AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Wed, 14 November 2018 - 10:33:37
Random News
Untuk anda yang punya bakat atau hobby menulis, di bawah ini adalah daftar alamat email redaksi yang ... Read More »
Published: Sat, 04 Jul 2015 - 23:27:03
Category: Wisata
By: Dyta
Hits: 2/5927
Comments: 0/0
10 Hal Yang Menarik Dari Kota Bandung

10 Hal Yang Menarik Dari Kota Bandung - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Berapa bulan tak berkunjung ke kota Bandung saya menemukan banyak hal baru di sana, antara lain bus damri tua yang tak lagi beroperasi dan berganti dengan bus sejenis dengan Trans Jakarta, lumayan karena lebih terasa nyaman dan bersih. Begitu pun pemandangan di depan alun-alun kota Bandung kini jadi lebih bersih dan tertata dengan rapih, semua berkat kerja dan tangan dingin Ridwan Kamil Walikota Bandung.

Ada pepatah yang sering diucapkan oleh orang Bandung : "Jangan pernah keluar rumah pada hari sabtu dan Minggu, kecuali siap kecewa". Walaupun kalimat itu diucapkan sambil bercanda, tetapi bukan berarti tanpa alasan. Ya, ada benarnya juga kata-kata tersebut. Tengok saja setiap hari Sabtu dan Minggu, terlebih lagi hari libur panjang, maka jalanan di Kota Bandung menjadi macet.

Shelter Alun-Alun Bandung - AnekaNews.net
Shelter di alun-alun Bandung terpanjang di dunia

Tentu saja tidak semua ruas jalan macet karena ada wilayah tertentu yang masih normal. Khusus untuk wilayah Bandung Utara pada hari Sabtu dan Minggu biasanya kendaraan didominasi oleh plat mobil bertanda B. Lalu apa sebenarnya yang menarik dari Kota Bandung ini sehingga banyak dikunjungi wisatawan? Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota bandung, antara lain:

1. Nilai Historis.
Sudah lama Kota Bandung dikenal sebagai Varijs Van Java atau Kota Kembang. Bahkan dunia Internasional mengenal Bandung sebagai Kota Asia Afrika lewat Konferensi Asia-Afrika yang berhasil mendorong kemerdekaan negara-negara di Asia dan Afrika.

Para wisatawan mungkin merasa penasaran ingin mengenal lebih dekat bagaimana Kota Varijs Van Java atau Kota Kembang tersebut. Hal ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kota Bandung. Terdapat banyak gedung-gedung bersejarah peninggalan masa lalu yang bernilai seni sangat tinggi, dan sekarang masih terawat dengan baik, bahkan masih digunakan sampai sekarang.Gedung sate salah satu contohnya yang digunakan sebagai pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat. Selain itu ada Gedung Konferensi Asia Afrika, Gedung Pakuan dan masih banyak lagi.

Gedung Sate Bandung - AnekaNews.net
Gedung Sate Bandung

2. Akses Transportasi.
Sarana transportasi sangat berpengaruh terhadap minat wisatawan untuk berkunjung ke Bandung. Tol Cipularang memberikan andil yang sangat besar terhadap warga Jakarta untuk datang ke Bandung. Jarak tempuh yang biasanya 5 jam menjadi 2 jam sungguh menjadi daya tarik tersendiri bagi warga ibukota untuk menikmati liburan di Bandung. Hal ini ditunjang pula dengan adanya jalan layang Pasopati yang mempermudah akses menuju kawasan Jl. Dago dan Riau. Bagi wisatawan mancanegara transportasi dipermudah dengan adanya Bandara Husein Sastranegara. Wisatawan asing yang paling banyak datang ke Bandung melalui Bandara Husein yaitu dari Malaysia, Brunei & Singapura.
Bandara Internasional Kerta Jati & akses jalan Tol Cisumdawu tengah dipersiapkan untuk menunjang akses ke kota Bandung.
Pemkot Bandung juga tengah merencanakan pembangunan Cable Car & Mono rel yang akan menambah pengunjung ke kota Bandung.

Bis Trans Bandung - AnekaNews.net
Trans Bandung

3. Udara Yang Sejuk.
Walaupun Bandung tidak sesejuk tahun 80 an, tetapi orang dari luar kota khususnya dari jakarta tetap merasa bahwa Kota Bandung berhawa sejuk, apalagi jika musim hujan tiba. Kesejukan udara Bandung menjadi daya tarik bagi warga luar kota yang berudara lebih panas.
Banyak bangunan-bangunan villa di bangun di kawasan Lembang di Bandung Utara, Ciwidey & Pangalengan di Bandung Selatan hanya untuk bisa menikmati udara yang sejuk disertai pemandangan yang asri.
Kebun teh yang membentang luas, deretan pohon pinus yang menambah wisatawan ingin kembali berkunjung ke Kota Bandung.

Situ Patengang Bandung - AnekaNews.net
Kawasan Situ Patengang

4. Wisata Alam.
Karena letak geografis Bandung di atas pegunungan maka daya tarik alam menjadi salah satu tujuan wisata. Yang paling populer adalah kawasan Lembang dengan Tangkuban Perahunya. Dari sini juga wisatawan bisa langsung menuju Ciater dengan wisata air panas dan perkebunan teh yang sebenarnya termasuk wilayah Kabupaten Subang. Wisata alam kawasan Ciwidey & Pangalengan di Bandung Selatan juga sangat menarik wisatawan domestik.

