AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sun, 22 September 2019 - 15:31:25
Random News
Boleh percaya boleh tidak, menurut Regional Director Southeast Asia Hong Kong Tourism Board Simon Wo ... Read More »
Published: Mon, 18 Jan 2016 - 09:16:18
Category: Umum
By: AnekaNews.net
Hits: 1/1667
Comments: 0/0
Persepsi Masyarakat Tentang Terorisme Adalah Bentukan Media

Persepsi Masyarakat Tentang Terorisme Adalah Bentukan Media - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Persepsi Masyarakat Tentang Terorisme Adalah Bentukan Media

Media memang mempunyai kontribusi terbesar besar dalam menciptakan persepsi dan opini masyarakat terutama di Indonesia. Berita yang tidak penting pun kalau di blow up besar-besaran bisa jadi Trending. Contoh soal #Terorisme, media besar malah memberitakan soal lain di tempat kejadian teror tersebut. Misal: selfie, polisi ganteng lah, orang jualan dan lainnya. Sebenarnya sah-sah saja untuk menaikkan rating media tersebut. Dan ironisnya, masyarakat kita suka sama hal-hal yang berbau #Kontroversi dalam sebuah berita.

Kembali ke persepsi masyarakat tentang terorisme di Indonesia, perseepsi dan opini masyarakat kita sebenarnya dibentuk oleh pemberitaan media. Masyarakat, secara umum, menerima apa yang ditulis koran sebagai #Fakta.

Misal, ketika seorang wartawan menulis "Teroris, yang mendalangi Bom Jakarta, ditembak mati karena melawan", pembaca umumnya akan beranggapan si wartawan tahu persis tentang kejadian itu.

- Tahu persis bahwa yang ditembak itu benar-benar teroris.
- Tahu persis tahu bahwa yang ditembak itu mendalangi kerusuhan.
- Tahu persis bahwa mereka ditembak mati karena melawan.

Tapi, benarkah si wartawan tahu persis tentang semua itu? Dalam banyak kasus, wartawan hanya mengutip sumber, contohnya polisi atau orang yang berada di tempat kejadian tersebut. Dan lebih ironis lagi, kalau wartawan hanya mengambil sumber dari #Pengamat, yang mana hanya lah opini pribadi tanpa langsung mengetahui kejadiannya. :D

Sebenarnya, mudah menandai mana FAKTA (jurnalistik) dan KLAIM. Yakni dengan menelusuri sumber-sumber yang ada dalam sebuah berita. SOURCING, atau atribusi terhadap sumber, merupakan bagian terpenting dalam sebuah berita.

Jadi kita harus pintar memilah-milah berita, jangan cuma bersumber pada satu media, trus kita melakukan pembenaran. Miris boss....

#Terrorisme #Fakta-Dalam-Berita #Bom-Jakarta
Title Tags Search:
See Also:
Begini Ciri Copet Di Kendaraan Umum - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Begini Ciri Copet Di Kendaraan Umum

Sering memakai jasa kendaraan umum, mau tahu bagaimana ciri-ciri umum orang yang berniat jahat atau pencopet? Biasanya pencopet itu, satu tangan diatas dan satu tangan lagi menyelinap dibalik tas atau ... Read More »
Mengungkap Fakta Dan Sisi Lain Sejarah Peringatan Hari Kartini - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Mengungkap Fakta Dan Sisi Lain Sejarah Peringatan Hari Kartini

Tanggal 2I April, kita bangsa Indonesia selalu memperingati Hari R.A Kartini. Dan tahukah anda, sebenarnya kehidupan R.A Kartini merupakan kisah penuh tragedi. Bukan semata hidup Kartini yang demikian ... Read More »
Pembayaran Gaji 13 Dan Rapel Kenaikan Gaji PNS 2015 - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Pembayaran Gaji 13 Dan Rapel Kenaikan Gaji PNS 2015

Apa yang paling dinanti-nanti oleh para PN (Pegawai Negeri) dan PNS (Pegawai Negeri Sipil) di negeri ini? ( Tidak untuk pegawai Honorer )
Tidak lain adalah kabar tentang kenaikan gaji dan pemberian g ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share