AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Sepertinya, makin hari makin banyak saja perempuan Indonesia yang tertarik mengenakan jilbab, kerudu ... Read More »
Published: Fri, 09 Oct 2015 - 12:27:43
Category: Umum
By: AnekaNews.net
Hits: 2/39
Comments: 0/0
Kenapa Rupiah Menguat Secara Signifikan Pekan Ini

Kenapa Rupiah Menguat Secara Signifikan Pekan Ini - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Kenapa Rupiah Menguat Secara Signifikan Pekan Ini

Pekan lalu nilai tukar Rupiah terhadap Dollar US, hampir menyentuh Rp 15.000 per Dollar US. Tapi secara signifikan, pekan ini Rupiah mampu menguat di kisaran Rp 13.000-14.000 per Dollar US. Wow... Ada apa ya?

Dan tahukah anda, ternyata Penguatan Rupiah dalam pekan ini ternyata berdampak tergerusnya cadangan devisa hingga U$3,6 miliar selama periode Agustus-September 2015.

Seperti apa yang di twitkan oleh Partai Gerindra lewat akun Twitter @Gerindra, di bawah ini:

1. Penguatan rupiah pada pekan ini ternyata berdampak tergerusnya cadangan devisa hingga U$3,6 miliar selama periode Agustus-September 2015.
2. Kurs rupiah dalam dua hari ini naik secara signifikan terhadap US$ juga terjadi setelah aksi jual besar-besaran di pasar modal ataupun pasar uang melanda berbagai negara berkembang atau emerging markets.
3. Kondisi ini telah membuka peluang terjadinya rebound di pasar negara tersebut, utamanya di Indonesia, Meksiko, dan Malaysia.
4. Sebagaimana dikutip dari Bloomberg, Selasa (6/10), atas pertimbangan tersebut, perwakilan dari hedge fund yang berbasis di California, AS, Franklin Templeton, berani bertaruh membeli aset di tiga negara berkembang, yakni Indonesia, Meksiko, dan Malaysia.
5. Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia akhir September 2015 sebesar US$101,7 miliar.
6. Merosot US$3,6 miliar dibandingkan dengan posisi cadangan devisa akhir Agustus 2015 yang US$105,3 miliar.
7. Perkembangan tersebut disebabkan penggunaan cadev dalam rangka pembayaran utang luar negeri pemerintah & stabilisasi nilai tukar rupiah.
8. Jadi sangat lucu jika Istana mengklaim penguatan rupiah akibat respons positif pasar terhadap pengumuman paket kebijakan ekonomi.
9. Yang saat ini rakyat harus pahami adalah Indonesia sekarang dalam kondisi sekarat dengan utang yang terus menumpuk & devisa yang menipis.

#PenyebabPenguatanRupiah
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share