Gunung Tangkuban Perahu Bandung - AnekaNews.net
Kawasan Wisata Tangkuban Perahu

5. Wisata Kuliner.
Banyak wisatawan yang datang ke Bandung karena tertarik dengan beragamnya jenis makanan. Kreatifitas warga Bandung dalam menciptakan menu dan jenis makanan baru turut andil dalam mendatangkan wisatawan. Dari mulai makanan yang disajikan di restoran, rumah makan, cafe dan roda dorong dipinggir jalan. Wisatawan rata-rata menyatakan puas dengan jenis makanan yang tersedia dengan cita rasa yang unik & harga yang murah.

Kuliner Malam Bandung - AnekaNews.net
Wisata Kuliner Malam Bandung

6. Wisata Belanja & Outlet.
Kalau diperhatikan setiap hari Sabtu dan Minggu outlet yang ada di kawasan Jl.Riau selalu penuh sesak oleh wisatawan ibukota. Entah daya tarik apa warga ibukota senang ke outlet, karena orang Bandung sendiri kurang suka berbelanja di outlet. Ditambah lagi dengan pusat jeans yang ada di kawasan Cihampelas. Pusat Sepatu yang ada di kawasan Cibaduyut. Pusat Tekstil yang ada di kawasan Cigondewah, semakin menambah Wisatawan untuk datang ke kota Bandung hanya untuk sekedar berbelanja.

Pusat Jeans Cihampelas Bandung - AnekaNews.net
Kawasan Pusat Jeans Cihampelas

7. Harga Murah.
Barang-barang yang dijual di Bandung relatif lebih murah dibandingkan dengan Jakarta. Apalagi untuk harga makanan rata-rata wisatawan mengatakan murah. Wisatawan Malaysia biasa berbelanja di Pasar Baru dalam jumlah besar untuk dijual di negara asalnya.
Program "Diskon Bandung" di beberapa Mall & Factory Outlet terkemuka di Kota Bandung, semakin menambah minat para Wisatawan untuk datang lagi berbelanja ke kota Bandung.

Program Diskon Bandung - AnekaNews.net
Program diskon Bandung

8. Budaya.
Bandung dengan kekayaan budaya sundanya sudah sangat dikenal bukan saja oleh masyarakat luar Jawa Barat, tetapi juga oleh wisatawan mancanegara. Jenis kesenian yang menarik keingintahuan pendatang antara lain seni wayang golek, angklung, kawih, tari jaipong, dan seni lainnya. Bandung juga dikenal sebagai gudangnya seniman musik modern. Banyak artis dan group Band terkenal berasal dari Bandung. Demikian juga budaya ramah orang Bandung dengan senyum sapanya menjadi daya tarik tersendiri. Tentang keramahtamahan ini jangan diukur secara kasuistis, tapi lihatlah secara umum.

Saung Angklung Udjo Bandung - AnekaNews.net
Saung Angklung Udjo Bandung

9. Sebagai Salah Satu Kota Pusat Pendidikan.
Banyak orang / para pelajar yang sengaja datang ke kota Bandung untuk menuntut ilmu di beberapa perguruan tinggi di Kota Bandung.
Kota Bandung banyak menawarkan perguruan-perguruan tinggi berkualitas, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.
ITB, UNPAD, UPI, IPDN, UNPAR, UNIKOM, IT TELKOM dan masih banyak lagi yang menjadi tempat pelajar-pelajar dari luar kota untuk menuntut ilmu di kota Bandung.
Salah satu pusat pendidikan di kota Bandung adalah kawasan Ganesha, Dipati Ukur & Jatinangor.

Kampus ITB Ganesha Bandung - AnekaNews.net
Kampus ITB Ganesha

10. Pekerjaan
Seperti halnya dengan kota-kota besar lainnya, kota Bandung juga kerap dikunjungi oleh para pendatang dari luar kota & luar pulau.
Tujuan utama mereka tak lain adalah untuk mengadu nasib di kota Bandung.
Selain banyaknya daerah/kawasan industri di Bandung, seperti di Majalaya, Dayeuhkolot, Cimahi, Cicalengka, Padalarang, para pendatang juga banyak yang sengaja membuka usaha di kota Bandung, ada istilah berdagang apapun di kota Bandung pasti laku.
Tak heran para pendatang yang membuka usaha tersebut rela membuka usaha di pinggir jalan, oleh karena itu para PKL di kota Bandung sangat banyak.

Jualan Bandung - AnekaNews.net
Jualan di Kota Bandung

Gimana anda tertarik untuk berkunjung ke sana? Sok wae atuhh... :D
Title Tags Search:
See Also:
Beberapa Tempat Wisata Di Yogyakarta - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Minggu lalu kita telah membahas beberapa tempat wisata yang ada di Solo atau Surakarta. Nah, kali ini kita lanjutkan membahas tempat wisatanya, tapi bukan lagi di Solo melainkan di Yogyakarta.

Jogj ... Read More »
Keunikan Kampung Bena Di Nusa Tenggara Timur - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kampung Bena, yang terletak sekitar 22 kilometer sebelah selatan Kota Bajawa, Ibukota Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di Kampung Bena, waktu seolah berhenti. Karena kampung ini sama se ... Read More »
Beberapa Tempat Wisata Paling Ekstrim Di Dunia - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ini dia tempat wisata paling ekstrim di dunia yang perlu anda kunjungi. Bagi orang yang punya nyali dan tentunya juga bagi orang yang punya uang lebih buat berlibur ke sana. Hahaha... :D

Yuk.. Kita ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share