AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 21 May 2019 - 07:54:47
Random News
Apakah anda merasa sering diselingkuhi atau dikhianati kekasih Anda? Jika jawaban anda iya, ada bany ... Read More »
Published: Sun, 14 Jun 2015 - 01:43:10
Category: Umum
By: AnekaNews.net
Hits: 3/2807
Comments: 0/0
Inilah Akibat Jika Terjadi Pelemahan Rupiah Terhadap Dollar

Inilah Akibat Jika Terjadi Pelemahan Rupiah Terhadap Dollar - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Beberapa waktu yang lalu Pemerintah Indonesia saat ini pernah bilang, Dollar US menguat, Negara malah untung. Menurut saya ini adalah pembodohan publik. Mau tahu mengapa? Silahkan simak uraian di bawah ini.

Ini akibat dari melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar US dalam sektor ekonomi atau pasar.

1. Terjadi fluktuasi harga barang atau bahan baku import akan sangat merugikan. Import barang atau bahan baku, dengan rupiah akan menjadi sangat tinggi. Konskuensinya dengan menaikkan harga barang di dalam negeri.
2. Hutang Negara, Swasta maupun BUMN ke luar negeri, angsuran dan suku bunga akan menjadi tinggi, belum lagi kalau jatuh tempo. Implikasi turunnya pendapatan negara, konsekensinya juga dengan menaikkan harga-harga dalam negeri.
3. Seperti Indonesia saat ini, yang sedang defisit neraca perdagangannya, rupiah yang terus melemah, siap-siap kita akan Krisis Ekonomi dan Moneter.
4. Jika Dollar US terus menguat, investor pasar modal akan lari ke pasar uang. Jika pemilik uang panik, perbankan menjadi kolap.
5. Bank-bank yang bermodal kecil akan tutup. Karena pemilik modal bank yang lari pindah ke pasar uang. Bisa-bisa uang nasabahnya tidak bisa kembali. Pemerintah yang akan merugi buat mengembalikan uang nasabah yang tertanggung.
6. Akan banyak perusahaan-perusahaan dalam negeri yang gulung tikar, karena melemahnya daya beli. Apalagi bahan bakunya import. Akan banyak PHK besar-besaran. Akibatnya akan semakin banyak pengangguran.
7. Yang mau membuka usaha, akan menahan dulu niatnya untuk buka usaha, karena ketidakstabilan dan melemahnya rupiah. Modal jadi besar, keuntungan belum pasti. Belum apa-apa karena takut merugi.
8. Yang paling susah rakyat kecil, yang hidupnya pas-pasan. Penghasilan belum tentu naik, harga barang kebutuhan semakin naik.

Ini adalah Pemikirian saya sebagai rakyat kecil, mungkin beda lagi kalau anda itu orang kaya, maupun yang sok kaya. Untuk melihat Kurs Rupiah terhadap Dollar US atau mata uang asing lainnya, silahkan lihat di Kurs Rupiah Hari Ini. Salam!



Semoga bermanfaat.
----------
#dampak-melemahnya-nilai-tukar-rupiah
#dampak-kenaikan-dolar-terhadap-rupiah
#penyebab-rupiah-melemah-terhadap-dolar
#faktor-penyebab-melemahnya-rupiah-terhadap-dolar
#jelaskan-dampak-melemahnya-nilai-tukar-mata-uang-dalam-negeri-terhadap-mata-uang-asing
Title Tags Search:
See Also:
Mengungkap Fakta Dan Sisi Lain Sejarah Peringatan Hari Kartini - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tanggal 2I April, kita bangsa Indonesia selalu memperingati Hari R.A Kartini. Dan tahukah anda, sebenarnya kehidupan R.A Kartini merupakan kisah penuh tragedi. Bukan semata hidup Kartini yang demikian ... Read More »
Prediksi Puncak Arus Balik Mudik Lebaran Tahun 2015 - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Berdasarkan pantauan dan pengamatan arus balik dari mudik lebaran tahun 2015 ini akan terjadi mulai hari Selasa 21 Juli 2015, hal itu dikarenakan sebagian perkantoran sudah memulai aktifitas bekerja p ... Read More »
Tentang Kenaikan Harga Rokok Rp 50 Ribu - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Indonesia pada saat ini lagi ramai soal akan dinaikannya harga rokok, sekitar Rp 50.000 perbungkus. Bahkan wacana kenaikan harga rokok ini, ada beberapa media yang latah memberi judul beritanya dengan ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share