AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Fri, 14 December 2018 - 06:26:58
Random News
Tahukah anda dan siapa sangka, tanaman kecil yang sering diolah menjadi salah satu bahan dari pecel ... Read More »
Published: Mon, 18 Jan 2016 - 09:16:18
Category: Umum
By: AnekaNews.net
Hits: 1/1360
Comments: 0/0
Persepsi Masyarakat Tentang Terorisme Adalah Bentukan Media

Persepsi Masyarakat Tentang Terorisme Adalah Bentukan Media - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Media memang mempunyai kontribusi terbesar besar dalam menciptakan persepsi dan opini masyarakat terutama di Indonesia. Berita yang tidak penting pun kalau di blow up besar-besaran bisa jadi Trending. Contoh soal #Terorisme, media besar malah memberitakan soal lain di tempat kejadian teror tersebut. Misal: selfie, polisi ganteng lah, orang jualan dan lainnya. Sebenarnya sah-sah saja untuk menaikkan rating media tersebut. Dan ironisnya, masyarakat kita suka sama hal-hal yang berbau #Kontroversi dalam sebuah berita.

Kembali ke persepsi masyarakat tentang terorisme di Indonesia, perseepsi dan opini masyarakat kita sebenarnya dibentuk oleh pemberitaan media. Masyarakat, secara umum, menerima apa yang ditulis koran sebagai #Fakta.

Misal, ketika seorang wartawan menulis "Teroris, yang mendalangi Bom Jakarta, ditembak mati karena melawan", pembaca umumnya akan beranggapan si wartawan tahu persis tentang kejadian itu.

- Tahu persis bahwa yang ditembak itu benar-benar teroris.
- Tahu persis tahu bahwa yang ditembak itu mendalangi kerusuhan.
- Tahu persis bahwa mereka ditembak mati karena melawan.

Tapi, benarkah si wartawan tahu persis tentang semua itu? Dalam banyak kasus, wartawan hanya mengutip sumber, contohnya polisi atau orang yang berada di tempat kejadian tersebut. Dan lebih ironis lagi, kalau wartawan hanya mengambil sumber dari #Pengamat, yang mana hanya lah opini pribadi tanpa langsung mengetahui kejadiannya. :D

Sebenarnya, mudah menandai mana FAKTA (jurnalistik) dan KLAIM. Yakni dengan menelusuri sumber-sumber yang ada dalam sebuah berita. SOURCING, atau atribusi terhadap sumber, merupakan bagian terpenting dalam sebuah berita.

Jadi kita harus pintar memilah-milah berita, jangan cuma bersumber pada satu media, trus kita melakukan pembenaran. Miris boss....

#Terrorisme #Fakta-Dalam-Berita #Bom-Jakarta
Title Tags Search:
See Also:
Akhirnya Menkominfo Blokir Situs-Situs Radikal - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Setelah kejadian serangan Bom di jalan MH Thamrin (Sarinah dan Starbucks) Jakarta Pusat, akhirnya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, memblokir situs-situs beraliran radikalisme.

Sepert ... Read More »
KABAR GEMBIRA Honorer K2 Akan Langsung Diangkat Jadi CPNS Tanpa Tes - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ini mungkin berita yang sangat dinanti-nanti oleh rekan - rekan honorer Kategori Dua ( K2 ) yang tahun sebelumnya (tahun 2013) TIDAK LULUS Tes Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ).

Pemerint ... Read More »
MUI Putuskan Haram Nasib Iuran Peserta BPJS Bagaimana - AnekaNews.net
AnekaNews.net - BPJS memang fenomenal sejak kemunculannya sudah cukup membuat ribet mulai dari susahnya, dan panjangnya anterian saat ingin mendaftarkan menjadi peserta BPJS, belum lagi isue tentang pelayanan BPJS ol ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share