AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sun, 18 November 2018 - 23:49:30
Random News
Belakangan ini marak beredar ajakan yang berbunyi seperti di bawah ini; Sediakan baskom air yang dic ... Read More »
Published: Sat, 16 May 2015 - 12:31:20
Category: Umum
By: Dyta
Hits: 5/6730
Comments: 0/0
Trenggiling Satwa Langka Jelmaan Setan Dengan Harga Fantastis

Trenggiling Satwa Langka Jelmaan Setan Dengan Harga Fantastis - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Hewan yang mempunyai ciri khas bersisik ini merupakan hewan pemakan serangga. Perburuan Trenggiling (Manis javanica) sangat marak di Indonesia mengingat harga jual daging trenggiling yang sangat tinggi, mencapai 1 juta per kg.

Trenggiling hidup di hutan tropis dataran rendah. Makanan utamanya adalah serangga (semut dan rayap). Binatang ini mempunyai bentuk tubuh khas yang memanjang dan tertutupi sisik. Panjang dari kepala hingga pangkal ekor mencapai 58 cm. Panjang ekor mencapai 45 cm. Berat tubuh trenggiling sekitar 2 kg.

Baru-baru ini seperti berita yang penulis kutip dari merdeka.com Tim gabungan Mabes Polri, pada Jumat (24/4) lalu berhasil menggerebek gudang penyimpanan trenggiling di Medan. Di lokasi itu ditemukan 3 ton lebih daging satwa dilindungi itu dan puluhan ekor yang masih hidup.

Gudang yang digerebek berada di kawasan Industri Medan (KIM) I, tepatnya Kompleks Niaga Malindo, Jalan P Bangka, Kelurahan Mabar, Medan Deli. Di gudang berbentuk ruko itu tertulis UD Sumber Laut Utama.

Dalam penggerebekan yang dipimpin AKBP Sugeng Irianto itu, diamankan seorang pria bernama Soemiarto Boediono alias A Beng dan sejumlah pekerja. Selain itu, mereka menyita barang bukti 3 ton trenggiling yang sudah dikuliti dan dikemas, 16 peti trenggiling yang sudah dikuliti namun belum dikemas, 26 karung trenggiling rusak, 1 unit timbangan digital, dan 96 ekor trenggiling hidup.

Kasus pengungkapan penjualan satwa dilindungi ini bukan kali pertama bahkan sering diungkap. Lalu mengapa daging dan kulit trenggiling begitu bernilai? Benarkah banyak manfaat dari trenggiling?

Padahal menurut kepercayaan suku di pedalaman Kalimantan Selatan, trengiling diyakini sebagai hewan jelmaan setan hingga keberadaan hewan tersebut di suatu wilayah, dianggap sebagai pertanda buruk sehingga harus dimusnahkan dengan cara dibakar, supaya roh jahat yang terdapat dalam tubuh hewan tersebut musnah dan tidak mengganggu manusia lagi.

Namun sekarang keadaan berbeda, populasi trenggiling justru makin menurun akibat terus diburu, karena harga dagingnya yang mahal bayangkan 1 lembar sisik trenggiling bisa dihargai sampai 25 ribu rupiah. Selain rasanya yang lezat, daging trenggiling juga memiliki khasiat sebagai obat kuat penambah gairah sexual, sedang sisiknya dapat dipergunakan sebagai bahan pembuatan sabu-sabu/narkota.

Oya suku batak pun beranggapan lidah trenggilin diyakini mempunyai kekuatan magis sebagai pelaris dalam usaha dagang atau mengundang rejeki ke dompet. Entah benar atau tidak mitos tersebut, tapi jika dilihat dari kebiasaan lidah trenggiling yang selalu menjulur saat menangkap semut sebagai mangsanya, maka logis kita menyimpulkan dari sisi itulah kenapa lidah trenggiling dianggap sebagai pengundang rejeki.

Itulah sedikit pengetahuan tentang trenggiling satwa langka yang hampir punah, keberadaannya kini dilindungi oleh pemerintah melalui PP Nomor 7 tahun 1999. Hingga siapa pun yang dengan sengaja memburu satwa langka ini baik untuk keperluan pribadi, apalagi bila ada niat memperjual belikan untuk konsumsi dalam negeri mau pun luar negeri, pasti akan terkena sangsi pidana, bisa sampai dipenjarakan!


Semoga bermanfaat.
----------
#jual-trenggiling-murah
#jual-beli-trenggiling
#harga-trenggiling-2015
#harga-trenggiling-per-kg
#jual-trenggiling-hidup
Title Tags Search:
See Also:
242 Titik Panas Akibatkan Bencana Asap Dasyat Di Kepulauan Riau - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Rupanya inilah penyebab terbesar dari terjadinya bencana kabut asap di Kepulauan Riau, yaitu terdapat sebanyak 898 titik panas terpantau di Pulau Sumatera. Berdasarkan pantauan satelit Badan Meteorol ... Read More »
Ini Dia Penemuan 10 Planet Baru Dan Unik Di Luar Tata Surya (ExoPlanet) - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Planet bumi adalah satu-satunya planet yang dihuni oleh manusia di alam semesta ini. Pernahkah anda beranggapan, bahwa mungkin ada kehidupan lain selain di Bumi. Seperti halnya berberapa para Ilmuwan, ... Read More »
Soal Ucapan Tahun Baru China Imlek Gong Xi Fa Cai Yang Salah Dalam Mengartikan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah anda, ternyata ucapan Gong Xi Fa Cai saat Imlek tersebut adalah ungkapan yang salah dalam memberi ucapan Selamat Tahun Baru China ( IMLEK ). Karena Gong Xi Fa Cai sebenarnya bermakna "Selamat ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share