AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 18 April 2019 - 20:07:36
Random News
Tahukah anda, buah Calincing alias belimbing wuluh atau belimbing sayur (Averrhoa bilimbi) ini diper ... Read More »
Published: Mon, 18 Jan 2016 - 09:16:18
Category: Umum
By: AnekaNews.net
Hits: 1/1541
Comments: 0/0
Persepsi Masyarakat Tentang Terorisme Adalah Bentukan Media

Persepsi Masyarakat Tentang Terorisme Adalah Bentukan Media - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Media memang mempunyai kontribusi terbesar besar dalam menciptakan persepsi dan opini masyarakat terutama di Indonesia. Berita yang tidak penting pun kalau di blow up besar-besaran bisa jadi Trending. Contoh soal #Terorisme, media besar malah memberitakan soal lain di tempat kejadian teror tersebut. Misal: selfie, polisi ganteng lah, orang jualan dan lainnya. Sebenarnya sah-sah saja untuk menaikkan rating media tersebut. Dan ironisnya, masyarakat kita suka sama hal-hal yang berbau #Kontroversi dalam sebuah berita.

Kembali ke persepsi masyarakat tentang terorisme di Indonesia, perseepsi dan opini masyarakat kita sebenarnya dibentuk oleh pemberitaan media. Masyarakat, secara umum, menerima apa yang ditulis koran sebagai #Fakta.

Misal, ketika seorang wartawan menulis "Teroris, yang mendalangi Bom Jakarta, ditembak mati karena melawan", pembaca umumnya akan beranggapan si wartawan tahu persis tentang kejadian itu.

- Tahu persis bahwa yang ditembak itu benar-benar teroris.
- Tahu persis tahu bahwa yang ditembak itu mendalangi kerusuhan.
- Tahu persis bahwa mereka ditembak mati karena melawan.

Tapi, benarkah si wartawan tahu persis tentang semua itu? Dalam banyak kasus, wartawan hanya mengutip sumber, contohnya polisi atau orang yang berada di tempat kejadian tersebut. Dan lebih ironis lagi, kalau wartawan hanya mengambil sumber dari #Pengamat, yang mana hanya lah opini pribadi tanpa langsung mengetahui kejadiannya. :D

Sebenarnya, mudah menandai mana FAKTA (jurnalistik) dan KLAIM. Yakni dengan menelusuri sumber-sumber yang ada dalam sebuah berita. SOURCING, atau atribusi terhadap sumber, merupakan bagian terpenting dalam sebuah berita.

Jadi kita harus pintar memilah-milah berita, jangan cuma bersumber pada satu media, trus kita melakukan pembenaran. Miris boss....

#Terrorisme #Fakta-Dalam-Berita #Bom-Jakarta
Title Tags Search:
See Also:
MUI Putuskan BPJS Tidak Haram Tapi - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Setelah sebelumnya MUI sempat mengeluarkan fatwa yang membuat bingung sebagian besar masyarakat Indonesia, bahwa BPJS "haram". Kini sepertinya penetapan BPJS "haram" akan ditarik kembali atau dibata ... Read More »
Inilah 3 Bandar Udara Indonesia Terbaik  Dunia Versi ACI - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Bandar Udara atau yang di singkat Bandara adalah tempat pesawat udara untuk terbang ataupun mendarat. Ternyata di Indonesia memiliki 3 Bandar Udara terbaik menurut ACI ( Airport Council International ... Read More »
Daftar Dokumen Pendukung e-PUPNS 2015 - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sekedar berbagi info bagi yang masih bingung dan bertanya-tanya apa saja data pendukung Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik e-PUPNS 2015, yaitu sebagai berikut.

1. KONVERSI NIP (Kecuali ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share