AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 18 July 2019 - 12:06:55
Random News
Tahukah anda, tidak hanya terjadi pada orang dewasa, ternyata anak kecil juga bisa mengalami dehidra ... Read More »
Published: Mon, 08 Feb 2016 - 01:15:27
Category: Umum
By: AnekaNews.net
Hits: 3/3263
Comments: 0/0
Soal Ucapan Tahun Baru China Imlek Gong Xi Fa Cai Yang Salah Dalam Mengartikan

Soal Ucapan Tahun Baru China Imlek Gong Xi Fa Cai Yang Salah Dalam Mengartikan - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Soal Ucapan Tahun Baru China Imlek Gong Xi Fa Cai Yang Salah Dalam Mengartikan

Tahukah anda, ternyata ucapan Gong Xi Fa Cai saat Imlek tersebut adalah ungkapan yang salah dalam memberi ucapan Selamat Tahun Baru China ( IMLEK ). Karena Gong Xi Fa Cai sebenarnya bermakna "Selamat Kaya Raya". Ucapan yang pas bagi orang Tionghoa saat hari raya Imlek adalah Sing Cung Kyi Hi, yang berarti selamat merayakan musim semi baru.

Hal ini pernah diungkapkan oleh sejarawan UI, JJ Rizal, saat diskusi Polemik Sindoradio, "Imlek dan Kiprah Tionghoa Kini" di Warung Daun Cikini, beberapa tahun lalu. Salah kaprah ini dapat berakibat fatal karena penyebutan Gong Xi Fa Cai pada hari raya Imlek membuat orang Tionghoa sebagai "Binatang Ekonomi", yang justru membangkitkan trauma masa lalu sehingga perlakuan rasisme sulit dihindari.

Penting bagi orang Tionghoa untuk introspeksi diri agar perayaan Imlek dikembalikan pada arti yang sesungguhnya yakni historisitas perayaan Imlek, terlebih dalam perayaan acara kekeluargaan. Masih menurut Rizal, untuk meminimalisir diskriminasi terhadap warga Tionghoa, sangatlah bergantung kepada pemerintah dalam mengelola konsep nasionalisme. Konsep nasionalisme ini masih menjadi tantangan bagi pemerintah untuk menyatukan berbagai ragam etnis, suku dan lain sebagainya demi cita-cita kemajuan Indonesia.

Rizal menambahkan bahwa pemerintah juga harus menghilangkan stigma bahwa orang Tionghoa adalah orang asing. Dengan demikian, mereka akan memiliki sense of belonging terhadap NKRI.

Suatu kesadaran yang memang harus terus dibangun bahwa warga Tionghoa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tak dipungkiri lagi bahwa warga Tionghoa juga turut berjuang merebut kemerdekaan, dan semenjak saat itu bersama-sama membangun negeri ini. Mereka bukan orang asing, melainkan saudara sebangsa yang sama seperti suku lainnya yang ada di negeri ini.


Selamat Tahun Baru China 2567 (Monyet-Api) bagi saudara-saudara Tionghoa kami yang merayakan. Sing Cung Kyi Hi.

Sumber Referensi : Okezone.com

#Imlek #Arti-Gong-Xi-Fa-Cai #Tahun-Baru-China #Happy-Chinese-New-Year
Title Tags Search:
See Also:
Tentang Terompet Tahun Baru Dari Sampul Al Quran 3 - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tentang Terompet Tahun Baru Dari Sampul Al Quran 3

Malam tahun baru identik dengan terompet. Tapi te­rom­pet di Kabupaten Ken­dal bikin geger, karena di­buat dari kertas Alquran. Warga Ke­bon­da­lem, Ka­bu­paten Ken­dal, Jawa Tengah, sontak ... Read More »
Tertarik Jadi Penulis Ini Alamat Email Koran Dan Honornya - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tertarik Jadi Penulis Ini Alamat Email Koran Dan Honornya

Untuk anda yang punya bakat atau hobby menulis, di bawah ini adalah daftar alamat email redaksi yang membuka ruang untuk mengekpresikan bakat dan hobby anda tersebut. Bukan hanya itu saja jika anda be ... Read More »
Inilah Daftar Kenaikan Gaji Baru PNS 2015 - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Inilah Daftar Kenaikan Gaji Baru PNS 2015

Pada tanggal 4 Juni 2015, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977. Sepe ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share