian pada tanggal 8 Agustus 2017 lepas tengah malam berikut waktu terjadinya:

- Indonesia Barat: 00.22 s/d 02.18 WIB
- Indonesia Tengah: 01.22 s/d 03.18 WITA
- Indonesia Timur: 02.22 s/d 04.18 WIT

4. Tanggal 21 Agustus 2017, Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total 21 Agutus 2017 sangat eklusif karena melintasi satu negara saja yakni Amerika Serikat (USA), dimana lintasan Total gerhana matahari ini akan memotong dibagian tengah negara adidaya ini bahkan gerhana total 2017 ini dijuluki "The Greatest Eclipse". Jalur totalitas gerhana matahari akan melintasi negara bagian Amerika Serikat antara lain di Oregon, Idaho, Wyoming, Nebraska, Kansas, Misoouri, Iowa, Illionis, Kentucky, Teenese, Atlanta, dan South Carolina sedangkan gerhana matahari sebagian bisa disaksikan disebagian besar USA, Kanada, Mexico, Panama, dan Amerika Latin Utara. Puncak gerhana matahari total ini akan mencapai waktu sampai 2 menit 40 detik saja. Gerhana Matahari ini tidak terlihat di indonesia.


Demikianlah jadwal gerhana matahari dan bulan ditahun 2017 ini.



Sumber referensi : astronomiinfo.blogspot.co.id

Semoga bermanfaat.
----------
#gerhana-bulan-2018
#fenomena-langit-indonesia-2017
#fenomena-langit-2017-di-indonesia
#fenomena-langit-2018
#kapan-gerhana-matahari-terjadi-lagi-di-indonesia
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 17159
Bookmark and Share